Sensasi Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Jogja Sensasi Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Jogja
Pantai Sadranan Jogja – Daerah pesisir selatan wilayah Kabupaten Gunung Kidul kini tengah menjelma menjadi destinasi berlibur yang semakin ramai. Berbagai pantai baru terus... Sensasi Keindahan Bawah Laut Pantai Sadranan Jogja

Pantai Sadranan Jogja – Daerah pesisir selatan wilayah Kabupaten Gunung Kidul kini tengah menjelma menjadi destinasi berlibur yang semakin ramai. Berbagai pantai baru terus ditemukan, salah satunya adalah Pantai Sadranan Jogja yang ada di Dukuh Pule Gundes, Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain hamparan pasir berwarna putih bersih yang menjadi ciri khas setiap pantai di Kawasan Gunung Kidul, Pantai Sandranan Jogja juga memiliki pemandangan khas yang dapat dijadikan sebagai spot menarik untuk berselfie ria. Keunikan yang Kami maksud adalah adanya dua bukit karang di sisi kiri dan kanan Pantai Sadranan sehingga menambah kesan eksotis pada pantai tersebut.

Pantai Sadranan Jogja pada mulanya hanyalah lepas pantai biasa yang kerap di jadikan sebagai tempat warga sekitar melakukan tradisi “nyadran”, yaitu semacam tradisi masyarakat jawa dengan melarung beberapa hasil bumi hingga hanyut di laut lepas pantai selatan dengan maksud sebagai wujud rasa bersyukur atas hasil tangkapan ikan oleh para nelayan. Bahkan dari kebiasaan itulah, nama Pantai Sadranan Jogja kemudian disematkan kepadanya.

Asyiknya Snorkeling di Pantai Sadranan Jogja

Apakah Anda salah satu pemburu spot bawah laut alias penyuka olahraga snorkeling ?, sudah coba spot terbaik di Pantai Sadranan Jogja?. Jika belum pernah atau bahkan belum tahu, maka bergegaslah kemasi barang Anda untuk segera mengunjungi Pantai Sadranan Jogja dan rasakan sensasi keindahan wisata alam bawah laut yang mengagumkan.

Menariknya, snorkeling di Pantai Sadranan Jogja tidak perlu dilakukan di tengah laut lepas, sebab di bibir Pantai Sadranan pun Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis terumbu karang yang indah beserta aneka biota laut yang bersembunyi di sekelilingnya. Masyarakat setempat pun dengan swadaya berusaha memberikan fasilitas penyewaan alat snorkeling yang cukup lengkap sehingga Anda tidak perlu repot memboyong segala peralatan snorkeling dari rumah. Hmmm .. sangat menggoda bukan ??

Ada beberapa spot terbaik untuk mengekplorasi keindahan bawah laut Pantai Sadranan Jogja, namun spot favorit yang cukup terkenal bagi para wisatawan adalah spot Kali Senggoro dan spot Watu Pecah. Di kedua spot tersebut, Anda dapat menjumpai berbagi jenis biota laut yang umum maupun terbilang langka sebut saja Ikan Areng – areng, Ikan Morish Idol ( Scorpion fish ), Ikan Kepe – kepe, Ikan Botana Achilles, Ikan Botana Kuning ( Yellow Tang ), Belut Moray ( Kerondong ), Ikan Lepu, Belanak, Anakan Kerapu, Pajung Pari atau Muniran, hingga Ikan Neon dan Ikan Buntal.

Menurut Jarwo, salah satu warga yang menjadi pengelola Pantai Sadranan Jogja mengatakan bahwa kegiatan snorkeling ini dilakukan pada awal tahun 2014 silam. “Awal mulanya yang snorkeling itu Tim SAR Wonosari yang sedang menggali potensi wisata snorkeling di Pantai Sadranan ini, lalu katanya banyak biota laut yang cantik dan alami”, ujar lelaki bertubuh tegap ini.

“Dari situ para warga sepakat untuk membentuk karang taruna pemuda untuk mengelola Pantai Sadranan Jogja menjadi tempat wisata, serta iuran seikhlasnya hingga terkumpul dana untuk membeli alat – alat snorkeling dan Kami sewakan kepada para wisatawan”, tambah Jarwo yang mengaku mampu menghidupi istri dan ketiga anaknya dari usaha sewa alat snorkeling di Pantai Sadranan Jogja tersebut.

Mengenai harga sewanya, Jarwo dan kawan – kawan hanya mematok harga Rp. 50.000 untuk memperoleh alat snorkeling seperti selang pernapasan, kacamata, sepatu renang, pelampung, serta pemandu professional. Sementara jika Anda menghendaki foto bawah laut bersama terumbu karang dan ikan hiasnya yang cantik, cukup menambah biaya Rp. 35.000 saja dan Anda akan bebas berfoto sepuasnya.

“Kalo beruntung, kesini pas air sedang surut, jadi berbagai biota laut akan mudah terlihat karena air tidak keruh serta aktivitas snorkeling Anda tidak terganggu dengan kerasnya ombak Pantai Sadranan,” imbuh Jarwo menyarankan.

Fasilitas Lainnya di Pantai Sadranan Jogja

Selain fasilitas snorkeling, pihak pengelola Pantai Sadranan Jogja juga menyediakan fasilitas penyewaan tenda dome bagi Anda yang ingin menikmati sunset hingga bermalam di pantai Sadranan Jogja. Dengan merogoh kocek Rp. 50.000 saja, satu set tenda dome berkapasitas empat orang lengkap dengan alas karpet siap menemani aktivitas camping Anda di Pantai Sadranan Jogja.

Terdapat pula beberapa gubuk sederhana yang cukup nyaman untuk sekedar melepas lelah maupun berteduh dari teriknya matahari sambil menikmati pemandangan pasir putih yang berpadu dengan deburan ombak di Pantai Sadranan. Fasilitas yang tidak kalah penting lainnya adalah toilet umum dan kamar mandi untuk Anda berganti pakaian selepas snorkeling, serta beberapa rumah makan sederhana yang menyajikan aneka menu ikan bakar yang menggugah selera. Jadi…, Anda tidak perlu khawatir perut keroncongan selepas bermain bersama ikan dan terumbu karangnya yang mempesona di pantai Sadranan Jogja.

Jalur Menuju Pantai Sadranan

  • Kota Joga – Jalan Wonosari – Pertigaan selepas Polres Wonosari ambil kanan arah Pantai Baron
  • Terus telusuri jalan hingga sampai di pertigaan pos retribusi Pantai Baron, Namun Anda ambil jalur lurus ke arah Pantai Krakal.
  • Sesampai di Pantai Krakal, maka carilah papan petunjuk Pantai Sadranan Jogja yang berada tepat di sisi timur Pantai Krakal.

Sudah tidak sabar untuk berenang bersama Ikan Scorpion Fish yang bermain pasir putihnya Pantai Sadranan Jogja ??? Ayooo kapan lagi kalo tidak sekarang … Selamat Berlibur Yaaa .. !!!

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *