4 Pantai di Jogja Yang Recomended dan Menarik Buat Liburanmu 4 Pantai di Jogja Yang Recomended dan Menarik Buat Liburanmu
Pantai di Jogja – Untuk liburan seru di Jogja memang tak ada hentinya. Dari hunting bangunan bersejarah hingga berburu kuliner khas Jogja, dari eksotisnya... 4 Pantai di Jogja Yang Recomended dan Menarik Buat Liburanmu

Pantai di Jogja – Untuk liburan seru di Jogja memang tak ada hentinya. Dari hunting bangunan bersejarah hingga berburu kuliner khas Jogja, dari eksotisnya budaya lokal hingga souvenir cantik nan menggemaskan, apalagi berpetualang di obyek alam pegunungan maupun wisata pantai di Jogja.

Nah untuk yang terakhir tadi, yaitu wisata pantai di Jogja, Mungkin Anda butuh waktu 2-3 minggu untuk menjelajahi semua wisata pantai di Jogja. Sebab ketiga kabupaten di Provinsi Yogyakarta yaitu Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul kesemuanya memiliki obyek wisata pantai yang siap memanjakan mata dan jiwa petualangan Anda.

Hal ini sebenarnya wajar sih, sebab secara territory memang Provinsi Yogyakarta berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan. Alhasil secara logika yang memang di sisi selatan isinya pantai semua. Namun apalah artinya potensi alam pantai suatu daerah jika tidak dikelola secara baik sebagai obyek wisatakan? Berapa banyak provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan laut namun kurang memanfaatkan potensinya tersebut?

Anda akan menemukan lebih dari 30 obyek wisata pantai di jogja yang sudah dikelola baik oleh dinas pariwisata maupun warga setempat demi meyambut antusiasme para wisatawan. Berikut Kami infokan beberapa wisata pantai di Jogja dengan segala keunikannya yang patut Anda kunjungi di akhir pekan bersama rekan maupun keluarga:

Mistisnya Pantai Parangtritis

Pantai di Jogja yang pertama ini adalah salah satu ikon Jogja sejak dahulu kala yaitu Pantai Parangtritis yang terletak di daerah Kretek, Bantul, Jogja. Pantai di Jogja yang satu ini tidak saja menawarkan keindahan pasir putih yang bersih berpadu bukit kapur di sisi utara pantai, namun juga sisi historis keberadaan tiga hal yang menjadi ikon sejarah berdirinya kota Jogja itu sendiri, yaitu Laut Selatan, Keraton dan Gunung Merapi.

pantai di jogja

Pantai Parangtritis sudah sejak lama diyakini oleh raja-raja Jawa sebagai “pintu gerbang” kerajaan Ratu Laut Selatan atau Nyi Roro Kidul. Sehingga aura kemistikan dari pantai di Jogja ini begitu melekat padanya. Jika Anda penasaran dengan kemistikan Pantai Parangtritis, cobalah mampir kesana di malam jum’at kliwon, niscaya akan banyak Anda temui orang-orang yang membawa bunga dan dupa kemudian berdiam diri  duduk di pasir pantai menghadap laut dengan berbagai tujuannya masing – masing.

Pantai Indrayanti yang Memikat Hati

pantai di jogja

Wisata pantai di Jogja selanjutnya adalah Pantai Indrayanti yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Di pantai yang berpasir putih bersih ini Anda dapat dengan mudah menemukan cottage maupun homestay dengan variasi harga yang beragam untuk para wisatawan yang hendak bermalam disana. Di Pantai Indrayanti juga terdapat jet ski yang siap mengajak Anda memacu adrenalin dengan derasnya deburan ombak Samudera Hindia.

Ada air tawar di tengah laut Pantai Ngandong

Selanjutnya wisata pantai di Jogja ada Pantai Ngandong yang berlokasi di antara kedua wisata pantai di Jogja lainnya yaitu Pantai Sundak dan Pantai Sadranan. Berbeda dengan khas wisata pantai di Jogja kebanyakan yang memiliki ombak tinggi nan ganas, Pantai Ngandong memiliki ombak yang tenang sehingga sangat pas untuk Anda yang ingin berenang bebas di laut lepas.

pantai di jogja

Di Pantai Ngandong juga terdapat fasilitas wisata pantai Jogja yang unik yaitu berlayar bersama nelayan menuju kearah timur kurang lebih 15 menit lamanya. Nah disana nantinya terdapat spot umbul air, yaitu iar tawar yang menyembul dari dasar laut. Yak betul – betul air yang rasanya tawar namun justeru keluar dari tengah lautan layaknya air mendidih diatas panci, aneh bin ajaib bukan? Penasaran dengan wisata pantai di Jogja? … datanglah ke Pantai Ngandong.

Pantai Siung, Tujuan Utama Pecinta Panjat Tebing

Pantai di Jogja yang tidak kalah serunya adalah Pantai Siung yang ada di Dusun Duwet, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Jogja. Pesona tebing karang yang tinggi menjulang adalah ikon utama dari Pantai Siung yang juga berpasir putih bersih ini.

pantai di jogja

Tingkat kesukaran dan keindahan tebing yang ada di Pantai Siung ini bahkan pernah dijajal oleh 80 pemanjat tebing professional dari 15 negara di kawasan Asia pada tahun 2005 silam dengan tajuk Asian Climbing Gathering. Waaahh bagi Anda pecinta wisata menantang, tentunya Pantai Siung ini menjadi wajib untuk segera dikunjungi yaa ..

Sebenarnya masih banyak sekali wisata pantai di Jogja yang belum sempat Kami ulas, sebut saja diantaranya Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Sundak, Pantai Somandeng, Pantai Sadranan, pantai Pok Tunggal, Pantai Slili, Pantai Drini, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, Pantai Nguyahan, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Pantai Samas, dan masih banyak lagi sampai jari ini keriting ngetiknya hahaha

Tapi tenang saja, lain kali Kami tuliskan lagi artikel wisata pantai di Jogja yang lengkap mengenai wisata pantai Jogjanya yaa ….

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *