Desa Wisata Jogja (I) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja Desa Wisata Jogja (I) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja
Desa Wisata Jogja – Disini kami akan mengulas beberapa desa wisata Jogja, dimana tempat – tempat ini bisa di jadikan sebagai alternatif wisatawan yang... Desa Wisata Jogja (I) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja

Desa Wisata Jogja – Disini kami akan mengulas beberapa desa wisata Jogja, dimana tempat – tempat ini bisa di jadikan sebagai alternatif wisatawan yang ingin merasakan asri dan nyamannya kehidupan di pedesaan yang ada di Yogyakarta.

1. Desa Wisata Tanjung

Desa Tanjung sebagai salah satu Desa Wisata Jogja yang meliputi tiga pendukuhan, yakni Pendukuhan Banteran, Pendukuhan Panasan, dan Pendukuhan Bantarjo dalam wilayah Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Desa ini memiliki beberapa potensi sebagai daya tarik wisata, anatara lain :

Joglo Tanjung sebutan untuk sebuah bangunan adat Jawa berbentuk joglo yang terletak di dusun Tanjung, dan umur bangunan ini sudah lebih dari 200 tahun. Salah satu Desa Wisata Jogja ini pun memiliki hamparan persawahan yang cukup luas. Travelers dapat belajar dan merasakan langsung bagaimana cara mengelola tanah, menanami, sampai memanen hasil pertanian hingga siap disajikan sebagai makanan pokok masyarakat. Hal yang baru bukan, bagi anda yang hidup di perkotaan, dengan begitu travelers bisa melepas kepenatan dan kejenuhan rutinitas anda sebelumnya.

desa wisata jogja

Setiap Desa Wisata Jogja pasti memiliki potensi kesenian tradisional, Desa Tanjung memiliki kesenian Angguk putri, Pekbung, Jathilan, Tari Klasik, Karawita, Hadroh, dan Sholawatan. Dan Desa Wisata Jogja ini memiliki potensi kerajinan atau home industri, diantaranya, Batik, Mainan Anak, dan Makanan Tradisional.

2. Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Jogja Pentingsari ditetapkan sebagai Desa Wisata Jogja pada tanggal 15 mei 2008. Desa ini diapit oleh dua sungai yaitu kali kuning di sebelah barat, dan di sebelah timur adalah kali pawon.Sebelah selatan terdapat lembah yang berupa Goa Ledok, dan di bagian utara merupakan daratan yang berhubungan langsung ke pelataran gunung merapi. Itulah sebebnya Desa Pentingsari memiliki banyak objek wisata.

Saat berkunjung ke Desa Wisata Jogja ini, travelers akan disajikan suasana pedasaan yang nyaman dengan penginapan tradisional dengan bangunan terbuat dari kayu, sehingga membuat kesan menyatu dengan alam. Jadi, travelers tak akan bosan saat datang kesini, karena akan banyak list objek wisata yang wajib anda kunjungi. Diantaranya, Pancuran Suci Sendangsari, Luweng, Rumah Joglo, Batu Dakon, Batu Persembahan, dan Ponteng atau tempat pertemuan suangai kuning dan sungai pawon di ujung selatan Dusun Pentingsari, dipercaya ada sebuah goa disana sebagi tempat persinggahan ular besar anak dari baruklinting yang singgah di gunung merapi.

desa wisata jogja

So travelers, kondisi alam di Desa Desa Wisata Jogja ini sangat sejuk, mungkin karena lokasinya yang dekat dari pegunungan dan rindangnya berbagai jenis tanaman,begitu sejuk. Traking yang mengasikkan travelers, menyusuri sungai, melewati hamparan sawah, melewati di tengah rendahnya berbagai jenis tanaman kehutanan.

3. Desa Wisata Rumah Domes

Desa Wisata Jogja yang berikutnya adalah Rumah Domes atau dikenal dengan Rumah Teletubbies. Rumah yang berbentuk setengah lingkaran yang di bangun untuk korban bencana gempa bumi di Yogyakarta pada tahun 2006. Rumah dengan design unik ini dirancang agar tahan terhadap guncangan gempa. Karena bentuknya setengah lingkaran dan sangat mirip dengan rumah yang ada di film animasi teletubbies dulu, makanya rumah ini disebut Rumah Teletubbies.

Desa Wisata Jogja ini bukan hanya satu Rumah Teletubbies yang kita temukan, tetapi semua rumah yang ada di desa ini berbentuk dum atau tenda setengah lingkaran. saat gempa 2006 lalu mengakibatkan semua rumah warga di Desa Ngelepen rubuh dan tak bisa ditempati lagi. Oleh karena itu, para penduduk Desa Ngelepen di evakuasi ke tempat yang lebih aman. Kemudian Ali Alabar selaku pemilik Emaar Property Dubai menjadi donatur tunggal dari pembuatan rumah tersebut yang di berikan kepada penduduk Ngelepen. Peresmian New Ngelepen dan penyerahan rumah teletubbies ini dilakukan pada tanggal 29 April 2007. Inilah rumah teletubbies yang ada di Desa Nglepen, Prambanan, Sleman, Yogyakarta yang menjadi satu – satunya kompleks rumah dome yang ada di Indonesia dan juga di Asia.

desa wisata jogja

Seperti pada pedesaan pada umumnya, Desa Wisata Jogja ini berpenghuni ya travelers, terdapat sekitar 80 unit Rumah Dome, diantaranya 71 unit rumah hunian, 6 MCK untuk umum,dan Fasilitas umum yaitu musholla, aula, dan poliklinik. Bangunan fasilitas umumnya pun berbentuk Dome. Bagi travelers yang ingin melihat ke dalam bangunan unik tersebut, travelers cukup membayar tiket masuknya Rp. 1.500 per orang. Adapun sajian atraksi yang menarik dari Desa Wisata Jogja ini yaitu situs kajian yang diyakini sebagai tempat dimana berkumpulnya roh – roh raja di tanah jawa, belik wunut yaitu sungai air jernih dengan dua mata air yang memiliki rasa berbeda,dataran dayakan uang merupakan spot yang tinggi untuk melihat pemandangan terbenamnya matahari di Gunung Merapi. So, travelers tidak akan sia – sia bila berkunjung ke Desa Wisata Jogja ini, karena dome’s view akan membuat anda serasa tinggal di dunia teletubbies.

4. Desa Wisata Karangtengah

Desa Wisata Jogja selanjutnya adalah Karang tengah terkenal dengan area hutan jambu mete yang sangat luas. Sejak 2005 areal tersebut sudah mulai ditanami jambu mete atas anjuran Gusti Pembayun. Setiap kepala keluarga diserahi lahan seluas 2000 m2 untuk ditanami jambu mete. Selain buahnya yang dapat dijual, di pohon – pohon jambu mete ini juga dikembangkan ternak ulat sutra liar. Potensi kerajian juga ada di Desa Wisata Jogja ini, seperti batik tulis dengan pewarna alami, sentra pengrajin rangko keris, pengrajin bubut kayu, kripik peyek, bakpia, dan jamu instan.

Desa Wisata Jogja karang tengah yang terletak di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Berada di ketinggian 250 m diatas permukaan laut, dari sini wisatwan dapat menikmati pemandangan bukit – bukit yang indah. Dan sebagai Desa Wisata Jogja, disini juga menyediakan 20 rumah homestay, 5 gasebo, 1 ruang pameran, 1 rumah untuk laboratorium ulat sutra, dan 1 rumah jaga.

desa wisata jogja

Dengan berbagai potensi Desa Wisata Jogja, Desa Karangtengah memiliki wisata budaya seperti gamelan, kerawitan, jathilan, seni bergodo keprajuritan, laras madyo, dan saggar seni laskito mas. Wisata belanja tentunya batik di showroom Kasiutri, dan kuliner. Untuk wisata edukasi travelers akan diajarkan cara membatik, membuat rangko keris, dan bubut kayu.

5. Desa Wisata Nglinggo

Berikutnya Desa Wisata Jogja yang lain adalah Desa Wisata Nglinggo, berada pada ketinggian 900 – 1000 m di atas permukaan laut. Sebuah pegunungan menoreh, karena letaknya di puncak maka tak heran jika di desa ini berhawa sejuk disiang hari dan dingin dimalam hari. Kabutpun akan menyelimuti Desa Wisata Jogja ini pada pagi hari dan menjelang sore, seolah – olah kita berada di negri atas awan. Travelers juga akan menemui sungai yang jernih, bukit – bukit kecil, sserta pohon pinus yang menghampar. Sehingga anda bisa menikmati udara segar di dalam hutan pinus. Desa Nglinggo ini merukapan Desa Wisata Jogja yang bersejarah, sebagai buktinya saat ini pengunjung bisa menjumpai adanya tiga petilasan yang banyak ditumbuhi pepohonan besar yang berumur ratusan tahun. Dan Desa Wisata Jogja ini di jaga kelestariannya oleh masyarakat setempat dan menjadi objek wisata spiritual.

desa wisata jogja

Seni budaya yang menjadi kebanggan Desa Ngilinggo yaitu Lengger Tepeng dan Lengger Anak. Adapun beberapa pelukis yang tinggal dan membuat studio serta bekerja seni di desa ini. Makanan khas dari desa ini adalah tawonan, nasi rempah, klemet, geblek, dan gula aren.
Karena berada di perbukitan, maka Desa Wisata Jogja ini menyediakan lahan untuk bumi perkemahan bagi wisatawan. Hemparan kebun teh, dan pemandangan sang surya, serta suasana yang suyi dan tenang menjadi andalan yang pas untuk bersantai.

masih banyak desa wisata jogja lainnya yang akan kami ulas,..soo tunggu ya ulasan kami desa wisata Jogja untuk bagian ke – dua nya…

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *