Desa Wisata Jogja (II) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja Desa Wisata Jogja (II) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja
Desa Wisata Jogja – Berikut ini ada kelanjutan dari ulasan artikel kami yang sebelumnya tentang beberapa Desa Wisata Jogja bagian pertama, sebenarnya masih banyak... Desa Wisata Jogja (II) – Beberapa Desa Wisata Yang Ada di Jogja

Desa Wisata Jogja – Berikut ini ada kelanjutan dari ulasan artikel kami yang sebelumnya tentang beberapa Desa Wisata Jogja bagian pertama, sebenarnya masih banyak desa – desa yang bisa dijadikan oleh para wisatawan sebagai alternatif untuk berwisata ke Desa Wisata Jogja. Tetapi kami akan mengulas sebagian dan yang terbaik buat anda travellers.

1. Desa Wisata Glagah

Melanjutkan Desa Wisata Jogja yang dari artikel sebelumnya, selanjutnya kami ulas adalah Desa Wisata Glagah, Glagah merupakan daerah yang terkenal sebagai tempat wisata di Kulon Progo, salah satunya yang sering di kunjungi wisatawan yaitu pantai glagah. Tapi sebenarnya tidak hanya itu potensi wisata dari desa yang berada di kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Yup Desa Glagah sering sekali dijadikan tempat kunjungan wisatawan,terutama untuk agrowisata.

desa wisata jogja

Karena khas buah naga di desa wisata Glagah ini sangat memanjakan lidah. Adapun festival layang – layang dan motorcross menjadi event tahunan. Yang menjadi daya tarik saat berkunjung ke Desa Wisata Jogja ini, yaitu pertunjukan gamelan dan karawitan dengan makanan khas yang ditawarkan dari Desa Wisata Jogja ini, yaitu buah naga, peyek kacang, peyeng jingking, dan geblek tempe.

2. Desa Wisata Manding

Manding merupakan salah satu dukuh di desa Sabdodai, Bantul. Di desa wisata Jogja ini mayoritas warganya menggantungkan hidup pada sentra industri kulit hewan seperti sapi dan kambing. Di sepanjang jala masuk menuju desa manding rata – rata rumah warga dijadikan showroom kerajinan mereka. Maka tak heran bila Desa Manding menjadi salah satu tujuan wisatawan yang ingin berbelanja oleh – oleh berbagai macam aksesoris, tas, dompet, sepatu, sendal, dan jaket.

desa wisata jogja

Desa pengrajin ini berada di jalan Parangtritis km 11,5. Jadi bagi travelers yang sulit menemukan barang yang sesuai dengan ukurannya, tempat ini sangat cocok buat wisatawan Karena di salah satu desa wisata Jogja ini travelers bisa memesan ukuran dan model sesuai selera yang anda inginkan. Dan harga yang di tawarkan relatif murah.

3. Desa Wisata Candran

Untuk Desa Wisata Jogja selanjutnya adalah Sebuah desa kecil yang terletak di Kelurahan Kebonangung, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Dengan suasana pedesaan yang masih alami, Desa Wisata Candran memberikan wisata dengan nuansa yang sangat menawan dan memiliki beragam daya tarik tersendiri. Suasana begitu nyaman, pemandangan alam yang indah, udara yang segar dan hiburan yang memuaskan.

Desa Wisata Jogja Tani Candran, benar saja sebagian besar penduduknya adalah petani, dan mereka sangat kreatif. Petani di desa ini menghiasi orang – orangan sawah dengan bervariasi bentuk. Salah satu bentuk orang – orangan sawah ini yakni mereka menghiasinya menjadi sosok koruptor. Dan akan ada festval orang- orangan sawah yang sudah menjadi event tahunan desa candran, biasanya berlangsung dibulan september.

desa wisata jogja

Kemudian petani pun mendirikan Museum Tani. Museum ini menyimpan benda – benda yang dipergunakan oleh petani dari tahun ke tahun. Dan di Desa Wisata Jogja ini travelers pasti akan mengetahui banyak hal seperti apa benda – benda dari jaman dahulu yang sekarang sudah banyak berubah menjadi alat yang canggih.

4. Desa Kembang Arum

Desa wisata Kembangarum terletak di Donokerto, Turi, Sleman. Desa WIsata Jogja ini berada di kawasan lintas merapi. Pagar batu yang di tata sedemikian rupa rapina, taampak menyatu dengan alam, natural, dan sederhana tetapi terlihat kokoh. Saat memasuki lokasi desa wisata Jogja ini, travelers akan melewati gang kecil yang rindang oleh daun pohon salak pondoh. Perumahan di desa ini masih terlihat tradisional, dengan berbagai macam tanaman hias yang ditanam di sepanjang gang. Suasana yang tenang, nyaman, sejuk dan udara yang segar.

Desa wisata Kembangarum dikenal sebagai Desa wisata Jogja bertema Pendidikan karena pengunjung yang datang ke sini tak hanya sekedar menikmati suasana dan keramahtamahan penduduk, tetapi banyak wawasan pengetahuan yang di dapat dari kunjungan wisata ini. “Anda datang senang pulang tambah pintar” bagitulah slogan desa ini. Sehingga tidak hanya datang dan pergi, namun ada nuansa edukasi yang akan diperoleh di desa wisata ini.

desa wisata jogja

Banyak permainan yang di andalkan dari desa wisata Jogja ini, seperti bermain engrang dan bakiak bergu. Pengunjung pun bisa merasakan tracking menyusuri sungai dan menangkap ikan di sungai yang jernih ini. Tempat ini begitu asri, mungkin karena lokasinya yang berada di kaki gunung merapi. Dan tidak lupa untuk kuliner di desa ini, warga sering menyuguhkan nasi urap gurih, dengan lauk peyek teri, dan tempe garit, hemm bikin lapar saja ya travelers.

5. Desa Wisata Tembi

yang terakhir untuk desa wisata Jogja adalah Desa Wisata Tembi yang terkenal sebagai Rumah Budaya Tembi. Di desa Tembi ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, karena desa ini seperti desa yang kaya akan seninya. Ada galeri batik, galeri lukisan, bahkan restoran yang unik dan sebuah cottage cantik. Adapun Museum Rumah Budaya Tembi yang memiliki koleksi keris, tombak, peralatan bertani, perlatan seni membatik, gamelan, dan peralatan tradisional masyarakat jawa lainnya.

Di desa ini pun travelers akan banyak menimba ilmu, terutama mendapatkan beberapa pelajaran mengenai kesenian dan budaya. Diantaranya pengunjung akan diajarkan membatik, dan belajar membuat kerajian khas yogyakarta, seperti anyaman dan aneka dompet.

desa wisata jogja

Desa Tembi terletak di Jl. Parangtritis Km 8,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta. Di desa ini travelers bisa menginap di cottage maupun rumah warga. Karena di Tembi memiliki rumah homestay yang siap huni sebanyak 38 rumah. Dalam rumah – rumah homestay tersebut, travelers dapat menikmati beberapa fasilitas standar kamar khas pedesaan, yang sekiranya mempunyai daya tarik yang lain dari pada rumah homestay pada umumnya.

Itulah beberapa ulasan yang kami rangkum di beberapa desa wisata Jogja. ayoo para travellers segera agenda kan liburan anda ke jogja segera eksoplore di beberapa desa wisata Jogja yang kami rekomendasikan

admin-lostatrans

  • kiemas

    September 20, 2016 #1 Author

    om mau nanya akses untuk ke desa wisata candran utk angkutan umum ada ngga?

    Reply

    • admin-lostatrans

      September 20, 2016 #2 Author

      Terimakasih pak Kiemas, untuk kendaraan umum bapak bisa ambil angkutan umum berupa bis kecil dari terminal giwangan(terminal besar yogyakarta) tujuan ke panggang atau imogiri, nanti bisa turun langsung di desa candran. untuk rental mobil segala unit bisa menghubungi kita juga pak, dengan harga yang bisa di discount. kami bisa langsung mengantarkan bapak dan keluarga ke desa candran. Terimakasih

      Reply

    • admin-lostatrans

      September 20, 2016 #3 Author

      untuk info lain bapak bisa menghubungi kamu di hot line +6281252453444

      Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *