Wisata Museum Jogja, 7 Museum Terpopuler di Yogyakarta Wisata Museum Jogja, 7 Museum Terpopuler di Yogyakarta
Wisata Museum Jogja – Sebagai Kota Pelajar dan Budaya, Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang penuh dengan sumber informasi sejarah masa lalu.... Wisata Museum Jogja, 7 Museum Terpopuler di Yogyakarta

Wisata Museum Jogja – Sebagai Kota Pelajar dan Budaya, Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang penuh dengan sumber informasi sejarah masa lalu. Keistimewaan nilai sejarah yang terus dilestarikan tersebut kini melahirkan Wisata Museum Jogja yang kerap menjadi destinasi wisata pilihan bagi para wisatawan yang ingin berlibur sekaligus belajar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lalu Wisata Museum Jogja apa sajakah yang patut Anda kunjungi bersama teman dan keluarga ? Berikut beberapa list Wisata Museum Jogja yang Kami rekomendasikan untuk membantu mengatur jadwal study tour Anda :

  1. Museum Ullen Sentalu

Destinasi Wisata Museum jogja pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Ullen Sentalu yang berada di Jalan Boyong Pakem, kaliurang, Jogja. Museum ini berisi berbagai macam koleksi batik kuno dengan corak penuh makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya, yang di buat oleh para putri keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dari masa ke masa.

Ullen Sentalu sendiri adalah kependekan dari petuah Jawa Kuno “Ulating blencong sejatine tataran lumaku” yang terinspirasi dari lampu minyak sebagai sumber penerang dalam pertunjukan Blencong atau wayang kulit. Maka dari itu, Museum Ullen Sentalu diharapkan mampu menjadi pengingat sejarah sebagai penerang dalam setiap langkah Kita selanjutnya.

wisata museum jogja

Wisata Museum Jogja yang konsen pada koleksi batik kuno terdiri dari dua buah bangunan utama yang diberi nama Kampung Kambang dan Guwa Selo Giri yang merupakan area bawah tanah. Pada Kampung Kambang, terdapat berbagai koleksi naskah kuno, kebaya, kain batik, lukisan, hingga foto – foto keraton zaman dahulu. Sementara pada Guwa Selo Giri diisi dengan berbagai gambar dan seluk beluk para tokoh keraton terdahulu.

  1. Museum Kereta Keraton

Untuk melengkapi study tour Anda mengenai sejarah Kasultanan Yogyakarta, setelah mengunjungi Museum Ullen Sentalu, tentu saja Anda harus menyambangi Museum Kereta Keraton. Wisata Museum Jogja ini menampilkan berbagai jenis moda transportasi yang pernah dipakai oleh Sultan, keluarga, hingga kerabat Keraton Jogja pada masanya.

wisata museum jogja

Museum yang berada satu kompleks dengan Keraton Kasultanan Yogyakarta ini memiliki berbagai koleksi kereta kuno seperti Kereta Kiai Mandajuala, Kereta Kiai Jaladara, hingga Kereta Garuda Yeksa. Jenis yang terakhir tersebut merupakan ketera yang dipakai dalam sesi penobatan Raja sejak Sri Sultan Hamengku Bowono VI hingga Sultan X yang sekarang.

  1. Museum Dirgantara Mandala

Tidak hanya soal sejarah kerajaan, Wisata Museum Jogja juga menawarkan pusat informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, utamanya adalah Ilmu Kedirgantaraan dengan didirikannya Museum Dirgantara Mandala yang terletak di Markas TNI AU Adi Sutcipto, komplek Bandara Internasional Adi Sutcipto, Jogja.

wisata museum jogja

Museum yang berada di Jalan raya Solo – Jogja ini mempunyai koleksi berbagai macam jenis pesawat tempur yang dipakai pada Perang Dunia ke 2 lengkap dengan diorama peristiwa saat itu, hingga foto para tokoj sejarah yang terlibat di dalamnya. Beberapa koleksi pesawat legendaris tersebut adalah replika WEL-I RI-X, Pesawat Catalina berseri PBY-5A, Pesawat Pembom seri B 25 Mitchell, Zero Zen A6M5 made ini Japan, Pesawat Invader seri B 26, hingga Helicopter made in US seri 360.

  1. Museum Affandi

Wisata Museum Jogja selanjutnya yang juga wajib Anda kunjungi, terlebih lagi jika Anda pecinta seni lukis adalah Museum Affandi yang berada di Jalan Laksda Adi Sutcipto no 167, Jogja. Di tempat ini Anda akan puas mengeksplorasi berbagai macam karya lukisan dari Sang Maestro Seni Lukis yang pernah dimiliki oleh Indonesia yaitu Affandi.

wisata museum jogja

Museum yang pertama kali dibangun pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1974 oleh Dirjen Kebudayaan saat itu yaitu Ida Bagus Mantra tersebut memiliki seni arsitektur yang unik. Corak bangunan yang nyentrik seakan disesuaikan dengan krakter dan pribadi Sang Maestro itu sendiri. Selain menyimpan rapi berbagai koleksi lukisan karyanya, di Museum Affandi ini pulalah jasad Beliau dikebumikan.

  1. Museum Sonobudoyo

Apakah Anda memiliki hobi mengoleksi senjata kebanggaan masyarakat Jawa zaman dahulu yaitu Keris? Cobalah untuk melengkapi Wisata Museum Jogja Anda dengan menyambangi Museum Sonobudoyo, Jogja. Di Museum yang berada di Jalan Pangurakan 6, Gondomanan Jogja tersimpan berbagai jenis koleksi keris hingga mencapai 1.200 buah.

wisata museum jogja

Keris – keris kuno tersebut didatangkan tidak hanya dari wilayah Jawa saja, melainkan juga terdapat berbagai koleksi Keris maupun senjata khas lainnya dari daerah Madura, Bali, hingga Pulau Lombok. Dengan hanya membayar biaya retribusi Rp. 3.000 saja, Anda akan bebas menikmati berbagai koleksi Museum Sonobudoyo yang terbagi menjadi beberapa ruangan yaitu Auditorium, Ruang Pagelaran, Panti Budaya, Studio Koleksi, hingga Ruang Edukasi dan Ruang Reparasi.

  1. De Arca Statue Museum

Ini adalah salah satu Wisata Museum Jogja baru di Jogja, museum ini merupakan museum patung pertama dan sekaligus terbesar di Indonesia, berada di Pasar Seni XT- Square, Yogyakarta, museum ini hampir mirip dengan Museum Patung Lilin Madam Tussaud, akan tetapi semua patung yang ada di museum ini bukan terbuat dari lilin melainkan dari resin yaitu berupa getah dari tumbuh – tumbuhan.

wisata museum jogja

Patung –  patung yang ada di De Arca Statue Museum adalalah patung tokoh – tokoh terkenal yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Anda bisa menikmati berfoto ria dengan tokoh – tokoh atau maestro dunia tanpa harus ke Holywood, cukup dengan membayar tiket masuk Rp. 50.000,- anda sudah bisa pamer ke teman atau saudara anda kalo anda sudah pernah mejeng bareng Cristiano Ronaldo dan Spiderman.

  1. De Mata Trick Eye Museum

Satu komplek dengan De Arca Statue Museum, De Mata Trick Eye Museum merupakan Wisata Museum Jogja yang berisikan gambar – gambar tiga dimensi yang mampu membuat anda terheran – heran, seusai dengan namanya, banyak tipuan – tipuan gambar yang seolah – olah anda berada di dalamnya.

wisata museum jogja

Kegiatan yang wajib dilakukan di museum ini adalah berfoto di gambar – gambar yang ada di labirin museum. Hasil dari foto anda akan membuat teman – teman anda yang belum ke museum ini akan terpuakau, bagaimana tidak, salah satu gambar yang paling populer adalah dimana Lionel Messi mengoper bola ke anda yang seolah –olah itu nyata. kapan lagi anda akan bermain sepak bola bareng Lionel Messi..hehehe. Apabila anda Wisata Museum Jogja kesini jangan lupa membeli tiket masuk terusan sebesar Rp. 80.000,-. Dengan harga segitu anda akan bisa langsung menikmati dua museum sekaligus, yaitu De Arca Statue Museum dan De Mata Trick Eye Museum.

Apakah Anda belum cukup puas berpetualang Wisata Museum Jogja dengan mengunjungi ketujuh tempat diatas ? Jangan khawatir, masih banyak museum – museum di Jogja yang menawarkan berbagai macam jenis koleksi seperti Museum Anak Kolong Tangga yang berisi aneka jenis mainan anak – anak sejak Zaman Majapahit hingga kini yang berada di komplek Taman Budaya Jogja lt 2, Jalan Sriwedari no 1, Jogja.

Lalu ada juga Monumen Jogja Kembali yang memiliki koleksi seluk beluk Perang Kemerdekaan 1945 – 1949, Museum Gunung Merapi di Desa Harjobinangun, Pakem, Jogja yang berisi sisa – sisa keganasan larva erupsi Gunung Merapi dari masa ke masa, Museum Batik yang berada di Jalan Sutomo, Jogja dengan koleksi hampir 1.500 kain batik, hingga Museum Wayang Kekayon yang tentu saja sesuai namanya berisi aneka jenis wayang yang berada di Jalan Jogja – Wonosari No 277 Km 7, Bantul, Jogja.

Dengan adanya berbagai museum dengan koleksi – koleksi yang bernilai sejarah dan sarat akan Ilmu Pengetahuan tersebut, apakah Anda masih menunda keberangkatan untuk berpetualang Wisata Museum Jogja ? Kami tunggu di Jogja Istimewa yaaaa….

 

sumber gambar Wisata Museum Jogja : nationalgeograpich.co.id

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *