Pantai Jogan dan Pesona Air Terjun di Perbukitan Karst Gunungkidul Pantai Jogan dan Pesona Air Terjun di Perbukitan Karst Gunungkidul
Jogjakarta selain terkenal dengan seni dan budayanya, keindahan alamnya juga selalu menjadi incaran para pencinta wisata alam pantai, diantaranya adalah deretan pantai cantik yang... Pantai Jogan dan Pesona Air Terjun di Perbukitan Karst Gunungkidul

Jogjakarta selain terkenal dengan seni dan budayanya, keindahan alamnya juga selalu menjadi incaran para pencinta wisata alam pantai, diantaranya adalah deretan pantai cantik yang berada Jogja, khususnya di Kabupaten Gunungkidul. Kali ini rumahwisata akan membahas pantai bukan sekedar pantai dengan pasir putihnya saja, tetapi pantai yang benar – benar unik dan berbeda dengan pantai – pantai lainnya. Nama pantai tersebut adalah Pantai Jogan. Mengapa Pantai Jogan termasuk kategori unik?

Fenomena alam yang sangat langka dan memukau pengunjung Pantai Jogan

Di pantai ini Anda akan melihat air terjun deras yang langsung menuju ke arah laut. Sejauh ini yang diketahui banyak orang, air terjun ialah air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Dan biasanya kita melihat air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Namun bagaimana jika air terjun tersebut langsung jatuh ke laut bebas?

Untuk melihat keindahan air terjun dan bebatuannya, setidak tidaknya Anda harus turun ke bawah melewati anak tangga yang sudah disediakan oleh pengelola setempat. Setelah tiba di bawah, barulah Anda akan merasakan betapa besarnya keajaiban dan keindahan Pantai Jogan.

pantai jogan

Air tawar yang jatuh bergabung bersama air laut, hal ini dikarenakan Pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut. Jadi air yang berasal dari perbukitan karst yang berada di belakang pantai ini langsung menuju ke laut. Tentu saja kejadian ini membuat Pantai Jogan berbeda dengan pantai – pantai lainnya di Gunungkidul yang biasanya bisa digunakan untuk bermain pasir, air dan berenang.

Karena keindahan air terjun yang mengalir bersumber dari sungai yang berbeda di perbukitan karst. Sehingga saat musim penghujan, debit air cukup besar tetapi keruh. Sedangkan saat musim kemarau, maka debit air air yang terjun ke laut menjadi kecil. Dan itu akan mengurangi keindahan Pantai Jogan. Jadi sangat di sarankan, bila ingin berkunjung ke pantai ini untuk melihat keindahan dan keunikan alam ini, maka waktu yang sangat tepat ialah saat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.  Pastikan beberapa hari sebelum ke tempat ini hujan tidak mengguyur wilayah Jogja.

pantai jogan

Karena pantai ini terbilang tersembunyi dari perbukitan karst, sehingga membuat cukup sulit untuk mencapai karang di dasar Pantai Jogan. Pantai ini diapit oleh tebing pengunungan kapur, Pantai Jogan juga mempunyai ombak yang cantik, jika seorang pemanjat tebing, lokasi Pantai Jogan ini juga sangat dekat dengan pantai Siung, kemolekan tebing yang sangat pas untuk para pecinta alam.

Seperti yang telah dibahas rumahwisata.com sebelumnya mengenai pantai Siung. Tapi saat ini pun di air terjun Pantai Jogan yang tingginya mencapai 10 meter, telah di maksimalkan oleh pengelolanya sebagai wahana pemacu adrenalin yang biasa di sebut dengan canyoning. Dengan pengaman tubuh serta seutas tali yang terpasang dengan kuat, Anda bisa mencoba sensasi meluncur dari atas air terjun menuju pantai dan bisa berpose sepuasnya, karena ada pengelola setempat pun menyediakan jasa untuk mengambil gambar Anda.

pantai jogan

Pantai Jogan berada di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk bisa ke pantai ini akan menempuh perjalanan selama 2 jam, dengan keadaan lalu lintas tidak macet dan jarak tempuh sekitar 70 Km dari pusat kota Jogja. Dari pusat kota Jogja, menuju ke arah timur atau menuju ke Jalan Wonosari. Dan terus menuju kearah Desa Tepus, setelah itu mengambil arah ke Pantai Siung, karena pantai ini masih sederet dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Setelah melewati tempat restribusi,lurus ke depan, nanti di kanan jalan ada arah petunjuk kearah Pantai Jogan.

pantai jogan

Jalan menuju Pantai Jogan sudah lumayan bagus, dengan cor – coran beton yang bisa di lewati oleh kendaraan motor ataupun mobil. Namun jalanannya tidak cukup lebar untuk dua mobil yang berpapasan. Kalau masalah luas parkiran, tak perlu khawatir, lokasi parkirnya pun berdekatan dengan pantai. Anda hanya berjalan beberapa meter saja kok. Jika ingin santaipun, di lokasi Pantai Jogan sudah ada beberapa kios untuk makan pengunjung. Harganya tidak terlalu mahal, namun untuk berjaga jaga sebaiknya Anda menanyakan dulu sebelum memesan.

pantai jogan

Untuk masuk ke Pantai Jogan hanya dikenakan biaya sebesar IDR 5000 di Tempat Pemungutan Restribusi dan dengan harga segitu bukan hanya untuk masuk ke Pantai Jogan saja, Anda juga dapat mengunjungi pantai Siung dan pantai Nglambor yang berada di sebelahnya. Untuk harga parkir, sama seperti tempat wisata pada umumnya, motor dikenakan IDR 2000 dan mobil IDR 5000.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *