Menikmati Sisi Romantisme Yogyakarta di Hutan Pinus Mangunan Menikmati Sisi Romantisme Yogyakarta di Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan – Apakah Anda salah satu penggemar berat film Twilight yang mendunia dengan kisah cintanya yang romantis itu? Jika iya, cobalah untuk... Menikmati Sisi Romantisme Yogyakarta di Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan – Apakah Anda salah satu penggemar berat film Twilight yang mendunia dengan kisah cintanya yang romantis itu? Jika iya, cobalah untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, siapa tahu bisa ketemu Edward Cullen disana. Kenapa bisa begitu? Sebab pemandangan menakjubkan dari Hutan Pinus Mangunan tersebut sangat mirip dengan lokasi syuting film yang sempat mendunia beberapa tahun lalu tersebut.

Sensasi hawa sejuk dengan pemandangan alam memukau langsung terasa sesaat setelah tiba di Hutan Pinus Mangunan. Ribuan pohon pinus yang berjejer rapi seperti para siswa sekolah yang sedang mengikuti upacara bendera. Begitu menakjubkan, apalagi jika Anda mengunjungi Hutan Pinus Jogja saat pagi hari antara pukul 07.00 – 10.00, yaitu ketika sinar matahari mulai menerobos diantara sela dedaunan pohon pinus, sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Menjadi Trending Picture di Situs Dunia 9GAG

Hutan Pinus Mangunan belakangan ini kian menjadi kebanggaan warga Jogja dengan semakin dikenalnya obyek wisata tersebut oleh dunia. Bagi Anda pecinta media sosial dan memiliki akun media sosial dunia 9GAG, tentu sudah paham apa yang Kami maksud. Benar sekali, foto – foto yang diambil dari Hutan Pinus Imogiri tengah menjadi trending topik di situs 9GAG dengan menuai komentar lebih dari 10.000 akun seantero dunia.

Entah siapa yang pertama kali iseng mengupload gambar Hutan Pinus Mangunan sehingga menjadi trending picture di situs 9GAG. Yang jelas, dari sekian komentar yang ada semakin membuat kita bangga betapa keindahan alam Indonesia selalu menyimpan potensi yang luar biasa.

Alasan utama yang membuat Hutan Pinus Mangunan begitu unik dan fenomenal adalah dengan adanya semacam auditorium terbuka layaknya sebuah panggung akbar pagelaran konser music kelas dunia. Sebab disana terdapat panggung setengah bundar bertingkat, yang dilengkapi dengan tempat duduk berundak melingkari panggung dimana semua ornament tersebut dibuat dari bahan baku pohon pinus yang diambil langsung dari Hutan Pinus.

hutan pinus mangunan

Panggung permanen hasil kreasi anak – anak asli Jogja tersebut semakin membuktikan betapa kreatifnya mereka. Bahkan dengan keberadaan Hutan Pinus Mangunan saja, mampu menyulap bahan baku yang ada menjadi sebuah karya seni yang diakui oleh dunia, setidaknya terkenal di jagad maya dengan beraneka spot terbaiknya.

Dimanakah Hutan Pinus Mangunan Berada?

Berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Jogja, Hutan Pinus Mangunan masuk dalam wilayah Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, serta dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih satu jam dari pusat Kota Jogja.

Bagi Anda yang penasaran dengan pemandangan alam Hutan Pinus Mangunan, berikut beberapa opsi rute yang dapat dilalui :

  • Start dari Kota Jogja, melaju ke Jl. Ringroad Selatan kemudian belok ke selatan di Jl. Imogiri Timur.
  • Terus ikuti Jl. Imogiri Timur hingga sampai di Pertigaan Imogiri lalu ambil kiri ke daerah Makam Raja – Raja Imogiri.
  • Kemudian sebelum sampai di Makam Raja – Raja Imogiri, terdapat pertigaan Anda ambil jalur kanan ke arah Mangunan.
  • Terus susuri jalan tersebut hingga sampai di pertigaan yang ada papan petunjuk, Kanan ke obyek wisata Kebun Buah Mangunan, sementara arah kiri ke Hutan Pinus Jogja.
  • Ambil kiri dan terus naik sekian ratus meter, nanti akan mulai tampak deretan pepohonan pinus sebagai tanda bahwa Anda telah sampai di obyek wisata Hutan Pinus Jogja.

Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Mangunan

  • Jalur sepeda yang cukup menantang bagi yang hobi bersepeda gunung
  • Sudah tersedia toilet umum
  • Terdapat gardu pandang untuk melihat view terbaik dari Hutan Pinus Jogja
  • Tersedia mushola sederhana yang cukup memadai untuk melakukan ibadah

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan

  • Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi, sebab tidak ada angkutan umum yang sampai ke Hutan Pinus
  • Jika menggunakan mobil pribadi, sebaiknya gunakan mobil dengan ground clearance tinggi sebab medan yang dilalui untuk menuju Hutan Pinus Jogja cukup terjal dan menanjak.
  • Jika Anda mengunjungi Hutan Pinus Jogja di saat musim hujan, waspada jalanan licin dan kabut yang mengganggu jarak pandang.
  • Dilarang membuang sampah apalagi punting rokok di area Hutan Pinus Jogja
  • Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman seperluya, sebab di Hutan Pinus Imogiri belum terdapat warung yang menjual makanan
  • Pastikan Anda berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri dengan penuh kesopanan, dengan tidak melakukan hal – hal asusila di tempat – tempat tersembunyi pepohonan pinus.

Untuk masalah biaya, Hutan Pinus Mangunan belum memberlakukan tiket retribusi bagi para wisatawan yang datang. Namun biasanya para pengunjung hanya ditarik uang parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil, serta Rp. 20.000 untuk parkir bus rombongan.

Waaahh sepertinya cuaca kali ini sedang bagus nihh .. Yuuuukk ambil kamera Anda dan Kita hunting spot – spot menarik di Hutan Pinus Mangunan …. !!!

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *