Gua Pindul, Menyusuri Sungai Bawah Tanah Nan Eksotis di Gunungkidul Gua Pindul, Menyusuri Sungai Bawah Tanah Nan Eksotis di Gunungkidul
Keindahan alam Provinsi Yogyakarta yang dipadu dengan kreativitas warganya untuk menjadikan sebuat tempat menjadi obyek wisata berpotensi kini melahirkan satu lagi obyek wisata yang... Gua Pindul, Menyusuri Sungai Bawah Tanah Nan Eksotis di Gunungkidul

Keindahan alam Provinsi Yogyakarta yang dipadu dengan kreativitas warganya untuk menjadikan sebuat tempat menjadi obyek wisata berpotensi kini melahirkan satu lagi obyek wisata yang patut dijadikan daftar destinasi Anda. Ialah Gua Pindul, wisata alam dengan menyusuri gua bawah tanah lengkap dengan aliran sungai yang mengalir di sepanjang lorong gua mulai dari mulut sampai ekor gua.

Gua Pindul adalah salah satu obyek wisata di kawasan Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Diawali dari ide beberapa mahasiswa UGM yang sedang melakukan KKN di Dusun Gelaran dan melihat potensi tersembunyi dari Gua Pindul, maka sejak tahun 2010 lalu Gua Pindul mulai diberdayakan oleh masyarakat sekitar dan kini termasuk dalam destinasi obyek wisata favorit bagi para wisatawan dari berbagai daerah bahkan turis mancanegara.

Aktivitas di Gua Pindul

Di dalam Gua Pindul, Anda akan diajak untuk menyusuri lorong gua yang dialiri oleh sungai sedalam 1 – 12 meter dengan menggunakan ban dalam besar. Itulah sebabnya pengelola setempat menyebutnya Cave Tubing Gua Pindul sebagai salah satu kegiatan yang ada di dalam gua ini.

Ban dalam atau tubing tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat duduk dengan nyaman diatas ban. Tidak lupa alat kelengkapan safety lainnya juga dikenakan kepada pengunjung Gua Pindul, seperti helm dan jaket pelampung berbentuk rompi yang mampu menahan beban hingga seberat 100 kg, sehingga pengunjung dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan Cave Tubing Gua Pindul tersebut.

gua pindul

Setelah seluruh alat penunjang keamanan dikenakan, pengunjung akan dipandu oleh guide Gua Pindul yang berpengalaman untuk menyusuri terowongan gua sepanjang 350 meter yang dapat ditempuh dengan waktu 40 – 60 menit. Sepanjang penelusuran gua Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan berbagai stalakmit dan bebatuan gua dengan berbagai ukuran dan keunikannya masing – masing.

Sebut saja Batu Stalaktit Tirai, Batu Stalaktit Mutiara, serta Batu Stalakmit Perkasa yang ada di zona dua penelusuran dengan bumbu mitos unik yang mengiringi bebatuan tersebut dan biasanya akan dijelaskan dengan gamblang oleh guide Anda nantinya.

gua pindul

Ada lagi batu stalaktit besar yang berukuran panjang 7 meter dan lebar hingga 5 rentangan tangan dewasa yang berada di tengah penelusuran dan diberi nama Soko Guru. Penamaan Soko Guru memang beralasan, sebab batu besar tersebut memang menjadi tiang penyangga dua bukit yang berada tepat diatas Gua Pindul yang Anda telurusi. Bahkan kabarnya Soko Guru tersebut termasuk empat besar stalaktit terbesar di dunia lho .. menakjubkan bukan?

gua pindul

stalaktit soko guru

Harga Tiket Gua Pindul

Karena awalnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat, selanjutnya Gua Pindul dikelola oleh warga yang tergabung dalam beberapa grup atau provider yang bertugas untuk melayani dan memandu para wisatawan. Secara resmi ada 2 nama provider yang didaulat sebagai pengelola utama, sedangkan provider lainnya tetap dapat melayani para wisatawan meskipun harus didampingi oleh provider utama.

Untuk harga menyusuri gua ini, Anda cukup merogoh kocek Rp. 35.000, angka nominal tersebut sudah termasuk berbagai fasilitas seperti ban dalam dan jaket pelampung, basecamp yang luas dan nyaman, alat transportasi menuju lokasi penelusuran gua, pemandu profesional, free welcome drink, free hotspot hingga asuransi kecelakaan.

Sementara jika Anda mengambil paket Gua Pindul dan Tubing River Sungai Oyo, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 50.000 berikut semua fasilitas yang tadi disebutkan. Tubing River Sungai Oyo yang lokasinya berdekatan dengan gua ini adalah wisata menelusuri Sungai Oyo sepanjang 3 km menggunakan ban dalam dengan pemandangan bebatuan karst khas Gunungkidul.

gua pindul

Rute Menuju Gua Pindul

Untuk Anda yang bertolak dari Kota Jogja dan hendak berlibur ke Gua Pindul, ikuti saja jalan raya Jogja – Wonosari hingga sampai di lampu merah Pertigaan Gading. Sesampai di pertigaan tersebut, ambil kiri dan terus lurus kurang lebih 3 km hingga sampai di Bunderan Perempatan Siyono yang ditandai dengan adanya air mancur di tengah bunderan.

Di Perempatan Siyono tersebut Anda ambil arah ke kanan yaitu Jl. Ringroad Wonosari hingga sampai di Perempatan Ringroad Bejiharjo. Jika sudah sampai di perempatan tersebut, Anda akan langsung menemukan pos penjemputan wisata Gua Pindul, setelah itu nantinya Anda akan diantar oleh salah satu orang bertugas di pos penjemputan tersebut untuk menuju basecamp utama.

Gua Pindul merupakan salah satu destinasi dari rangkaian perjalanan Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam “Telung Ndino Plesir Nang Jogja” yang kami peruntukkan bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan

 

goa pindul

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *