Taman Tebing Breksi, Panorama Pahatan Alam Jogjakarta Taman Tebing Breksi, Panorama Pahatan Alam Jogjakarta
rumahwisata kini akan memberikan ulasan mengenai tempat yang saat ini sangat popular di kalangan anak muda yang ngakunya hits. Sudah pernah dengar Taman Tebing... Taman Tebing Breksi, Panorama Pahatan Alam Jogjakarta

rumahwisata kini akan memberikan ulasan mengenai tempat yang saat ini sangat popular di kalangan anak muda yang ngakunya hits. Sudah pernah dengar Taman Tebing Breksi? atau mungkin sudah melihat beberapa postingan di sosial media dengan background Taman Tebing Breksi? Yup saat itu memang keadaan Taman Tebing Breksi hanyalah sebuah tebing bekas tambang kapur warga sekitar yang di diamkan begitu saja.

Namun para pengguna sosial media terutama anak – anak instagram sering mengunggah keunikan spot foto yang berlatar belakang Taman Tebing Breksi ini. Dan akhirnya semakin banyak yang penasaran dengan tempat ini, maka semakin banyak pula yang berkunjung ke lokasi ini. Oleh karena itu pengelola setempat melakukan pembenahan, dan tambahan beberapa pahatan, agar tebing ini terlihat rapi dan berseni.

Sebelum mengetahui bagaimana suasana disana, travelers juga perlu mengetahui informasi sedikit ya mengenai asal mula tempat wisata yang sedang hits ini. Taman Tebing Breksi  yang berada di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan, Sambirejo, Prambanan dulunya merupakan lahan tambang warga sekitar, mereka memanfaatkan tebing ini untuk sumber mata pencahariannya.

Namun aktivitas penambangan pun diberhentikan oleh pemerintah daerah. Alasan dari tersebut, dikarenakan sejumlah penelitian melakukan kajian dan hasilnya batuan kapur breksi ini ternyata merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Maka dari itu kawasan ini masuk dalam Cagar Budaya dan harus dilestarikan.

Telebih lagi bekas galian yang terbentuk secara alami menjadikan Taman Tebing Breksi terlihat bernilai seni tinggi. Tak heran bila banyak photographer yang sering menyorot lokasi ini. Jangankan phototgrapher yang handal, anak – anak sosial media saja berburu datang ke tempat ini, untuk mendapatkan postingan terbaik mereka di Tebing  Breksi ini. Makanya travelers jangan mau kalah hits yaa, hehehe..

taman tebing breksi

Travelers jangan meremehkan dan memikirkan jika ini hanya sebatas tebing. Tempat ini sangat unik karena asal mulanya yang tak di sengaja dan menarik banyak wisatawan yang mengeksplore tempat ini, hingga pemerintah daerah pun menata dan meresmikan tempat ini pada tanggal 30 mei 2015 lalu sebagai objek wisata. Pembenahan akan potensi tempat wisata ini sangat terkonsep lho guys.

Tebing tebing kini dipahat sedemikian rupa, di dinding – dindingnya di pahat membentuk wayangan yang menjadi ciri khas dari kota Seni dan Budaya. Dan di antara tebing tebing ini pun, ada pahatan berupa anak tangga yang memudahkan travelers untuk mencapai puncak tebing. Dan di Taman Tebing Breksi kini didirikan kursi kursi yang mengelilingi arena yang digunakan untuk pagelaran kesenian atau pementasan acara musik.

taman tebing breksi

Salah satu yang menjadi spot favorit dan menjadi rekomendasi untuk mendapatkan angle foto terbaik travelers di tebing breksi, yaitu saat foto di anak tangga pada tebing yang berlatarkan langit. Foto dari bawah, seakan akan travelers sedang naik tangga menuju ke langit. Hemmm sebegitu besarnya imajinasi ini ya guys. Hehehe..

Di tempat ini tidak hanya sekedar gila foto, travelers juga pasti akan menikmati pemandangan yang disuguhkan dari puncak Tebing Breksi ini tapi sekedar saran lagi ni guys, kalau bisa kesananya jangan pas matahari terik menyengat pas di atas travelers ya, bisa – bisa travelers tidak akan menikmati suasananya.

taman tebing breksi

Di puncak Taman Tebing Breksi travelers akan melihat lalu lalang pesawat dari Bandara Adi Sucipto, jalur rel kereta api yang tak berujung, travelers juga akan melihat Merapi, Merbabu, dan Prambanan dari puncak ini. Bila ingin berkunjung kesini, travelers mendapatkan dua pilihan, apakah ingin melihat sang surya menyambut pagi, atau saat sang surya tenggelam berganti malam terlihat landscape Jogja dengan taburan kemerlap lampu lampu di bawah sana.

taman tebing breksi

Rute menuju Taman Tebing Breksi dari Kota Jogja

Travelers menuju ke arah Candi Prambanan, di pertigaan pasar Prambanan travelers silahkan belok ke kanan arah piyungan – ikuti terus jalannya sampai menyebrang ruas jalan Prambanan – Piyungan. Dari jalan tersebut travelers silahkan mengikuti papan petunjuk arah ke Candi Ijo. Lokasi tebing Breksi berada sebelum Candi Ijo, di sebelah kiri jalan travelers akan menemukan sepanduk bertuliskan wisata Tebing Breksi.

Dari jalan ini pun travelers sudah bisa melihat ramainya wisatawan yang berfoto di Taman Tebing Breksi. Jika travelers ingin ke lokasi ini tak hanya sekedar menikmati suasana alam, tapi ingin fokus melakukan photo shoot seperti prewedding atau sebagainya, sebaiknya travelers menghindari waktu waktu senggang pada umumnya, karena tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari, juga sabtu dan minggu.

Gimana travelers? Tertarikkah untuk melihat keunikan alam ini yang dimiliki Jogja? Saat travelers ke Taman Tebing Breksi travelers pun bisa berkunjung ke Candi Ijo, karena lokasi mereka sangat dekat. Jadi waktu travelers tidak terbuang sia – sia. Sekian dulu ya travelers. Semoga ulasan kami bermanfaat untuk mengisi hari harimu saat di Jogja.

admin-lostatrans

Your email address will not be published. Required fields are marked *