Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [1] Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [1]
5 Tempat Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria Wisata religi di Jogja – Selain kondang dengan wisata budaya,... Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [1]

5 Tempat Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [1]

Wisata religi di Jogja – Selain kondang dengan wisata budaya, wisata alam, wisata edukasi dan wisata kuliner, wisata religi di Jogja juga sangat populer sebagai destinasi wisata. Bukan hanya sekedar berwisata untuk memahami sejarah, keberadaan dan keindahannya semata, melainkan meleburkan diri secara rohaniah dalam satu nilai spritual untuk semakin mendekatkan diri kepada sang Kristus melalui perantara Bunda Maria.

Peran Bunda Maria dalam rencana keselamatan Allah sangat unik dan luar biasa  istimewa. Dan Allah memang mau memilih Dia sebagai Ibu yang melahirkan Allah Putera, maka ia disucikan oleh-Nya. Oleh sebab itu bulan Oktober sebagai Bulan Maria merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Katolik. Berkaitan dengan hal itu, kami dari rumahwisata merekomendasikan 5 tempat wisata religi di Jogja bagi Anda untuk beribadah dan memberikan penghormatan kepada Bunda Maria. Berikut ini adalah 5 Tempat  Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria:

Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu

Tempat  wisata religi di Jogja ini berada dalam Paroki Hati Kudus Yesus Pugeran, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Selain sebuah gereja yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pabrik Gula Madukismo ini juga merupakan tempat peziarahan yang terletak di atas puncak bukit Sempu dan kemudian oleh awam di sebut juga dengan Bukit Golgota Jogjakarta. Salah satu destinasi wisata religi di Jogja bagi umat Katolik ini di berkati oleh Uskup Agung Semarang pada tanggal 20 Mei 1990.

Salah satu destinasi wisata religi di Jogja dengan nama Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu ini memiliki keistimewaan dan kekhasan yang tidak dimiliki oleh  gereja lain yang ada di Jogjakarta. Salah satunya adalah Salib Suci tanpa korpus yang kokoh berdiri tegak menjulang tinggi di sekitaran gereja. Dibawah Salib Suci inilah biasanya peziarah bersimpuh untuk menaikkan doa.

wisata religi di Jogja

Sebagai oase rohani, gereja sebagai tujuan wisata religi di Jogja ini di kelilingi oleh diorama Yesus Kristus yang terukir indah. Selain Salib Suci dan bangunan gereja, tepat di depan gereja akan Anda jumpai sebuah sumur bernama Sumur Yakub, sumur dengan kedalaman 33 meter yang tidak pernah kering. Sumur yang memang sengaja di bangun di depan gereja memuat makna tersendiri, berdasarkan adat Jawa, setiap orang harus membersihkan diri terlebih dahulu sebelum memasuki rumah. Filosofi inilah yang diambil dengan membangun sumur di depan gereja. Dengan demikian diharapkan umat yang mengikuti misa akan membersihkan dirinya dahulu sebelum memasuki gereja.

Pengunjung gereja sebagai destinasi wisata religi di Jogja ini juga dapat melakukan perenungan di Panti Novena yang terletak di sekitar bukit dikaki Patung Maria Berduka. Pada minggu ketiga setiap bulan diadakan perayaan Novena Salib Suci yang digelar pada pukul 09.00 pagi. Anda akan di bawa pada rute perjalanan salib dari Salib Suci di perbukitan gunung Sempu hingga mengikuti Ekaristi Kudus di Panti Novena. Kawasan Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi di Jogja bagi Anda ketika berada di Bulan Maria, libur Natal dan akhir tahun.

Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran

Gereja dan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus terletak di Ganjuran, Bantul, Jowilayan. 20 kilometer ke arah selatan Jogjakarta, akan kita temui sebuah situs candi bergaya Hindu Syiwa dengan figur Yesus berbusana adat Jawa sebagai arcanya. Salah satu tempat wisata religi di Jogja ini di bangun atas pengetahuan barat dan mitologi timur. Sebuah monumen yang mampu merangkul kedua budaya yang telah ada sebelumnya, Hindia dan Islam.

Adalah Schmutzer bersaudara, Joseph Ignaz Julius Maria Schmutzer dan Julius Robert Anton Maria Schmutzer, kakak adik keluarga Belanda yang telah berhasil mengembangkan tempat wisata religi di Jogja ini pada tahun 1924. Sebuah arca kecil Hati Kudus Yesus setinggi setengah meter disiapkan sebagai cadangan bila arca utama mengalami kerusakan. Bersama dengan dokumen persembahan yang berisi riwayat Gondanglupiro, arca kecil itu di tanam dibawah candi.

wisata religi di Jogja

Sebuah peristiwa besar bagi misi Katolik di Jawa terjadi di tanggal 11 Februari 1930, Vicaris Apostolik Batavia Mgr. J. M van Velsen bersama Prefek Apostolik Surabaya dan Malang hadir di Ganjuran. Mgr. J. M van Velsen mempersembahkan misa, memberkati  dan menobatkannya sebagai monumen dipersembahkannya tanah Jawa ke tangan Hati Kudus Tuhan Yesus.

Gereja dan candi bersejarah sebagai salah satu tempat wisata religi di Jogja ini telah melalui perjalanan yang begitu panjang. Bangunan gereja berbentuk pendopo mensyiratkan begitu kentalnya kebudayaan Jawa yang menyertai kereligiusan gereja. “pendopo” memiliki arti filosofi bahwa Gereja Ganjuran sebagai tempat wisata religi di Jogja ini menerima secara terbuka semua tamu yang berkunjung tanpa melihat latar belakang, suku atau agama apapun.

Dari tahun ke tahun, gereja tertua di Bantul dan sebagai bagian dari tempat wisata religi di Jogja ini mengalami beberapa kali pemugaran. Hingga pada saat terjadinya gempa besar di Jogjakarta pada bulan Mei 2006 yang meluluhlantahkan bangunan tempat wisata religi di Jogja ini. Dari kejadian tersebut pihak Keraton Jogjakarta membangun kembali dengan mendatangkan ahli khusus untuk memastikan bangunan gereja dan candi mirip seperti aslinya.

Jadwal peribadahan di Gereja terbagi menjadi Misa Harian, Misa Mingguan, Misa Bulanan dan Misa Prosesi Agung Sakramen Maha Kudus. Selain jadwal misa rutin tersebut, Gereja Ganjuran sebagai tempat wisata religi di Jogja ini juga melangsungkan misa natal, misa paskah, dan misa perayaan hari besar lainnya seperti Bulan Maria di bulan Oktober yang sebentar lagi akan datang.

Semoga tulisan mengenai 5 Tempat  Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [1] ini bermanfaat untuk Anda. Nantikan tulisan kami, rumahwisata selanjutnya:

Wisata Religi Di Jogja Yang Patut Anda Kunjungi Di Bulan Maria [2]

Untuk informasi PAKET WISATA ROHANI DI JOGJA silahkan

gua maria di jogja

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *