Wisata Alam Jogja di Desa Bejiharjo yang Patut Anda Kunjungi Wisata Alam Jogja di Desa Bejiharjo yang Patut Anda Kunjungi
Wisata Alam Jogja – Bejiharjo adalah sebuah desa di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan luas areal sebesar 2.200 hektar dan berpenduduk lebih dari 16.000... Wisata Alam Jogja di Desa Bejiharjo yang Patut Anda Kunjungi

Wisata Alam Jogja – Bejiharjo adalah sebuah desa di Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan luas areal sebesar 2.200 hektar dan berpenduduk lebih dari 16.000 orang. Desa paling banyak penduduknya dan paling besar luasnya di Kecamatan Karangmojo ini, 25% wilayahnya adalah hutan negara dengan tanaman kayu putih. Kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai petani tadah hujan.

Dengan modal penduduk, wilayah beserta dengan sumber daya alam, terutama sumber air yang cukup melimpah menjadikan salah satu Wisata Alam Jogja berjuluk desa wisata alam dan desa budaya Bejiharjo. Sebut saja beberapa sumber mata air di desa Beriharjo. Ada Sungai Oya, sumber air Mudal, sumber air Banyumata, sumber air Gedhong, sumber air Beji Kulwo dan 12 macam gua alam yang masih natural. Hal inilah yang membuat tim rumahwisata merekomendasikan kepada Anda untuk menyambangi 4 Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo yang layak Anda kunjungi.

Susur Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo yang terbentuk dari karst. Terdapat sungai yang berada di bawah tanah dan merupakan kawasan wisata paling ramai di antara kawasan wisata lainnya. Di akhir pekan, biasanya pengunjung berkisar 1000 orang, bahkan di libur hari besar dapat mencapai sekitar 10.000 pengunjung. Hal ini sangat wajar sekali, selain masih berbentuk alami, Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo yang bernama Gua Pindul ini menyajikan panorama yang eksotik dengan tiga area dengan suasana yang berbeda. Dengan harga IDR 35.000/orang Anda sudah dapat menyusuri aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter dan waktu tempuh selama 60 menit.

wisata alam jogja

Menyusuri aliran sungai bawah tanah di Gua Pindul dilakukan dengan menaiki ban secara berkelompok. Kemudian satu persatu pengunjung memasuki pintu gua sampai batas akhir aliran sungai secara bersamaan.  Aktivitas Wisata Alam Jogja yang sering di sebut dengan Cave Tubing ini benar – benar memberikan edukasi bagi pengunjung, dengan tujuan lebih mengenal dan mencintai alam hasil karya ciptaan Tuhan agar selalu di lestarikan sebagai warisan anak cucu bangsa. Indahnya stalaktit dengan tetesan air  yang berada di langit – langit gua dan berbagai macam makhluk hidup seperti kelelawar dapat kita jumpai disini.

Arung Jeram di Sungai Oya

Berbeda dengan yang pertama, Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo yang kedua ini lebih bersifat outdoor atau di tempat terbuka. Pengunjung menyusuri derasnya aliran sungai Oya bukan dengan menggunakan perahu karet melainkan dengan ban pelampung. Kecuali apabila debit air memungkinkan, pemandu menyediakan perahu karet untuk melakukan body rafting. Adrenalin yang terpacu di seimbangkan dengan indahnya pemandangan alam berupa tebing – tebing karst yang menjulang, air terjun pengantin, lebatnya hutan kayu putih dan hamparan sawah di sekitar sungai Oya.

wisata alam jogja

Panjang sungai di salah satu Wisata Alam Jogja ini sejauh 4 kilometer, bila debit naik bisa mencapai 6 kilometer. Panjangnya sungai menambah durasi waktu dalam menikmati riak air sepanjang sungai Oya yang bergelora. Walaupun dengan kedalaman  rata – rata 7 sampai 10 meter, tingkat keamanan pengunjung telah di persiapkan oleh para pemandu yang telah terlatih secara profesional. Di lokasi salah satu Wisata Alam Jogja ini, dengan mengikuti jalannya prosedur, Anda akan aman menyusuri sungai Oya dari awal sampai akhir penyusuran. Cukup merogoh IDR 45.000/orang Anda sudah dapat menikmati body rafting sungai Oya di Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo ini.

Gua Gelatik

Keistimewaan Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo dengan nama Gua Gelatik ini telah berusia ribuan tahun. Dengan kedalaman gua tidak lebih dari 400 meter dan cenderung gelap Anda tetap dapat menikmati indahnya stalaktit dan stalagmit yang berada di dalam gua. Pemandu menyediakan alat penerangan berupa senter kepala, helm sebagai pengaman kepala, sepatu karet dan tabung oksigen sebagai cadangan oksigen apabila di perlukan pada saat menyusur gua. IDR 30.000/orang adalah harga yang murah untuk dapat menyusuri keindahan dan kealamian Gua Gelatik sebagai salah satu Wisata Alam Jogja yang sangat menawan.

wisata alam jogja

Dengan keadaan, struktur dan sifat alami dari Gua Gelatik yang telah berusia ribuan tahun tersebut beredar sebuah cerita di desa Bejiharjo secara turun temurun bahwa di jaman dahulu Gua Gelatik di gunakan para pelaku spiritual untuk semedi/bertapa mensucikan diri dari pengaruh keduniawiaan. Sejak dibukanya Gua Gelatik sebagai salah satu kawasan wisata alam Jogja, sudah tidak ada lagi para pelaku spiritual yang melakukan ritual di gua ini.

Di kawasan ini berbeda dengan Gua Pindul, jika di Gua Pindul terdapat aliran sungai bawah tanah, sedangkan di Gua Gelatik tidak ada sama sekali aliran sungai bawah tanah sehingga pengunjung lebih leluasa dalam menyusuri keberadaan Gua Gelatik.

Wisata Offroad di Kawasan Desa Bejiharjo

Offroad menjadi salah satu alternatif Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo selain cave tubing Gua Pindul, arung jeram Sungai Oyo dan penyusuran Gua Gelatik. Menyusuri perbukitan dengan mobil offroad di medan lumpur, sungai dan bebatuan. Selain melewati perbukitan, jalur Wisata Alam Jogja offroad ini melewati jalur pedesaan, hutan jati di sekitar kawasan desa Bejiharjo dan terakhir adalah membelah aliran Sungai Oyo.

wisata alam jogja

Untuk bisa offroad di kawasan Wisata Alam Jogja ini pengunjung tidak perlu membawa kendaraan sendiri, pengunjung bisa menyewa land rover dan jeep 4WD yang telah di sediakan oleh pengelola seharga IDR 400.000/jeep dengan batas maksimal 4 orang peserta dan 1 orang pengemudi. Bagi yang sudah terbiasa offroad bisa mengendarai sendiri dengan ketentuan – ketentuan yang telah diberlakukan oleh pihak pengelola. Tidak membatasi offroad di siang hari saja, pengelola salah satu Wisata Alam Jogja ini juga membuka wisata petualangan ini di malam hari.

Tidak hanya itu saja, dengan tambahan IDR 150.000 Anda akan mendapatkan jepretan dari fotografer profesional yang membidik Anda saat menikmati serunya offroad di Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo, tentunya ini akan menjadi kenangan abadi tersendiri dan bukti bahwa Anda pernah ber-offroad di kawasan Wisata Alam Jogja yang paling eksentrik.

Sampai di sini ulasan rumahwisata tentang Wisata Alam Jogja di desa Bejiharjo yang patut Anda kunjungi. Nantikan ulasan menarik kami berikutnya. Salam Wisata Alam Jogja!!!

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *