Bakpia Jogja, Makanan Khas dan Oleh – oleh Dari Yogykarta Bakpia Jogja, Makanan Khas dan Oleh – oleh Dari Yogykarta
Bagi kalangan pecinta kudapan, pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya Bakpia. Ya benar, salah satu oleh – oleh andalan khas Jogja ini pamornya... Bakpia Jogja, Makanan Khas dan Oleh – oleh Dari Yogykarta

Bagi kalangan pecinta kudapan, pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya Bakpia. Ya benar, salah satu oleh – oleh andalan khas Jogja ini pamornya memang hampir seantero nusantara mengenalnya. Bagi para pelancong yang datang dan berlibur ke Jogja biasanya akan membawakan oleh – oleh berupa Bakpia Jogja untuk kerabatnya dirumah.

Namun tahukan Anda bahwa Bakpia sebenarnya bukan makanan asli masyarakat Jogja? Lalu bagaimana ceritanya hingga menjadi salah satu andalan oleh – oleh khas Jogja? Berikut awal mula sejarah Bakpia Jogja sebenarnya :

Makanan Khas Negeri China

Cerita bermula di tahun 1948, saat itu ada seorang keluarga etnis tionghoa bernama Goei Gee Oe yang mencoba peruntungan nasibnya di Jogja tepatnya di daerah Pathuk, Wirobrajan, dengan membuat Tou Luk Pia untuk dijual. Tou Luk Pia sendiri adalah sejenis kue yang di isi dengan daging kemudian dipanggang.

Namun karena masyarakat setempat kurang familiar dengan roti isi daging, sang produsen mencoba beradaptasi dengan mengganti isi daging kuenya dengan kacang hijau. Dan ternyata adaptasi kreatif tersebut mendapat sambutan hangat oleh masyarakat, sekaligus namanya berubah menjadi Bakpia karena aksen lidah orang jawa dalam menyebut Tou Luk Pia.

Seiring berjalan waktu dan semakin larisnya kue tersebut serta melihat kesuksesan dari keluarga tionghoa tersebut, maka masyarakat sekitar daerah Pathuk turut membuat Bakpia untuk dijual. Akhirnya hingga kini kue tersebut lebih dikenal dengan nama Bakpia Pathok, sebagai wujud dari lokasi sentra produksi kue tersebut berasal. Para produsen pun terus berinovasi dengan rasa, sehingga bakpia Pathok kini tidak hanya berisi kacang hijau, melainkan ada berbagai rasa pilihan seperti isi keju, isi coklat, hingga isi kumbu hitam.

Nah untuk membedakan produsen rumahan dan pemilik merk dagang dari Bakpia Pathuk tersebut, maka dibuatlah nama merk yang disesuaikan dengan nomor rumah produsen Bakpia. Maka jangan heran jika kini merk – merk dari Bakpia Pathok tersebut memiliki angka – angka tertentu seperti Bakpia 25, Bakpia 77, dan lain sebagainya.

Hingga kini, Anda dapat menemukan lebih dari ratusan merk dagang yang memproduksi dan menjual Bakpia sebagai oleh – oleh khas Jogja. Namun berikut akan Kami ulas beberapa Bakpia Jogja yang dapat menjadi pilihan Anda berbelanja serta melihat langsung proses pembuatan Bakpia Jogja langsung dari dapur produksinya :

  1. Bakpia 25

Bakpia bernomor 25 yang bertempat di Jl. KS Tubun, Pathuk, Jogja ini adalah salah satu pelopor produsen Bakpia Pathok generasi awal. Untuk Anda yang penasaran dengan proses pembuatan Bakpia Jogja, maka di sinilah tempat yang tepat. Dari jam 09.00 hingga pukul 16.00, pabrik pembuatan Bakpia Jogja 25 sengaja dibuka agar pelanggan dapat melihat langsung mulai dari proses pembuatan adonan hingga pemanggangan Bakpia Jogja.

Sementara untuk jam buka toko, Bakpia 25 mulai beroprasi pukul 06.00 hingga pukul 23.30 tengah malam. Ada beberapa pilihan rasa yang ditawarkan oleh toko Bakpia Jogja 25 untuk memanjakan lidah pelanggan, antara lain keju, nanas, kacang hijau, telo ungu, juga coklat. Berikut harga – harga Bakpia Pathok 25 :

  • Rasa kacang hijau isi 15 : Rp. 30.000
  • Rasa kacang hijau isi 20 : Rp. 35.000
  • Rasa keju, coklat, nanas : Rp. 35.000
  1. Bakpia Kurnia Sari

Meskipun terbilang pendatang baru, Bakpia Kurnia Sari telah mencuri hati para penikmat bakpia dengan kelembutan dan kerenyahan kulit bakpia yang tipis. Ciri khas dari Bakpia Jogja yang satu ini adalah sensasi isian bakpia yang lumer di mulut sesaat setelah bakpia Jogja tersebut digigit.

Mulai membuka tokonya pada pukul 08.00, Bakpia Jogja Kurnia Sari menawarkan beberapa varian rasa seperti kacang hijau, kumbu hitam, coklat, keju, greentea, kopi mocachino, bahkan rasa durian yang menggugah selera. Bakpia Jogja yang memiliki 3 cabang yaitu dua outlet di Jl. Glagahsari dan outlet ketiga di jl. Ringroad Utara, Jogja ini menawarkan pilihan paket harga sebagai berikut :

  • Bakpia rasa keju isi 15 : Rp. 30.000
  • Bakpia rasa keju isi 20 : Rp. 40.000
  • Selain rasa keju isi 15 : Rp. 28.500
  • Selain rasa keju isi 20 : Rp. 38.000
  1. Bakpia Citra Premium

Jika Anda menginginkan Bakpia Jogja renyah yang memiliki berbagai varian rasa dalam satu kotak wadah, maka mampirlah ke Bakpia Jogja Citra Premium yang beralamat di Jl. Mataram no 21, dekat kawasan Malioboro Jogja. Sementara jika ingin melihat proses pembuatan Bakpia Jogja Citra Premium langsung di pabriknya, maka berkunjunglah ke Jl. Pandean 2, gang Legi no 20, Condongcatur, Jogja.

Beberapa varian rasa yang ditawarkan dari bakpia Jogja Citra Premium ini antara lain rasa kacang hijau, coklat, kumbu hitam, durian, hingga rasa susu. Menariknya dari toko bakpia Jogja yang satu ini adalah, Anda dapat membeli satu kotak bakpia yang berisi 4 varian rasa sekaligus dengan bandrol Rp. 42.500 saja.

Selain dari ketiga Bakpia Jogja yang Kami sebutkan diatas, tentunya masih banyak toko dan produsen pembuat Bakpia Jogja dengan berbagai ciri khas dan keunikannya sendiri – sendiri. Maka dari itu untuk lebih puasnya, yuuuk langsung cek sendiri ke TKP untuk menjelajahi aneka rasa Bakpia khas Jogja tersebut. Selamat Berbelanja … !!!

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *