Bumi Langit Institute, Sarana Edukasi Untuk Memahami dan Menghargai Alam Bumi Langit Institute, Sarana Edukasi Untuk Memahami dan Menghargai Alam
Saat kamu berada di kota Yogyakarta, cobalah berkunjung ke daerah perbukitan di kota tua Imogiri yang tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Daerah ini... Bumi Langit Institute, Sarana Edukasi Untuk Memahami dan Menghargai Alam

Saat kamu berada di kota Yogyakarta, cobalah berkunjung ke daerah perbukitan di kota tua Imogiri yang tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Daerah ini memang terkenal dengan wisatanya yang berada di atas bukit, seperti Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk, hingga hutan pinus yang telah dibahas oleh rumahwisata sebelumnya. Bumi Langit Institute adalah nama tempat yang akan kami bahas kali ini.

Terletak di daerah perbukitan di kota tua imogiri, tepatnya Jl. Mangunan Km 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Derah perbukitan ini awalnya dari bukit – bukit garis Gunungkidul dan dikenal sebagai daerah musim kemarau panjang. Namun saat ini semakin banyak penghijauan di daerah ini yang membuat daerah ini menjadi makin sejuk. Terlebih lagi Bumi Langit Institute terletak di 350 meter di atas permukaan laut, menjadikannya memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

bumi langit

Dari sini kamu dapat melihat kota Yogyakarta, gunung, bukit, dan Laut Selatan yang terbentang sangat luas. Saat memasuki kawasan Bumi Langit Institute kamu akan disambut oleh sebuah rumah joglo terbuka. Joglo ini digunakan sebagai pusat informasi sekaligus sebagai Warung Bumi atau restoran dan toko yang menawarkan menu makanan dan minuman yang bahan bakunya berasal dari kebun Bumi Langit Imogiri.

bumi langit

Dan perlu kamu ketahui, makanan dan minuman di sini 100% organik dan bebas MSG atau bahan penyedap berbahan kimiawi. Selain itu di tempat ini juga memproduksi berbagai macam makanan olahan seperti madu, roti gandum,  garam dapur, sirup dan masker kefir untuk kecantikan yang kesemuanya itu berbahan dasar dari hasil bumi.

bumi langit

bumi langit

Kamu juga bisa melihat langsung di sekekeliling pemukiman ini, ada tur yang dijadwalkan untuk berjalan – jalan di area ini, kamu bisa menjelajahi setiap sudut pekarangan dan perkebunan Bumi Langit Imogiri dengan membayar registrasi IDR 15.000 dan jika ingin memakai guide IDR 30.000/orangnya.

Area perkebunan organik Bumi Langit Imogiri kurang lebih 3 hektar. Tanaman – tanaman yang dihasilkan digunakan untuk bahan baku pangan dan prosesnya dapat di katakan dari alam kembali ke alam. Contoh kecilnya saja, di Bumi Langit memiliki pertenakan sapi dan kambing, kotorannya di gunakan sebagai kompos atau pupuk untuk kebun mereka, dari kebun itupun akan kembali lagi untuk pakan hewan – hewan ternak tersebut.

bumi langit

Seperti halnya dengan sampah organik yang berasal dari warung akan dicerna oleh ayam ternak Bumi Langit Institute, sehingga pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk pakan ayam mereka. Dan bila ayam bertelur, bahkan ayam sudah berumur untuk dipotong, maka akan kembali lagi ke warung Bumi Langit Imogiri. Benar – benar kehidupan disini mencerminkan adanya simbiosis mutualisme.

Bumi Langit Institute adalah tempat belajar menerapkan kebijaksanaan dan keterampilan dalam mengelola lingkungan, sehingga kamu akan menyadari betapa pentingnya hubungan antara manusia dan lingkungannya dan perlunya keseimbangan diantaranya.

bumi langit

Sebuah tempat di mana nilai – nilai etika yang baik menjadi pondasi dasar dari sikap manusia terhadap lingkungan alam dan manusia lainnya. Tempat ini membawa kembali hubungan yang saling menguntungkan antara manusia dan alam sebagai motivasi dasar untuk setiap rencana dan tindakan dalam hidup.

Bumi Langit Institute sadar akan penggunaan listrik, oleh karena itu di Bumi Langit tidak menggunakan PLN (perusahaan Listrik Negara) dengan harapan bahwa manusia masing – masing dapat belajar dan merancang kehidupannya sendiri dengan menggunakan listrik dari sumber daya terbarukan secara berkelanjutan, yaitu menggunakan system hybrid menggabungkan panel dan diesel tenaga surya. Tentunya dengan semua itu Bumi Langit Imogiri memiliki tujuan yang baik untuk kehidupan manusia dan alam di masa depannya.

Akan ada banyak ilmu bermanfaat yang akan di dapatkan dari Bumi Langit Institute. Karena di sini menerapkan perubahan cara hidup dari model konsumtif menjadi model kreatif yang memperhatikan keseimbangan, ini adalah sebuah cara untuk mewujudkan tali hubungan antara manusia dengan alam.

Jika serius ingin mempelajari dan menerapkan peradaban yang berkelanjutan atau peradaban yang seimbang ini, kamu dapat mengikuti pelatihannya selama 3 bulan. Tetapi jika hanya ingin  berlibur, menikmati suasana dan menu makanan organiknya, manajemen Bumi Langit Institute telah mempersiapkan segala fasilitas yang kamu inginkan.

Rute Menuju Bumi Langit Institute

Untuk menuju ke lokasi dan memudahkan kamu bila berada di pusat kota Yogyakarta, kamu bisa menuju Terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan Yogyakarta ke selatan melalui Jalan Imogiri Timur, terus lurus ke selatan sampai Kantor Kecamatan Imogiri. Lanjutkan perjalanan mengikuti plang ke arah Makam Raja – raja Mataram hingga Kantor Polsek (Polisi Sektor) Imogiri ada pertigaan rumah makan prasmanan, belok ke kanan ke arah Kebun Buah Mangunan, ikuti jalan terus ke atas (jalan utama). Setelah sekitar 3 Km ada tanda KM 3, dari papan kayu di pinggir kiri jalan, masuk ke area tersebut akan bertemu area Bumi Langit Imogiri.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *