Pantai Pok Tunggal Jogja Dengan Pohon Duras Sebagai Ikonnya Pantai Pok Tunggal Jogja Dengan Pohon Duras Sebagai Ikonnya
Pantai Pok Tunggal Jogja – Membicarakan deretan obyek wisata pantai di daerah Gunung Kidul Jogja seperti tidak ada habisnya. Kali ini rumahwisata akan sedikit... Pantai Pok Tunggal Jogja Dengan Pohon Duras Sebagai Ikonnya

Pantai Pok Tunggal Jogja – Membicarakan deretan obyek wisata pantai di daerah Gunung Kidul Jogja seperti tidak ada habisnya. Kali ini rumahwisata akan sedikit mengulas salah satu obyek wisata pantai di daerah Gunung Kidul, yaitu Pantai Pok Tunggal Jogja yang memiliki keunikan dengan adanya satu pohon Duras yang berdiri kokoh di tepi pantai yang memiliki hamparan pasir putih bersih tersebut.

Lokasi Pantai Pok Tunggal Jogja yang berada satu kawasan dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Krakal tersebut secara geografis berada di Desa Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Jogja. Oleh sebab itu, Anda cukup membayar satu kali tiket retribusi untuk menikmati beberapa obyek wisata pantai dalam satu kawasan tersebut.

Pohon Duras Sebagai Ikon Pantai Pok Tunggal Jogja

Salah satu keunikan dari pantai ini dibandingkan dengan pantai indah lainnya di kawasan Gunung Kidul adalah adanya satu batang pohon Duras rindang yang berada tepat di bibir Pantai Pok Tunggal Jogja. Uniknya, meskipun tumbuh tepat diatas hamparan pasir, namun kerindangan dari Pohon Duras tersebut semakin membuktikan jika sang pohon mampu tumbuh subur meskipun tumbuh di hamparan pasir yang panas.

pantai pok tunggal jogja

Karena kesuburan dan kerindangannya itulah, Pohon Duras tersebut dijadikan sebagai lambang kemakmuran bagi warga setempat dan keberadaannya justru semakin membuat cantik pemandangan Pantai Pok Tunggal Jogja. Bahkan pemberian nama pantai tersebut tidak lepas dari makna adanya Pohon Duran yang tumbuh sendirian tersebut. Yaitu berawal dari kata “Pohon Tunggal” dan oleh masyarakat setempat disingkat menjadi “Pok Tunggal”.

Selain ikon Pohon Duras yang menambah spot – spot cantik di pantai ini, disana Anda juga akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih bersih yang luas dan sesekali tersapu ombak biru yang menghempas tenang, membuat Anda semakin betah berlama – lama bermain ombak di pantai ini.

Di Kelilingi Tebing Karst yang Eksotis

Tidak hanya hamparan pasir dan deburan ombaknya yang mempesona, deretan tebing karst menjulang tinggi yang mengitasi Pantai Pok Tunggal Jogja juga menambah daya tarik tersendiri bagi obyek wisata kebanggaan masyarakat Desa Tepus tersebut. Anda pun mempunyai kesempatan jika ingin menjelajahi puncak tebing karst tersebut yaitu dengan menyusuri tangga serta jalan setapak yang biasa dilewati warga setempat untuk mencapai puncak tebing.

pantai pok tunggal jogja

Namun bagi Anda yang phobia ketinggian, sebaiknya mengurungkan niat menaiki tebing Pantai Pok Tunggal Jogja tersebut, sebab Anda wajib menaklukkan jalan setapak berliku dan terus naik, serta melewati jembatan bambu selebar hanya cukup untuk berpapasan dua orang yang dibawahnya adalah jurang yang sangat terjal sedalam hampir 50 meter.

Saat hambatan dan rintangan tersebut mampu kita lalui, semua kecemasan dan peluh keringat menaiki tebing akan terbayar lunas ketika berada di puncak tebing. Diatas puncak tebing tersebut juga telah disediakan beberapa gazebo tepat di puncak tebing dengan pemandangan lepas birunya Laut Selatan yang merupakan perpanjangan tangan dari Samudera Hindia, samudera terluas di dunia.

Berburu Sunset Di Pantai Pok Tunggal Jogja

Untuk Anda para pecinta senja, serta ingin mencari sensasi yang cukup berbeda, cobalah menunggu terbenamnya sang mentari dari pinggir pantai ini. Di sini Anda dapat mengabadikan langit horizon yang mulai memerah dengan berbagai background pendukung, seperti menjepret sunset dari gazebo di puncak tebing, serta tentu saja mengabadikan sunset dibalik sela – sela Pohon Duras yang menjadi ikon dari Pantai Pok Tunggal Jogja tersebut.

pantai pok tunggal jogja

Setelah puas menikmati sunset dan bila masih ingin menunggu jutaan kerlip bintang di langit, menginap saja di Pantai Pok Tunggal Jogja dengan mendirikan tenda di tepian pantai yang memang kerap digunakan oleh para wisatawan sebagai lokasi camping favorit. Tidak perlu khawatir lupa membawa tenda dari rumah, di Pantai Pok Tunggal Jogja sudah terdapat beberapa orang yang memberikan jasa penyewaan tenda dome untuk Anda berkemah bersama kawan maupun keluarga tercinta.

pantai pok tunggal jogja

Jalur Menuju Pantai Pok Tunggal Jogja

Jika Anda start awal dari Kota Jogja, untuk mencapai lokasi Pantai Pok Tunggal Jogja akan membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan 2 jalur rute yang dapat dilalui sebagai berikut :

  1. Jogja – Imogiri – Panggang – Jl. Saptosari – Tepus – Ikuti arah Pantai Baron – Pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri arah Pantai Indrayanti – pertigaan setelah kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri – Pos Retribusi – ikuti papan petunjuk arah Pantai Pok Tunggal Jogja – melewati jalan berbatu dan beberapa di cor blok – Pantai Pok Tunggal.
  2. Jogja – Piyungan – Bukit Bintang Gunung Kidul – Patuk – Playen – Wonosari Kota – ada pertigaan petunjuk arah Pantai Baron ambil kanan – ikuti jalan ke arah Pantai Baron – Pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri arah Pantai Indrayanti – pertigaan setelah kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri – Pos Retribusi – ikuti papan petunjuk arah Pantai Pok Tunggal Jogja – melewati jalan berbatu dan beberapa di cor blok – Pantai Pok Tunggal Jogja.

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu destinasi dari rangkaian perjalanan Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam “Telung Ndino Plesir Nang Jogja” yang kami peruntukkan bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan

pantai pok tunggal jogja

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *