Gumuk Pasir Parangkusumo Padang Pasir di Tanah Jogja Gumuk Pasir Parangkusumo Padang Pasir di Tanah Jogja
Gumuk pasir parangkusumo adalah fenomena alam padang pasir seperti Gurun Sahara. Jika belum tahu, cobalah mampir ke sekitar Pantai Parangtritis, Yogyakarta, lalu tanyakan dimana... Gumuk Pasir Parangkusumo Padang Pasir di Tanah Jogja

Gumuk pasir parangkusumo adalah fenomena alam padang pasir seperti Gurun Sahara. Jika belum tahu, cobalah mampir ke sekitar Pantai Parangtritis, Yogyakarta, lalu tanyakan dimana lokasi gumuk pasir parangkusumo, Anda akan dibuat takjub sekaligus bangga bahwa Indonesia memiliki beragam potensi wisata yang begitu eksotis dan langka yang dapat membuat Kita akan semakin cinta dengan tanah air ini.

Apa itu Gumuk Pasir Parangkusumo ?

Kata “Gumuk” berasal dari bahasa jawa yang berarti “gundukan” atau “timbunan”. Sementara Parangkusumo sendiri diambil dari lokasi dimana gumuk pasir tersebut berada yaitu diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, Yogyakarta. Tepatnya di daerah muara Sungai Opak yang bertemu dengan Pantai Parangtritis.

Pada mulanya fenomena alam Gumuk Pasir tidak begitu dipahami sebagai potensi wisata oleh masyarakat setempat, sebab warga sekitar yang tinggal di daerah tersebut menganggap gundukan pasir tersebut biasa saja. Namun setelah banyak peneliti dari luar negeri yang diantar oleh mahasiswa-mahasiswa UGM dari Fakultas Ilmu Geografi menyambangi daerah tersebut, barulah masyarakat mulai menyadari akan potensi alam Gumuk Pasir tersebut.

Proses Terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo

Fenomena alam Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta terjadi akibat adanya material abu vulkanik letusan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang terbawa arus oleh aliran air Sungai Progo dan Sungai Opak menuju muara hingga berkumpul di satu titik yaitu Pantai Parangtritis.

Secara terus-menerus material abu vulkanik tersebut berkumpul secara alami oleh ombak Pantai Parangtritis dan Pantai Depok hingga berubah menjadi pasir-pasir halus yang gampang terbawa angin kemudian terbentuklah gundukan seperti sekarang. Proses alami yang terjadi selama ribuan tahun ini membuat gundukan pasir tersebut terus melebar dan meninggi akibat terpaan angin pantai yang kencang.

Layaknya gurun pasir lainnya di dunia, Gumuk Pasir Parangkusumo juga memiliki suhu yang ekstrim. Pada siang hari, suhunya sangat panas menyengat, sementara di malam hari suhu Gumuk Pasir Parangkusumo akan berubah drastis menjadi sangat dingin. Karena alasan tersebut, Gumuk Pasir parangkusumo kini dijadikan sebagai lokasi untuk manasik haji Pemkab setempat untuk melatih calon jamaah haji agar mampu beradaptasi dengan cuaca di Mekkah nantinya.

Karakteristik material pasir yang ada di Gumuk Pasir ini kabarnya hanya ada dua di dunia. Pertama tentu saja di Yogyakarta, Indonesia, dan satunya lagi berada di Negara Meksiko. Alasan itulah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sedang didaftarkan sebagai Unesco World Heritage yang semakin membuat obyek wisata ini menjadi lokasi wajib bagi Anda yang hendak merencanakan liburan untuk melepas penat.

Bermain Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain menikmati keindahan fenomena alam yang langka tersebut, Anda juga dapat bermain sky seperti di gunung es, namun kali ini diatas Gumuk pasir atau biasa disebut dengan Sandboarding. Dengan panjang lintasan sekitar 200 meter, serta dengan ketinggian kurang lebih 20 meter, bermain sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo mampu menciptakan sensasi tersendiri bagi yang berani mencobanya.

Untuk tarif sandboarding yang dibandrol adalah Rp.70.000 sampai Rp. 150.000 tergantung lama durasi Anda bermain. Untuk masalah keamanan tidak perlu khawatir, pengunjung akan dikenakan helm, pelindung siku dan lutut, serta didampingi oleh pemandu yang mahir dan berpengalaman.

Sementara untuk tiket masuk menuju Gumuk Pasir Parangkusumo ini terbilang murah yaitu Rp. 3.000 namun belum termasuk parkir kendaraan pribadi jika Anda membawa motor atau mobil menuju obyek wisata tersebut.

Gumuk Pasir seluas 2 km persegi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang sebagai obyek wisata untuk memanjakan para pengunjung diantaranya warung makan, mushola, tempat parkir yang luas, took souvenir, toilet, klinik kesehatan, pos pemantauan wisatawan, hingga penginapan di sepanjang pantai.

Disini juga terdapat laboratorium penelitian dan museum ilmu kebumian dan geospasial sehingga Anda dapat memperoleh pengetahuan mengenai awal mula terbentuknya fenomena alam Gumuk Pasir Parangkusumo tersebut.

Akses menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta ini dapat melalui petunjuk jalan sebagai berikut :

  • Dari arah Tugu Jogja terus lurus kearah selatan melewati jalan Parangtritis hingga ketemu gapura besar pintu masuk obyek wisata Pantai Parangtritis.
  • Nah pas sebelum gapura tersebut, terdapat pertigaan besar ke kanan kearah Pantai Depok. Belok kanan dan ikuti jalan tersebut hingga ketemu pintu masuk Pantai Depok.
  • Pas sebelum pintu masuk Pantai Depok nantinya terdapat pertigaan ke kiri, ambil jalur kiri tersebut dan terus ikuti jalan hingga ketemu gundukan pasir yang luas dan sampailah Anda di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Oke demikian ulasan singkat mengenai obyek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang eksotis, jangan lupa untuk mengenakan kacamata dan topi pelindung kepala dari sengatan matahari yang panas jika berkunjung kesana yaa … happy holiday Kawaaan ….

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *