Telaga Biru Semin, Telaga Tiga Warna di Gunungkidul Yang Sangat Indah dan Mempesona Telaga Biru Semin, Telaga Tiga Warna di Gunungkidul Yang Sangat Indah dan Mempesona
Telaga Biru Semin – Untuk kesekian kalinya rumahwisata menyorot wisata Gunungkidul. Bicara Kabupaten Gunungkidul, hampir dari seluruh mata angin Gunungkidul menyimpan pesona alam yang... Telaga Biru Semin, Telaga Tiga Warna di Gunungkidul Yang Sangat Indah dan Mempesona

Telaga Biru Semin Untuk kesekian kalinya rumahwisata menyorot wisata Gunungkidul. Bicara Kabupaten Gunungkidul, hampir dari seluruh mata angin Gunungkidul menyimpan pesona alam yang sangat memukau. Salah satunya yang akan kita kupas pada kesempatan ini adalah Telaga Biru Semin, sebuah bekas tambang batu kapur yang terletak diujung utara perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Jawa Tengah, tepatnya berada di dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tempat wisata ini biasa disebut dengan nama Telaga Biru Semin, karena seperti danau kecil yang mempunyai air berwarna biru kehijau – hijauan. Telaga Biru Semin  yang menjadi incaran ini, dulunya hanyalah sebuah bukit atau gunung yang mempunyai banyak kandungan kapur, dan oleh warga setempat di manfaatkan untuk mata pencaharian mereka.

telaga biru semin

Seiring berjalannya waktu, bukit tersebut semakin hari semakin terbelah dan mulai hilang karena penggalian batu putih tersebut hingga mencapai dasar tanah dan menyebabkan air tanah keluar. Tak di nyana dan tak di sangka, tempat ini sekarang telah menjadi salah satu obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Sisa – sia pertambangan inilah yang menjadi tempat seperti telaga atau waduk dan menghasilkan wisata baru di Gunungkidul yang sangat indah. Lubang – lubang lebar yang luas dan curam dikelilingi bebatuan putih. Di tempat ini ada beberapa telaga, jika melihat dan menikmati pemandangan telaga ini dari atas, sekilas seperti Telaga Tiga Warna. Karena memang ada tiga telaga yang dipenuhi air yang warna airnya pun berbeda – beda.

telaga biru semin

Jika penasaran dan ingin melihat seperti apa telaga biru Semin ini terbentuk, Anda bisa melihat secara langsung di sekitar tempat ini warga masih ada yang beraktifitas menggali gundukan batu, namun tak sebanyak yang dulu. Sungguh luar biasa, hanya bekas tambang batu yang tidak disangka menjadi tempat yang medapatkan sorotan dari wisatawan.

telaga biru semin

Jika Anda ingin berfoto dan mendapatkan view yang bagus di Telaga Biru Semin, yaitu berfoto dari puncak gunung watu sehingga bisa terlihat semua telaga birunya. Namun perlu hati – hati, karena naik ke gunungnya hanya bermodalkan jalan setapak dan batuan kapurnya ada beberapa yang rapuh.

telaga biru semin

Bila sudah sampai di puncak gunung watu, Anda dapat melihat Telaga Biru Semin yang seakan mengilingi Anda dan ada beberapa anakan telaga dan batuan putihnya menghiasi telaga, membuat Telaga Biru Semin menjadi lebih indah. kehijauan alam dan air biru yang jernih. Sungguh keindahan alam Semin yang luar biasa, dan pastinya udara masih sangat sejuk, jauh dari polusi udara.

Untuk menuju ke Telaga Biru Semin ada dua akses:

1. Yogyakarta – Jl. Jogja-Solo – Prambanan – Klaten – Cawas – Semin – Watu kelir – Telaga Biru Semin
2. Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangmejo – Semin – Watu Kelir – Telaga Biru Semin.

Telaga Biru Semin terletak di ujung utara perbatasan Kabupaten Gunung Kidul dengan Jawa Tengah. Sekitar 25 Km dari pusat kota Wonosari. Jika dari arah wonosari dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka bisa di tempuh selama 36 menit dari kecepatan rata – rata antara 60 Km/jam. Patokan travlers ke arah Semin, jika sudah sampai di pasar Semin, ambillah jalan yang menuju ke Watu Kelir (utara), sebelum watu kelir akan menjumpai gapura selamat datang di Gunung Kidul atau perbatasan Gunung Kidul dan Jawa Tengah.

Setelah dari gapura perbatasan tersebut lurus saja, tapi pelan – pelan, karena sekitar 1 Km dari gapura tersebut ada jembatan. Pas dari jembatan tersebut silahkan ambil kanan yang jalannya cor blok. Lurus sampai 300 meter, ambil kiri dan sekitar 200 meter Anda sudah sampai di Telaga Biru Semin.

Jika ingin melihat Telaga Biru Semin dari Puncak Gunung Watu Payung, Anda bisa memilih 3 rute, diantaranya :
1. Yogyakarta – Jl Jogja-Solo – Klaten – Pasar Wedi – Kecamatan Bayat – Bayat Cawas – Jl. Bayat Cawas – SMPN 2 weru – Candirejo Semin – Ngentak – Watu Payung .
2. Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Pertigaan sambil pitu  (ambil arah kiri menuju Nglipar) – Jl. Mglipar-Ngawen – Jl. Ngawen – Jl. Semin-Cawas – Jl. Semin-Watu kelir – Watu Payung.
3. Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading (lapangan terbang) – Siono – Kota Wonosari – Selang – Karang Mojo (ambil kiri arah Semin) – Pasar Semin (ke utara) Jl. Semin Watu Kelir – Watu Puyung.

Terletak 70 Km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh 1 jam 30 menit dari kota Yogyakarta. Tiga rute tersebut rute yang paling efektif untuk sampai di Watu Payung. Dan berpatokan pada kecamatan Semin untuk menuju ke lokasi.

Telaga Biru Semin sudah tidak sepenuhnya menjadi kawasan pertambangan batu kapur, kini masyarakat setempat menjadikan sebagai salah satu objek wisata. Untuk sementara belum ada biaya restribusi untuk masuk ke tempat wisata ini, hanya biaya parkir saja yang sama pada umumnya. Untuk parkir sepeda motor di kenai biaya parkir sebesar Rp. 2.000 dan mobil sebesar Rp. 5.000.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *