Oleh Oleh Jogja, Kenangan Manis Dari Kota Istimewa Oleh Oleh Jogja, Kenangan Manis Dari Kota Istimewa
Oleh Oleh Jogja, Sudah bukan rahasia umum lagi jika Jogja memiliki banyak keistimewaan dan mempunyai banyak khas yang bisa menjadi cerita dari kota ini. Mengunjungi... Oleh Oleh Jogja, Kenangan Manis Dari Kota Istimewa

Oleh Oleh Jogja, Sudah bukan rahasia umum lagi jika Jogja memiliki banyak keistimewaan dan mempunyai banyak khas yang bisa menjadi cerita dari kota ini. Mengunjungi setiap sudut kota dan memanjakan lidah untuk menjelajahi kulinernya tentu suatu yang menyenangkan. Travelers pasti tak ingin dong kenangan tentang kota jogja hilang begitu saja. Salah satu hal yang bisa travelers lakukan untuk tetap mengingat Yogyakarta ialah membeli Oleh Oleh Jogja dari kota istimewa ini. Selain itu travelers juga bisa berbagi rasa kepada orang terkasih yang tak ikut berlibur bersama kalian.

Ada aneka macam makanan khas Jogja dan kerajinan khas Jogja yang dapat dijadikan buah tangan saat pulang ke kota asal. Selain Gudeg yang sudah terkenal menjadi Oleh Oleh Jogja, kira – kira travelers tau gak ya apa lagi yang bisa dibawa pulang untuk orang di rumah dan orang – orang terdekat travelers?

  1. Bakpia

Oleh Oleh Jogja yang paling terkenal adalah Bakpia, seperti yang telah dibahas rumahwisata.com , di ulasan tersebut telah kami berikan sedikit informasi mengenai bakpia – bakpia yang terkenal dan range harga bakpia tersebut. Di Yogyakarta bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathuk, Yogyakarta. Bakpia pathuk 75 dan 25 nampaknya banyak ditemui di beberapa pusat Oleh Oleh Jogja. Adapun tempat lain yang cukup terkenal yaitu Bakpia Kurniasari dan Bakpia 145.

Oleh Oleh Jogja

Saran dari rumahwisata.com bila travelers membeli di pusat Oleh Oleh Jogja yang bukan khusus bakpia, sebaiknya minta ijin untuk mencicipnya dan memastikan baru tidaknya pembuatan bakpia ini. Jika masih lunak dan mudah hancur saat dikunyah, artinya masih layak konsumsi dan tahan lama untuk dibawa pulang.

  1. Yangko

Yangko merupakan Oleh Oleh Jogja yang terbuat dari tepung beras ketan, teksturnya kenyal, berisi kacang cincang dan rasanya manis legit yang memiliki wangi pada aroma khasnya. Bentuk dari yangko ini sangat menarik dengan bentuknya poersegi empat mungil dan warna warni yang sangat cerah serta balutan tepung terigu. Satu kotak yangko umumnya berisi 30 buah dengan rasa yang bervariasi.

Oleh Oleh Jogja

Tempat terbaik uuntuk menemukan Yangko adalah di kawasan Kotagede tepatnya di Jl. Pramuka sebab dari daerah Kotagede lah Oleh Oleh Jogja dalam cita rasa yang tulen ini bermula.

  1. Geplak

Oleh Oleh Jogja

Yogyakarta memang terkenal dengan kulinernya yang manis – manis, salah satu Oleh Oleh Jogja yang menjadi ciri khasnya adalah Geplak. Makanan ini berbahan dasar kelapa dan gula. Geplak disajikan dengan warna yang menyolok, dan makanan yang manis rasanya ini, sekarang variannta tidak semacam saja, sudah ada rasa coklat, nangka, durian, atau vanilla bisa anda pilih sesuai selera.

  1. Coklat Monggo

Masih seputar Oleh Oleh Jogja yang manis guys. Coklat ini bukan asal coklat yang dijual di minimarket ataupun supermarket loh. Coklat Oleh Oleh Jogja ini ala – ala Eropa guys. Travelers gak perlu jauh – jauh ke Belgia untuk bisa merasakan sensasi nikmatnya coklat. Karena Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu produsen kakao terbaik di dunia, maka tak heran jika Coklat Monggo diolah dari biji coklat pilihan yang didapat dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Pemilik Coklat Monggo berkebangsaan Belgia, sehingga ia tahu benar bagaimana cara meracik coklat yang tepat dan menghasilkan rasa yang nikmat.

Oleh Oleh Jogja

Meskipun pemiliknya orang asing, namun Coklat Monggo tetap membawa unsur budaya Jawa. Terbukti dari nama merknya “Monggo” merupakan bahasa Jawa yang berarti silahkan. Kemasannya pun menampilkan gambar wayang. Jika Travelers ingin membeli Oleh Oleh Jogja ini dan  melihat langsung proses pembuatan coklat dari dapurnya yang hanya disekat dinding kaca, travelers bisa datang ke Jl. Dalem KG III/978 Kotagede, Yogyakarta.

  1. Batik

Batik bagi kota jogja udah seperti amplop sama prangko guys. Meskipun di Jawa ini banyak yang memproduksi batik, tapi bagi Jogja kain batik adalah simbol untuk kraton, tapi ya tentu saja batik yang digunakan sebagai identitas kerajaan ini tidak sembarangan batik loh yaa.

Oleh Oleh Jogja

Oleh Oleh Jogja berupa Batik kini tak hanya kain dan pakaian, kreativitas warga Yogyakarta menjadikan batik dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti tas, syal, hingga menjadi sandal. Tempat yang dapat travelers kunjungi untuk berburu batik tentu saja kawasan jalan Malioboro dan Pasar Bringharjo. Selain dua tempat yang sangat popular tu, travelers juga bgisa mengunjungi Desa Karebet untuk mendapatkan Oleh Oleh Jogja satu ini, karena desa wisata ini adalah penghasil kerajinan batik, mereka membuat batik lebih menarik karena mengaplikasikannya pada kayu, dalam bentuk topeng, gelang, gantungan kunci, dan lain lain.

  1. Dagadu

Oleh Oleh Jogja

Kaos Dagadu identik dengan plesetan lucu khas Yogyakarta. Dagadu berasal dari bahasa gaul Yogyakarta yang berarti ‘matamu’, jelas saja logo kaos dagadu berbentuk sebuah mata. Untuk berburu kaos Dagadu yang terpercaya sebagai Oleh Oleh Jogja ada di Yogyatourium Dagadu Djogja Jl. Gedongkuning 128, Yogyakarta.

  1. Kerajinan Perak

Oleh Oleh Jogja

Selain kerjinan Gerabah Kasongan yang telah dibahas rumahwisata.com sebelumnya, Jogja juga punya kerajian perak yang sangat terkenal menjadi khas Oleh Oleh Jogja. Untuk mendapatkan kerajinan perak ini, travelers bisa menjelajahi Kotagede yang berjarak 5 Km dari pusat kota Jogja. Di Kotagede travelers bisa mengunjungi showroom kerajinan perak atau datang ke rumah – rumah pengrajin secara langsung. Bentuk kerajianannya pun sangatlah beragam mulai dari perhiasan sampai hiasan dinding atau meja. Kualitasnya sudah tak perlu diragukan, karena kota Jogja sudah dikenal sebagai sentra penghasil kerajianan perak sejak zaman Kerajaan Mataram, dan hingga saat ini kerajinan perak disini telah banyak dikirim keluar negeri.

Sekian dulu ya guys, untuk info singkat tentang aneka Oleh Oleh Jogja yang paling terkenal dan wajib travelers bawa pulang dar kota istimewa untuk orang istimewa.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *