Destinasi Wisata Baru Di Desa Mangunan Itu Bernama Watu Goyang Destinasi Wisata Baru Di Desa Mangunan Itu Bernama Watu Goyang
Destinasi wisata baru – Kabupaten Bantul memang kaya banget dengan wisata alamnya. Salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini patut di acungi... Destinasi Wisata Baru Di Desa Mangunan Itu Bernama Watu Goyang

Destinasi wisata baru – Kabupaten Bantul memang kaya banget dengan wisata alamnya. Salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini patut di acungi jempol dengan pengelolaan potensi wisatanya. Demikian halnya dengan Kecamatan Dlingo yang berada dalam satu wilayah di Kabupaten Bantul yang memiliki sebuah desa bernama Desa Mangunan.

Pertinyiinnyiii… ada apa dengan DESA MANGUNAN?

Masih ingat dengan destinasi wisata Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, dan Rumah Hobbit Mangunan? Atau workshop yang berderet di Mangunan? Kerajinan kayu dan uniknya pembuatan kerangka keris di Mangunan? Itulah Desa Mangunan, sebuah desa dengan potensi destinasi wisata agrowisata, kerajinan tangan, cinderamata, dan alam pedesaan yang masih alami.  

Nah brader and sista, kali ini rumahwisata akan lebih spesifik lagi mengulas destinasi wisata baru di Desa Mangunan yang lagi di gandrungi akhir – akhir ini. Apalagi kalau bukan destinasi wisata bernama Watu Goyang yang tepat berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang resmi di buka pada bulan Maret 2017 lalu.

Apa Sih Yang Menarik di Destinasi Wisata Watu Goyang?

Nama Yang Unik

Ohhooii… dari namanya saja sudah menarik guys.. Watu Goyang, sama – sama hitsnya dengan Jaran Goyangya Nella Kharisma.. mueheee… Destinasi wisata Watu Goyang jadi tempat yang sedang di buru oleh penggemar foto outdoor dan para pecinta wisata alam karena keunikan dan keelokannya.

Dalam bahasa Jawa, watu artinya batu. Dinamai Watu Goyang karena berasal dari batu besar yang bergoyang – goyang apabila disentuh atau didorong dengan tangan. Keunikannya batu besar ini terlihat dari stukturnya yang memuat tonjolan – tonjolan antik.

destinasi wisata

Meski saat disentuh saja bergoyang, namun pengelola setempat mengatakan bahwa goyangannya masih tergolong aman, batu besar ini tidak akan pernah roboh saat didorong ataupun dipanjat. Meskipun begitu, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan pengunjung tidak diperbolehkan memanjat batu ini.

Menikmati Lanskap Menakjubkan Dari Atas Puncak

Kamu dapat melihat indahnya pemandangan alam nan hijau dan Kota Yogyakarta dari atas puncak dimana lokasi Watu Goyang ini berada. Bahkan dari atas puncak kamu dapat melihat dari jauh tempat Pemakaman Raja – raja Mataram Imogiri, garis Pantai Laut Selatan dan deretan pantai lainnya. Selain itu kamu juga akan dapat melihat keindahan Gunung Merapi, Gunung Sumbing dan Gunung Merbabu yang mempesona.

destinasi wisata

Menikmati Sunrise dan Sunset

Lokasi yang pas untuk menyambut matahari pagi di destinasi wisata Watu Goyang yaitu berada dekat plang yang bertuliskan Watu Goyang di puncak bukit dan menghadap ke timur. Kamu akan menyaksikan munculnya matahari secara perlahan – lahan dengan rona warna merahnya yang mempesona. Saat menjelang sore hari kamu akan melihat sunset dalam keadaan sempurna.

destinasi wisata

Naah, khusus buat kamu yang ingin merasakan romantismenya malam di atas puncak, datang saja ke sini saat menjelang senja. Dan kerlap – kerlip romantisnya Jogja bakalan bisa kamu lihat dari puncak Watu Goyang.

destinasi wisata

Selain pemandangan dari atas puncak bukit yang memanjakan mata, hati, dan ngefresh pikiranmu, destinasi wisata Watu Goyang yang berada di Desa Mangunan ini juga memiliki spot – spot instagrammable yang unik dan asik.

Spot Foto Di Helikopter

Spot foto paling ngehits di antara semua spot foto di destinasi wisata ini adalah spot foto di helikopter yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu berwarna hijau loreng.

destinasi wisata

Berbunga – Bunga Di Tengah Kebun Bunga

Bagi kamu yang suka dengan bunga, tempat ini cocok buat kamu, karena di destinasi wisata Watu Goyang ini terhampar kebun bunga matahari dan bunga – bunga lainnya yang akan membuat fotomu kelihatan lebih anggun, lebih cantik dan lebih berwarna. Cekrek…cekrek… bunga bunga di mana – mana.. hehehe..

destinasi wisata

Spot Foto I Love U

Yang lagi fallin in love bisa cobain foto di sini. Spot foto bertuliskan I Love U yang terbuat dari rangkaian potongan bambu ini bisa jadi ajang kamu berfoto mesra dengan pasanganmu atau single foto romantismu di kala kamu masih sendiri.. ciiieeee…

destinasi wisata

Menyusuri Jembatan Gantung

Yang tidak kalah menarik lainnya di destinasi wisata Watu Goyang ini adalah menyusuri jembatan gantung memanjang yang terbuat dari kayu dan susunan bambu yang tertata rapi dari awal sampai akhir jembatan. Di tempat ini kamu akan merasakan sejuknya udara dan asrinya pemandangan alam sekitar yang kamu lewati. Sungguh mengesankan guys..

destinasi wisata

Rute Menuju Watu Goyang

Untuk menuju lokasi detinasi wisata Watu Goyang sangatlah mudah. Apabila kamu berada di pusat Kota Jogja hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Dari pusat Kota Jogja menuju ke Jalan Imogiri Timur ke selatan sampai di Pasar Imogiri, lalu ambil jalan ke kiri menuju arah Pemakaman Raja – raja Mataram, kemudian ambil arah ke Mangunan sampai bertemu dengan gapura Watu Goyang di sebelah kiri jalan. Cukup mudahkan guys?

destinasi wisata

Biaya Retribusi

Tiket masuk di destinasi wisata Watu Goyang ini untuk sementara masih gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp. 3.000 untuk biaya parkir motor, Rp. 7.000 untuk parkir mobil dan Rp.15.000 untuk parkir bus.

Okay guys, semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi referensi saat kamu liburan nanti atau liburan di akhir pekanmu. Nantikan ulasan menarik lainnya dari rumahwisata yang tentunya membuat hidupmu lebih hidup…

destinasi wisata

*foto diambil dari berbagai sumber

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *