Pantai Nglambor, Teluk Kecil Tempat Snorkeling di Gunungkidul Pantai Nglambor, Teluk Kecil Tempat Snorkeling di Gunungkidul
Pantai Nglambor – Bagaimana kabar Anda hari ini? Luar biasa dan selalu penuh semangat bukan? Nah, untuk menambah spirit semangat Anda berpetualang, kali ini rumahwisata... Pantai Nglambor, Teluk Kecil Tempat Snorkeling di Gunungkidul

pantai nglambor

Pantai Nglambor – Bagaimana kabar Anda hari ini? Luar biasa dan selalu penuh semangat bukan? Nah, untuk menambah spirit semangat Anda berpetualang, kali ini rumahwisata akan membuat liburan Anda lebih ceria dengan informasi petualangan seru kami di Pantai Nglambor, wisata pantai yang tidak ada habisnya di Jogja. Penasaran seperti apa? Inilah ulasan singkatnya.

Pesona Biota Laut di Pantai Nglambor Jogja
Siang itu setelah menyibak pagar alami dari sekumpulan tanaman pandanus tectorius atau Pandan Laut, tibalah Kami di bibir Pantai Nglambor yang masuk dalam wilayah Purwodadi, Kec Tepus, Gunungkidul, Jogja ini. Adanya sekumpulan pemuda berjaket pelampung jingga dan biru yang sedang asyik bermain snorkeling untuk mengekplorasi keindahan biota laut dari Pantai Nglambor membuat langkah kami semakin semangat dan bergegas menuju kesana bergabung bersama mereka.

pantai nglambor

Lokasi Pantai Nglambor belakangan ini memang menjadi tujuan wisatawan yang memiliki hobi snorkeling. Berbagai jenis ikan cantik seperti jenis  sergeant major, terumbu karang yang beragam, rumput laut serta berbagai biota laut lainnya membuat panorama bawah laut dari Pantai Nglambor seakan menjadi magnet bagi siapa saja yang sedang berkunjung di pantai ini.

pantai nglambor

Keindahan pesona laut di pantai ini tidak bisa lepas dari peran masyarakat yang sangat menjaga dan melestarikan lokasi tersebut. Selain dibentuknya kawasan konservasi bagi beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang langka, masyarakat sekitar juga memiliki tradisi tersendiri berkaitan dengan upaya menjaga kelestarian Pantai Nglambor  itu sendiri.

Tradisi yang patut di contoh tersebut bahasa Jawanya adalah “Ngalangi” yang dalam bahasa Indonesia bermakna melarang atau menghalangi. Maksud dari tradisi “Ngalangi” adalah upaya pelarangan bagi siapa saja yang hendak menangkap ikan di kawasan Pantai Nglambor kecuali sekali dalam setahun, ini juga berlaku untuk masyarakat setempat. Tidak hanya itu, penangkapan ikan di Pantai Nglambor pun hanya dibolehkan dengan “Gawar”, yaitu sejenis jaring dari akar pohon wawar, dan dilarang menggunakan alat penangkap ikan modern seperti sekarang.

Snorkeling di Pantai Nglambor Jogja

pantai nglambor

Melihat potensi keindahan alam bawah laut yang menakjubkan tersebut, masyarakat Desa Purwodadi sekitar pantai pun menyambutnya dengan menyediakan fasilitas penyewaan alat snorkeling yang cukup memadai yang dilengkapi dengan beberapa guide handal yang berasal dari warga setempat.

Ada dua vendor resmi yang menyediakan jasa penyewaan alat snorkeling di pantai ini, yaitu Pokdarwis Nglambor Lestari dan Bintang Nglambor Snorkeling dengan harga sewa yang sama yaitu Rp. 35.000.  Harga yang sangat terjangkau, sebab dengan uang segitu Anda akan memperoleh kacamata snorkeling, baju selam, sepatu, hingga foto under water untuk mengabadikan momen Anda bersama terumbu karang dan ikan cantik di Pantai Nglambor.

pantai nglambor

Hal menarik lainnya yang membuat di pantai ini menjadi favorit bagi para wisata pecinta snorkeling selain airnya yang jernih adalah bentuk pantainya yang diapit oleh dua terumbu karang raksasa sehingga ombak Laut Selatan yang terkenal ganas tidak akan mengganggu Anda berenang. Dua karang raksasa yang oleh warga dinamai “Watu Kuntul” dan “ Watu Kalong” tersebut seolah turut menjaga kekayaan biota laut Pantai Nglambor Jogja dari terpaan ombak Laut Selatan yang menghempas.

pantai nglambor

Lokasi dan Rute Pantai Nglambor Jogja

Berjarak kurang lebih 70 km dari pusat Kota Jogja, Pantai Nglambor berada satu komplek dengan obyek wisata pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan. Bahkan Anda cukup membayar uang retribusi sebesar Rp. 10.000 saja untuk dapat mengekplorasi keindahan ketiga pantai tersebut yang memang lokasinya berdekatan.

Jika Anda hendak menuju pantai ini dengan angkutan umum, mulailah perjalanan Anda dari Terminal Giwangan, Umbulharjo, Jogja. Jika Anda dari luar kota dan menuju Jogja dengan Kereta Api maupun Pesawat, maka setelah sampai di Stasiun Tugu maupun Bandara Adisucipto, berjalanlah ke halte Transjogja terdekat dan tanyalah petugas halte tersebut nomer trayek Bus Transjogja untuk bergegas menuju Terminal Giwangan. kalau tidak, Anda juga bisa memesan agen – agen travel di Jogja untuk mengatur perjalanan Anda ke Pantai Nglambor.

Sesampai di Terminal Giwangan, naiklah bus AKDP tujuan Terminal Dhaksinarga, Wonosari. Setelah menempuh perjalanan 1 – 1,5 jam Anda akan sampai di Terminal Dhaksinarga, kemudian tanyalah kernet bus untuk mencari bus kecil tujuan Jepitu via Tepus. Setelah menaiki bus pedesaan tersebut, mintalah tolong kernet untuk menurunkan Anda di pertigaan Purwodadi. Nah setelah turun di pertigaan Purwodadi, Anda dapat berjalan kaki maupun naik ojek menuju Pantai Nglambor.

Bagi Anda yang berlibur rombongan 4 – 6 orang, saran kami lebih baik menyewa jasa rental mobil beserta sopirnya yang banyak terdapat di Kota Jogja. Sebab dengan diantar oleh jasa rental mobil berpengalaman, tentunya Anda lebih bebas mengeksplorasi keindahan Pantai Nglambor tanpa takut kesorean atau kehabisan angkutan umum untuk kembali ke Kota Jogja.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *