Kebun Buah Mangunan, Spot Photo Keren Bagai Negeri Diatas Awan Kebun Buah Mangunan, Spot Photo Keren Bagai Negeri Diatas Awan
Kebun Buah Mangunan – Menikmati liburan di Jogja selain memiliki obyek wisata pantai – pantainya yang indah, Jogja juga masih menyimpan obyek wisata alam... Kebun Buah Mangunan, Spot Photo Keren Bagai Negeri Diatas Awan

Kebun Buah Mangunan – Menikmati liburan di Jogja selain memiliki obyek wisata pantai – pantainya yang indah, Jogja juga masih menyimpan obyek wisata alam yang patut menjadi destinasi menarik terutama bagi Anda pecinta buah – buahan. Yak tentu saja, apa lagi kalo bukan obyek wisata Kebun Buah Mangunan yang sempat membuat geger instagramers karena salah satu spot picture nya mampu menyihir ribuan pemilik akun sosial media tersebut.

Seperti diketahui, obyek wisata Kebun Buah Mangunan yang berada di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja ini mulai naik daun sejak beberapa orang mengambil gambar di salah satu sudut Kebun Buah Mangunan, kemudian menguploadnya di jejaring sosial seperti Instagram dan Facebook. Tanpa dinyana, gambar tersebut berhasil menjadi Trending Picture dan banyak netizen yang merasa penasaran dan ingin mengunjungi langsung Kebun Buah Mangunan.

Dari sisi lokasinya yang memang berada di atas bukit, Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan alam yang menawan dan sangat memanjakan mata. Bahkan jika momentnya tepat, Anda dapat menikmati gumpalan awan yang mengumpul di kaki bukit Mangunan, membuat Anda seolah berada di negeri atas awan yang menakjubkan.

kebun buah mangunan

Sesuai dengan namanya, di Kebun Buah Mangunan tentu saja Anda dapat menikmati berbagai macam buah – buahan yang dapat dipetik langsung dari pohonnya jika memang sedang musimnya. Beberapa pohon buah yang ada di Kebun Buah Mangunan adalah rambutan, mangga, jeruk, sawo, jambu air, matoa, manggis, duku, jambu biji, kelengkeng, belimbing, cempedak, hingga rajanya buah yaitu durian.

Harga yang ditawarkan  di Mangunan untuk menikmati buah – buahan tersebut juga cukup murah, sebut saja buah mangga dan jeruk dihargai Rp. 5.000/kg, lalu rambutan dihargai hanya Rp. 4.000/kg, jambu air hanya Rp. 2.000/kg. Sedangkan untuk buah durian yang berukuran kecil dihargai Rp. 15.000/buah, sedang Rp. 25.000/buah, serta durian berukuran besar seharga Rp. 50.000/buah.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Mangunan

Selain menikmati keindahan pemandangan alam dan memetik buah langsung dari pohonnya, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya di Kebun Buah Mangunan diantaranya :

Outbond

Untuk Anda yang hobi tantangan, cobalah untuk menaklukkan arena outbond yang tersedia di Kebun Buah Mangunan. Untuk menjajal berbagai wahana outbond seperti reflying, flying fox, jembatan goyang, dan sebagainya tersebut akan dikenakan biaya paket Rp. 200.000 untuk 10 orang. Dan jika Anda membutuhkan tempat indoor untuk keperluan acara tertentu, di Mangunan juga menyediakan ruangan berkapasitas 50 orang dengan harga sewa Rp. 100.000 untuk durasi 6 jam.

Camping

Bagi para pecinta alam maupun anggota pramuka yang membutuhkan lokasi untuk berkemah, Kebuh Buah Mangunan dapat menjadi alternatif menarik dan patut dicoba. Jika Anda hendak berkemah disini, maka cukup membayar Rp. 5.000/orang/hari kepada petugas pengelola obyek wisata Kebun Buah Mangunan.

Mancing Mania

Anda pecinta berat memancing? di Mangunan juga tersedia lho kolam pemancingan bagi Anda yang ingin menjajal sensasi jackpot disini. Anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 2.000 dan bebas memancing sepuasnya di kolam pemancingan Kebun Buah Mangunan.

Olahraga Sepeda Gunung

Terasa semakin lengkap, Kebun Buah Mangunan juga menawarkan lintasan bersepeda gunung bagi Anda yang mencintai olahraga ekstrim ini. Ada dua jenis lintasan disini, yaitu lintasan downhill sepanjang 2.300 m, serta lintasan crooscountry sepanjang 3.800 m. Anda hanya cukup membayar biaya sewa lintasan Rp. 50.000 untuk 5 orang sekaligus dan bebas meluncur deras di kedua lintasan sepeda gunung tersebut.

Swimming Pool

Di Mangunan juga terdapat dua buah kolam renang yang khusus disediaakan untuk anak – anak dengan kedalaman 1 meter. Nikmati serunya berenang dan bermain air bersama anak – anak Anda dengan cukup membayar karcis kolam renang seharga Rp. 2.000/orang.

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Agrowisata yang dibangun pada tahun 2003 oleh Pemkab Bantul dan berdiri diatas tanah seluas 23 hektar ini masuk dalam wilayah Desa mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Mangunan yang memiliki ketinggian 200 mdpl dan berada di dalam kawasan kaki Pegunungan Seribu ini dapat ditempuh dengan rute sebagai berikut :

  • Dari  Jalan Ringroad Selatan, tepat di lampu merah perempatan Terminal Giwangan Bantul Anda ambil arah selatan ke Jl. Imogiri Timur.
  • Susuri Jl. Imogiri Timur tersebut hingga bertemu perempatan Bakulan, ambil kiri.
  • Nah dari perempatan Bakulan ini Anda akan dipandu oleh papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan.

Obyek wisata Mangunan ini dibuka untuk umum pada jam 08.00 WIB dan ditutup pukul 16.00 WIB (kecuali berkemah), dengan harga tiket masuk Rp. 5.000/orang. Penasaran dengan Kebun Buah Mangunan? yuuk buruan ajak keluarga dan kerabat Anda untuk mengisi liburan anda di akhir pekan ini dengan mengunjungi obyek wisata alam Kebun Buah Mangunan. Selamat berakhir pekan dan selamat berlibur di Jogja.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *