Goa Kalisuci : Menikmati Seru dan Indahnya Cave Tubing Kalisuci Goa Kalisuci : Menikmati Seru dan Indahnya Cave Tubing Kalisuci
Goa Kalisuci – Weekend ini travelers sudah punya rencana untuk refreshing ?. Mau relaks dengan wisata pantai dan bermain air, wisata pegunungan, atau mau... Goa Kalisuci : Menikmati Seru dan Indahnya Cave Tubing Kalisuci

Goa Kalisuci – Weekend ini travelers sudah punya rencana untuk refreshing ?. Mau relaks dengan wisata pantai dan bermain air, wisata pegunungan, atau mau coba wisata menyesuri goa ?. Travelers bingung menyesuaikan waktu dengan weekend yang singkat, tapi pengen nyobain semua wisata? Kami punya tips nih buat anda, anda bisa menikmati waktu weekend anda yang singkat dengan pengalaman yang luar biasa. Coba saja anda berkunjung ke Goa Kalisuci yang berada di desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Berjarak sekitar 60 Km dari arah Jogja. Yang memakan waktu 1,5 – 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Ada apa aja sih di Goa Kalisuci ? Mengapa disebut Kalisuci ? Apa mandi disana bisa mensucikan diri ? Baca artikel ini sampai selesai ya travelers biar tidak salah mengartikan.

International Union Of Speleology telah melakukan penelitian pada tahun 1993 dan mengusulkan agar kawasan karst Gunungsewu termasuk didalamnya adalah Goa Kalisuci masuk dalam salah satu warisan alam dunia. Setelah itu, pada 6 Desember 2004 silam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan wilayah Goa Kalisuci menjadi kawasan eko karst.

Disebelah atas Goa Kalisuci terdapat sumber mata air dimana airnya sangat jernih karena aliran ini berasal dari mata air pegunungan yang masih terlindungi, dan tetap jernih walaupun aliran tersebut keruh ketika musim hujan. Dari hulu aliran Goa Kalisuci akan terus menyusuri celah-celah batuan gua karst dan bermuara ke pantai baron. Mata air ini dulunya merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Itulah sebabnya aliran ini dinamakan Kalisuci karena dalam keadaan apapun airnya selalu bersih dan jernih.

Karena air dari sumber Goa Kalisuci sangat jernih, banyak yang mengatakan walau air di Goa Kalisuci tidak dimasak bisa langsung diminum tanpa takut akan sakit. Tapi untuk menjaga kenyamanan kita saat berlibur, ada baiknya kita tidak sembarangan meminum sesuatu yang belum jelas pH nya ya guys.

Menurut cerita warga setempat sumber mata air Goa Kalisuci dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Eits kita tidak untuk mencari cerita misteri yaa, tapi pemandangan yang luar biasa indahnya yang bisa menghilangkan kepenatan setelah sepekan bergelut dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Kita bisa melihat tebing-tebing batu kapur yang begitu indah ditambah air yang jernih akan sangat menyegarkan. 

Aktivitas yang di lakukan di Goa Kalisuci

Lokasi Goa Kalisuci yang pas dan viewnya yang eksotik, membuat para penduduk setempat memanfaatkan Goa Kalisuci untuk ecotourism berupa cave tubing. Untuk yang belum tahu, Cave tubing sendiri adalah sebua kegiatan wisata penyelusuran gua dan body rafting. Artinya, anda tidak hanya menyusuri gua saja, namun juga sekaligus mengarungi sungai yang memiliki beberapa tingkat jeram rendah dengan menggunakan ban sebagai pelampung.

Dengan biaya Rp. 65.000/orang (minimal 5 orang) layaknya sebuah tour dengan seorang tour guide yang akan menceritakan hal – hal penting yang berkaitan dengan Cave Tubing di Goa Kalisuci selama perjalanan berlangsung. Semua peralatan serta perlengkapan untuk melakukan cave tubing di wisata Goa Kalisuci, diantara mulai dari ban, goa kalisucijaket pelampung, pengaman lutut/siku, helm serta headlamp sudah disediakan, termasuk seorang pemandu yang akan menemani untuk menjaga keselamatan para wisatawan yang sedang menikmati keindahan Goa Kalisuci.

Dinginnya aliran air sungai Goa Kalisuci yang tampak berwarna biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, inilah suguhuan pemandangan tebing karst, serta daun-daun yang meranggas dari pohonnya, sehingga tercipta suasana harmoni alam yang mempesona. Menyusuri aliran sungai yang berkelok – kelok, perlahan namun pasti sinar matahari mulai menghilang, berganti dengan suasana remang hingga gelap. Satu – satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp.

Anda juga bisa swimming di sungai yang panjangnya kurang lebih 600 m dengan kedalaman antar 1 – 3 meter ini. Atau anda juga bisa berbaring di atas air bersama teman – teman anda dan berpegangan tangan mengikut aliran air Goa Kalisuci. Adapun hal menarik yang sering dilakukan orang – orang saat berada di sungai yaitu free jumping atau terjun bebas. Ya anda bisa melakukan ini, jika kalian berani. Tapi ingat ya travelers kalian harus tanya pemandunya dulu, tempat – tempat mana saja yang aman untuk digunakan sebagai lokasi free jump di Goa Kalisuci.

goa kalisuci

Satu lagi ini informasi penting untuk mempersiapkan batin dan rohani anda, hehehe. Anda juga harus berjalan kaki menyusuri jalan yang menghubungkan basecamp dan lokasi cave tubing di Goa Kalisuci. Perjalanan saat berangkat sih anda hanya perlu turun tangga. Nah, yang menyebalkan adalah jalan pulangnya. Anda harus trekking menaiki tebing dengan berpegangan pada seutas tali yang cukup menguras energi.

Rute menuju Goa Kalisuci dari Jogja :

Bagi anda yang sudah mengatur moda transport yang akan di gunakan ke Goa Kalisuci, baik menggunakan roda empat atau angkutan umum, berikut petunjuk yang paling dekat menuju lokasi wisata Goa Kalisuci :

  1. Bagi anda yang dari arah Jogja ambil jalur menuju Piyungan, Patuk.
  2. Setelah itu ke arah pertigaan Lanud TNI AU Gading lurus saja menuju Siyono ke Alun-alun Wonosari arah Baleharjo
  3. Setelah sampai di Jembatan Jirak Semanu, segera menuju ke Perempatan timur Jembatan Jirak ambil arah kanan kemudian ke arah Pasar dan Terminal Semanu.
  4. Nanti apabila sudah menemukan Pasar dan Terminal Semanu ada Pertigaan Lapangan Tri Wana Sakti ambil arah kanan kemudian setelah ± 800 meter masuk pintu gerbang kawasan wisata Goa Kalisuci di kanan ( Utara ) jalan.

Apabila teman – teman menggunakan GPS ketik aja Goa Kalisuci dan anda akan mendapati beberapa jalur alternatif yang bisa travelers gunakan, tunggu apa lagi, segera atur liburan anda ke Goa Kalisuci,. kami tunggu ya…

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *