Goa Cerme, Goa Peninggalan Sejarah di Yogyakarta Goa Cerme, Goa Peninggalan Sejarah di Yogyakarta
Saat liburan ke Yogyakarta, jangan hanya ke Keraton maupun Malioboro saja ya. Masih banyak lho destinasi menarik wisata Yogyakarta, salah satunya adalah Goa Cerme... Goa Cerme, Goa Peninggalan Sejarah di Yogyakarta

Saat liburan ke Yogyakarta, jangan hanya ke Keraton maupun Malioboro saja ya. Masih banyak lho destinasi menarik wisata Yogyakarta, salah satunya adalah Goa Cerme yang terletak dalam wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini.

Goa Cerme merupakan goa peninggalan sejarah yang ada di dusun Srunggo, desa Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul. Berjarak 20 km dari pusat Kota Jogja ke arah selatan, goa ini banyak dikunjungi para wisatawan maupun para pertapa yang hendak bersemedi, maka bagi warga setempat, goa tersebut sudah terkenal kemistisannya sejak dahulu.

Dengan panjang trowongan hingga 1,5 km, ujung trowongan goa ternyata tembus hingga Wilayah Kabupaten Gunungkidul, yaitu tepatnya di daerah Panggang, desa Ploso, Kecamatan Giritirto, Gunungkidul. Selain Goa Cerme, di sekitar area tersebut juga terdapat beberapa goa lainnya seperti Goa Ledek, Goa Dalang, Goa Badut, serta Goa Kaum yang sering didatangi para peziarah untuk melakukan semedi di malam – malam tertentu.

Penyebutan kata “Cerme” sendiri awalnya berasal dari kata “ceramah”, lalu karena kepleset lidah oleh warga setempat maka berubah menjadi cerme. Memang konon awalnya dulu goa ini adalah tempat bagi para walisongo melakukan ceramah untuk menyebarkan agama islam di daerah Jawa. Bahkan menurut juru kunci setempat, goa ini dulunya sering digunakan para walisongo disaat pembahasan hendak dibangunnya Masjid Agung Demak Bintoro.

Nuansa Keindahan Goa Cerme

Tidak hanya aura mistisnya saja yang kuat, nuanasa keindahan dari goa pun sangat memikat sehingga memang sangat pantas disebut sebagai obyek wisata alternatif di Jogja. Saat menelusuri goa, Anda akan langsung disuguhi air yang sangat jernih setinggi 1 meter di sepanjang trowongan, dimana air tersebut memang menggenangi jalan trowongan yang akan Anda lewati menuju ujung Goa Cerme.

Di goa ini Anda juga akan menikmati berbagi macam fenomena alam khas di dalam goa seperti stalakmit, stalaktit, gourdam, canopy, gordin, flowstone, serta sungai bawah tanah yang sangat jernih hingga airnya dapat langsung Anda minum saat itu juga tanpa dimasak terlebih dahulu.

Layaknya tempat pertemuan untuk melakukan ceramah keagamaan, di dalam goa juga terdapat beberapa ruangan tersendiri yang semakin menegaskan bahawa Goa tersebut dulunya memang pernah dihuni atau dimanfaatkan oleh warga setempat. Diantara ruangan yang ada di Goa Cerme antara lain Gedung Sekakap, Kraton, Kahyangan, Watu Gilang, Panggung Pertemuan, Air Zamzam, Lumbung Padi, Watu Kaji, Mustoko, Air Suci, Grojogan Sewu, Pelungguhan atau Paseban, Gamelan, Watu Gantung, hingga Air Penguripan.

Dengan banyaknya ruangan bersejarah tersebut, serta berbagai kesaksian masyarakat setempat mengenai kemistikan Goa Cerme, maka goa ini merupakan salah satu tempat favorit di Jogja bagi para pelaku tirakat untuk melakukan semedi. Menurut pihak pengelola goa, para pelaku tirakat biasanya memulai semedi di hari selasa wage maupun jemuah kliwon, sambil membawa bunga 7 rupa, dupa, hingga kemenyan sebagai wewangian yang menambah kesan keangkeran dari goa tersebut.

Tips Berwisata ke Goa Cerme

  1. Persiapkan fisik dan mental

Menelusuri Goa Cerme harus dengan fisik dan mental yang prima mengingat di dalam goa yang gelap gulita, bentuk trowongan yang kadang menyempit, serta akses jalan setapak yang tertutup tinggi air sungai bawah tanah yang membuat Anda harus ekstra hati – hati. Sebaiknya Anda juga membawa pakaian ganti seperlunya sebab perjalanan menelusuri goa tersebut adalah perjalanan yang basah dan kotor.

  1. Jasa Tourguide

Banyaknya ruangan dan sekat yang ada di dalam goa membuat kemungkinan tersesat bagi para wisatawan baru sangatlah tinggi, untuk itu sebaiknya sewalah jasa tourguide yang banyak ditemui di mulut goa untuk memandu penelusuran Anda kedalam goa tersebut. Selain pemandu, Anda juga wajib membawa alat penerangan  seperti senter, obor maupun petromaks yang dapat Anda sewa di tempat penyewaan alat sekitar goa.

  1. Obyek Wisata Dewasa

Goa Cerme adalah salah satu obyek wisata yang cukup ekstrim, menelusuri setiap terowongan goa cukup menguras fisik dan mental Anda, oleh sebab itu, sebaiknya tidak membawa anak dibawah umur saat berwisata ke goa tersebut. Menurut pengelola setempat, obyek wisata Goa Cerme hanya boleh dimasuki oleh anak diatas 14 tahun atau seusia SMP. Namun jika Anda terpaksa membawa anak – anak, sebaiknya agar sekedar melihat keindahan Goa Cerme dari luar saja.

Biaya Berwisata di Goa Cerme

Untuk Anda yang penasaran dengan keindahan Goa Cerme, datanglah ke lokasi obyek wisata diantara pukul 07.00 – 17.00 disaat pengelola setempat sudah siap menerima para wisatawan. Sementara itu untuk biaya berkunjung ke goa ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tiket masuk pintu utama : Rp. 2.500
  2. Tiket masuk menelusuri Goa Cerme : Rp. 2.000
  3. Parkir sepeda motor : Rp. 2.000
  4. Sewa Headlamp : Rp.5.000
  5. Jasa Tourguide : Rp. 30.000 – Rp. 50.000

Untuk Anda yang menyukai permainan rafting, Anda juga dapat menikmati rafting di area sungai bawah tanah di dalam Goa Cerme dengan biaya Rp. 120.000 melalui agen wisata goa. Sementara untuk fasilitas dari pengelola, sudah ada beberapa fasilitas penunjang selayaknya obyek wisata diantaranya meeting point, toilet, mushola, warung makan, serta pusat informasi bagi para wisatawan Goa Cerme.

Sedangkan jika Anda penyuka tirakat dan hendak mencoba aura spiritual dari goa tersebut, silakan menghubungi langsung dengan juru kunci Goa Cerme dengan cara menanyakannya kepada petugas informasi disana.

Jadi …. Ingin sekedar wisata menelusuri keindahan stalakmit, atau bersemedi mencari wangsit di Goa Cerme ? Apapun pilihan Anda, ayoo buruan berkunjung ke Goa Cerme .. !!!

 

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *