Pantai Sundak Jogja, Salah Satu Pantai Yang Fenomenal di Jogja Pantai Sundak Jogja, Salah Satu Pantai Yang Fenomenal di Jogja
Ada satu lagi Wisata pantai Jogja yang siap menawarkan pesona keindahan laut yang sangat eksotis diantara deretan pantai – pantai indah di kawasan Gunung... Pantai Sundak Jogja, Salah Satu Pantai Yang Fenomenal di Jogja

Ada satu lagi Wisata pantai Jogja yang siap menawarkan pesona keindahan laut yang sangat eksotis diantara deretan pantai – pantai indah di kawasan Gunung Kidul, Jogja. Ialah Pantai Sundak yang merupakan salah satu kekayaan pesona alam Gunung Kidul yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Berjarak kurang lebih 70 km dari Kota Jogja, Pantai Sundak begitu memikat dengan pesona karakter alamnya yang cukup unik. Namun demikian, tidak banyak yang tahu secara pasti kenapa pantai berpasir putih bersih tersebut dinamakan pantai Sundak Jogja. Usut punya usut, menurut masyarakat setempat yang mendiami kawasan tersebut, penamaan Pantai Sundak ternyata memiliki kisah legenda yang cukup unik dan menarik.

Kisah dibalik Penamaan Pantai Sundak Jogja

Menurut cerita rakyat secara turun – temurun, dahulu kala di Pantai Sundak Jogja tersebut terdapat seorang warga yang memiliki seekor anjing peliharaan yang biasa bermain di pinggir pantai. Singkat cerita, disaat anjing tersebut bermain di pantai, secara tidak sengaja anjing tersebut masuk ke dalam goa yang ada di area Pantai Sundak Jogja tersebut.

Tak dinyana, di dalam goa tersebut sang anjing bertemu dengan binatang landak yang memang telah mendiami goa tersebut. Di saat kedua binatang tersebut bertemu, terjadilah perkelahian hebat antara keduanya. Mendengar gonggongan anjing kesayangannya, warga sang pemilik anjing tersebut bergegas menuju goa dan ternyata mendapati anjing kesayangannya tengah berkelahi dengan seekor landak.

Disaat memasuki goa untuk mencari anjingnya, warga tersebut ternyata menemukan sumber air tawar di dalam goa. Hingga sekarang, sumber air tawar yang cukup unik karena letaknya yang tidak jauh dengan kawasan pantai tersebut menjadi sumber air bersih untuk keperluan sehari – hari bagi masyarakat sekitar Pantai Sundak.

Nah, dari kisah perkelahian kedua binatang tersebut, maka pesisir pantai tersebut dinamai Sundak, yaitu gabungan kata “Su” dan “Ndak”. “Su” sendiri merupakan kependekan dari kata “Asu” yaitu binatang anjing dalam bahasa jawa, serta “Ndak” yang merupakan kependekan dari kata landak. Hingga kini, keberadaan goa dimana terjadi perkelahian kedua binatang beserta sumber air tawarnya tersebut masih dapat Anda temui jika berkunjung ke Pantai Sundak Jogja.

Jalan Menuju Pantai Sundak Jogja

Secara geografis, Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Waktu yang dibutuhkan jika Anda hendak berwisata ke Pantai Sundak Jogja kurang lebih 2 – 2,5 jam dari Kota Jogja dengan kendaraan pribadi. Namun jika Anda menggunakan angkutan umum, maka perjalanan menuju Pantai Sundak Jogja akan lebih lama kurang lebih 1 jam dibandingkan dengan membawa kendaraan sendiri.

Jika Anda start dari arah Kota Jogja, maka beberapa daerah yang akan dilewati menuju Pantai Sundak Jogja adalah ; Kota Jogja – Patuk – Playen – Wonosari – Pantai Baron – Pantai Sundak. Jika Anda tidak menghendaki lewat jalur Patuk, maka dapat melewati opsi jalur sebagai berikut ; Kota Jogja – Imogiri, Bantul – Panggang – Saptosari – Pantai Baron – Pantai Sundak.

 Sementara itu jika Anda berasal dari daerah Wonogiri, maka beberapa jalan yang akan dilalui hingga Pantai Sundak adalah ; Wonogiri – Kecamatan Rongkop – Semin, Gunung Kidul – Pantai Sundak Jogja. Nah jika dari arah Solo maupun Klaten, maka laluilah jalur terdekat menuju Pantai Sundak yaitu ; Solo / Klaten – Semin – Karangmodjo – Wonosari Kota – pantai Baron – Pantai Sundak.

Tiket Pantai Sundak Jogja;

  • 5.000 pada hari libur atau hari besar
  • 4.000 pada hari biasa

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak Jogja:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi umum yang bersih
  • Rumah makan dengan berbagai menu di sepanjang pesisir Pantai Sundak

Hal Menarik di Pantai Sundak Jogja :

  • Banyak penginapan dengan berbagai harga sesuai pilihan pengunjung
  • Hamparan pasir putih yang bersih
  • Akses jalan yang mulus menuju Pantai Sundak Jogja
  • Harga makanan relatif murah dengan menu khas Pantai Sundak Jogja

Tips Berwisata Aman dan Nyaman di Pantai Sundak Jogja :

  • Jadilah wisatawan bijak dengan tidak membuang sampah apapun secara sembarangan di kawasan wisata Pantai Sundak demi menjaga kelestarian dan kebersihan pantai.
  • Bawalah payung untuk berjaga apabila turun hujan, payung tersebut juga dapat dipakai untuk menahan terik matahari yang panas di siang hari.
  • Pastikan anak Anda tidak lepas dari pantauan ketika bermain pasir maupun berenang di kawasan Pantai Sundak yang terkenal memiliki ombak yang cukup besar.
  • Jika Anda berwisata rombongan 4 – 6 orang bersama teman ke Pantai Sundak, lebih baik menyarter jasa penyewaan mobil yang banyak tersedia di Kota Jogja. Selain lebih terjangkau dengan patungan satu rombongan, Anda tidak perlu pusing memikirkan bis maupun angkutan trayek nomer berapa untuk menuju Pantai Sundak.
  • Salah satu jasa penyewaan mobil yang sangat memuaskan dengan drivernya yang sangat professional, Anda dapat menghubungi Losta Trans di nomor 0856-4310-4388 untuk mengantar Anda bersama rombongan ke Pantai Sundak Jogja.

Selamat berlibur dan bersenang – senang di Pantai Sundak Jogja yaa … !!!!

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *