Gunung Api Purba Jogja, Wisata Alam dengan Panorama Indah Gunung Api Purba Jogja, Wisata Alam dengan Panorama Indah
Kangen mendaki gunung namun tidak memiliki waktu yang cukup ? Atau Anda pendaki pemula yang ingin mencoba mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi ?... Gunung Api Purba Jogja, Wisata Alam dengan Panorama Indah

Kangen mendaki gunung namun tidak memiliki waktu yang cukup ? Atau Anda pendaki pemula yang ingin mencoba mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi ? Cobalah untuk mendaki Gunung Api Purba Jogja yang berada di Dusun Nglanggeran Lor, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Jogja.

Hanya membutuhkan waktu pendakian kurang lebih 1 – 1,5 jam, Anda sudah dapat sampai di puncak Gunung Api Purba Jogja dan menjadi saksi keindahan panorama Jogja dari ketinggian. Bahkan jika cuaca mendukung dan Anda mendaki diwaktu yang tepat, sensasi sunset maupun sunrise di puncak Gunung Api Purba Jogja dapat menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Kami jamin spot menawan untuk diabadikan dalam foto Anda tidak akan kalah dengan puncak gunung tinggi yang sudah akrab dimata para pendaki gunung.

Meskipun kondang dengan nama gunung, namun memang bentuk dari Gunung Api Purba Jogja tidak seperti gunung pada umumnya. Bukit setinggi 700 mdpl ini lebih menyerupai batu raksasa yang ditumbuhi beraneka flora. Namun justru disitulah menariknya, maka tidak mengherankan jika Gunung Api Purba Jogja kini menjadi salah satu obyek wisata alam favorit di kawasan Jogja, utamanya Kabupaten Gunung Kidul.

Aktivitas Menarik di Gunung Api Purba Jogja

  1. Camping

Akhir pekan ini Anda bingung hendak kemana ? Camping di Gunung Api Purba Jogja bisa menjadi solusi terbaik. Sebab di Gunung Api Purba terdapat banyak camping ground yang tersebar di beberapa lokasi. Untuk Anda yang menginginkan camping ground yang luas, bisa memilih lokasi Puncak Gede, yaitu lokasi camping tepat dibawah puncak utama Gunung Api Purba Jogja.

Sementara jika pemandangan malam Kota Jogja menjadi tujuan Anda, maka dirikanlah tenda bersama teman – teman di lokasi dekat gazebo yang ada di daerah bawah Gunung Api Purba Jogja. Dari situ Anda dapat mengeksplorasi keindahan kerlap kerlip bintang buatan manusia, yaitu lampu – lampu Kota Jogja yang menakjubkan.

  1. Trekking

Apabila waktu Anda tidak cukup untuk melakukan camping, cobalah untuk memilih aktivitas trekking atau berjalan kaki menuju puncak Gunung Api Purba. Bagi Anda pendaki pemula, berbagai jalur trek menantang dan cukup beragam di Gunung Api Purba Jogja dapat menjadi arena latihan mendaki gunung tinggi yang sesungguhnya.

Beberapa jalur trekking yang akan dilewati diantaranya jalan tanah setapak, jalan berbatu, berjalan diatas conblok, berjalan menunduk di lorong sempit yang terapit diantara tebing bebatuan, hingga melintasi bebatuan besar – besar dengan bantuan pegangan tali. Dengan berbagai trek yang ada di Gunung Api Purba Jogja tersebut, pendaki senior pun akan merasa terhibur dan terobati jika kangen dengan mendaki gunung tinggi namun tidak memiliki cukup waktu.

  1. Panjat Tebing

Pilihan lainnya adalah mencoba olahraga ekstrim panjat tebing dengan menaklukkan tebing batu berbagai grade dan tingkat ketinggian tertentu yang dimiliki Gunung Api Purba Jogja. Tidak tanggung – tanggung, paling tidak terdapat hingga 28 rute pemanjatan dengan berbagai kesulitan yang dapat disesuaikan dengan tingkat kemahiran Anda. Namun untuk aktivitas panjat tebing ini, Anda diwajibkan untuk membawa peralatan memanjatb sendiri dari rumah, sebab pihak pengelola Gunung Api Purba Jogja belum menyediakan peralatan yang dibutuhkan tersebut.

  1. Sunset dan Sunrise

Nah bagi para sunrise maupun sunset hunter, Gunung Api Purba juga menjadi pilihan menarik untuk mendapatkannya. Untuk sunrise, Kami sarankan pilihlah puncak Gunung Api Purba sebelah timur, sebab diarea tersebut merupakan lokasi bebas halangan untuk mendapatkan spot terbaik disaat matahari terbit dipagi hari. Dari sini Anda juga dapat melihat obyek wisata terkenal lainnya di dalam satu komplek kawasan Gunung Api Purba Jogja yaitu Embung Nglanggeran.

Sementara untuk lokasi sunset, maka berpindahlah ke pos 1 dari Gunung Api Purba. Dari pos 1 tersebut, Anda akan disuguhi panorama Gunung Merbabu dan Kota Jogja yang lambat laun berubah menjadi samudra cahaya bersamaan dengan tergelincirnya matahari di ufuk barat.

  1. Kearifan Lokal Dusun 7 Kepala Keluarga

Apakah Anda juga termasuk pecinta wisata budaya ? Maka mengunjungi Dusun 7 Kepala Keluarga yang ada di Gunung Api Purba Jogja menjadi agenda wajib perburuan wisata budaya Anda selanjutnya. Dusun unik yang ada di puncak timur Gunung Api Purba tersebut bernama Dusun Tlogo Mardhido.

Sejak dahulu, kampung Tlogo Mardhido tersebut hanya dihuni oleh 7 kepala keluarga dan tidak boleh kurang maupun lebih dari angka 7. Jika ada salah satu anggota keluarga yang menikah, maka keluarga baru tersebut diharuskan keluar dari dusun untuk menjaga agar jumlah kepala keluarga yang ada tetap berjumlah 7 KK. Menurut penuturan warga setempat, jika jumlah KK kurang atau lebih dari 7, maka akan terjadi bencana maupun hal tidak menyenangkan yang menimpa dusun tersebut.

Harga Tiket dan Akses Menuju Gunung Api Purba Jogja

Dengan berbagai pilihan aktivitas yang ditawarkan, Anda cukup dengan membayar tiket sebesar Rp. 7.000 di siang hari, serta Rp. 9.000 di malam hari, sementara itu untuk turis mancanegara, hanya Rp. 15.000 saja. Sangat murah meriah apalagi dengan berbagai pilihan aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati di Gunung Api Purba Jogja bukan ?

Bagi Anda yang sudah tidak sabar, rute menuju Gunung Api Purba Jogja dapat ditempuh dengan waktu 1 jam dari Kota Jogja, yaitu menyusuri jalan Jogja – Wonosari hingga sampai di Pertigaan Patuk yang ditandai dengan adanya Polsek Patuk atau Radio GCD FM. Di pertigaan tersebut ambil kiri lalu ketemu Desa Ngoro – oro kemudian Desa Nglanggeran.

Apapun pilihan aktivitasmu, ayoo berlibur ke Gunung Api Purba Jogja… !!!

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *