Bakmi Jawa Jogja Dari Era 40an Yang Selalu Ramai dan Populer Bakmi Jawa Jogja Dari Era 40an Yang Selalu Ramai dan Populer
Bakmi Jawa Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta selain sebagai kota wisata juga terkenal dengan kota kuliner dengan keistimewaan gudeg, sate klathak, kopi jos, bakpia,... Bakmi Jawa Jogja Dari Era 40an Yang Selalu Ramai dan Populer

Bakmi Jawa Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta selain sebagai kota wisata juga terkenal dengan kota kuliner dengan keistimewaan gudeg, sate klathak, kopi jos, bakpia, jadah tempe, sego kucing, angkringan dan bakmi jawa Jogja nya. Di katakan istimewa karena semua makanan  tersebut  identik dengan kota Yogyakarta, jika seseorang mendengar salah satu nama kuliner di atas pasti menyebut Jogja.

Kesempatan kali ini rumahwisata akan membongkar tentang bakmi jawa Jogja yang konon melegenda dan kuliner ini telah menyebar ke antero nusantara. Dimanapun Anda berada pada saat bertemu dengan warung bakmi bertuliskan bakmi jawa Jogja biasanya sang pemilik masih “berbau” Yogyakarta khususnya Wonosari Gunung Kidul. Bakmi Jawa Jogja sangat digemari banyak kalangan karena rasanya yang enak, gurih dan lezat.

Mie yang di gunakan dalam pembuatan bakmi jawa Jogja ini di buat dari mie basah atau sering kita sebut dengan mie telor/mie kuning, kadang para penjual bakmi jawa Jogja membuat sendiri mie telor ini atau ada juga yang di setori oleh agen distributor pembuat mie khusus untuk bakmi jawa Jogja. Tak jarang ada juga beberapa bakmi jawa Jogja yang memakai bihun.

Bumbu yang digunakan dalam proses memasak juga berasal dari rempah Indonesia asli seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap, cabe, kaldu ayam, ayam, telur bebek serta sayuran pelengkap seperti  tomat, kobis, mentimun dan selederi.  Bahkan ada juga bakmi jawa Jogja di hidangkan dengan pendamping berupa uritan telor, hati ampela, sayap, kepala, paha, sate usus dan balungan ayam.

Muasal pedagang bakmi jawa Jogja ini dari desa Piyaman, Gunung Kidul yang akhirnya menyebar  ke kota Yogyakarta dan berbagi kota – kota di Jawa Tengah seperti  Solo, Semarang, Purwokerto, Magelang, Boyolali bahkan di kota lain di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Ada berbagai varian dari bakmi jawa Jogja ini, bakmi godhog, bakmi goreng, nasi goreng dan magelangan, yang terakhir adalah campuran antara nasi goreng dan bakmi yang di buat bersamaan. Penyajiannyapun cukup sederhana, setelah masakan jadi di beri suwiran daging ayam dan tinggal di taburkan bawang merah goreng dan selederi. Bakmi jawa Jogja siap di santap.

Specifically, kali ini rumahwisata tidak akan membahas banyaknya bakmi Jawa yang ada di Yogyakarta. Melainkan akan mengupas maestro bakmi jawa Jogja yang ada sejak era 40an sampai sekarang. Kenapa? Seperti kata pepatah makin tua makin jadi… makin tua makin kental santannya. Bagi sahabat yang demen atau ingin mencoba masakan Bakmi jawa Jogja yang ada di Yogyakarta, kami rekomendasikan 5 Bakmi Jawa Jogja Dari Era 40an Yang Selalu Ramai dan Populer, siapa tahu nanti bisa jadi pilihan terfavoritmu.

Berikut 5 Bakmi Jawa Jogja Dari Era 40an Yang Selalu Ramai dan Populer:

Bakmi Jowo Mbah Wito

Bakmi jawa Jogja ini ada sejak tahun 1942. Pria pemilik Bakmi Djowo Mbah Wito dengan nama asli Suwito Rejo yang menetap di desa Piyaman Wonosari Guning Kidul ini memulai usahanya dengan berjualan keliling di wilayah desanya. Dengan keterbatasan waktu dan usia yang semakin senja, mbah Wito memutuskan untuk berjualan menetap di rumahnya. Dalam berjualan Mbah Wito dibantu oleh anak laki – lakinya yang bernama Ngadenin dan menantunya Tukinem, mulai dari pembelian bahan dasar, persiapan, buka warung pukul 17.30, melayani pembeli sampai warung tutup pukul 22.00.

Rahasia dapur bakmi jawa Jogja Mbah Wito ada di rasa kaldunya, seperti apa yang telah di sampaikannya  “Kalau kaldunya enak, semua yang di masak juga jadi enak rasanya”. Itulah yang membuat pengunjung selalu padat  tiap harinya, bahkan saat bapak Susilo Bambang Yudhoyono sebelum menjadi presiden dan menteri PU bapak Djoko Kirmanto pernah berkunjung di kedai Bakmi Djowo Mbah Wito ini.

bakmi jawa jogja

Soal harga rata – rata relatif sama dengan bakmi bakmi jawa Jogja lainnya, satu piring bakmi jawa godhog maupun goreng, nasi goreng dan magelangan berkisar antara IDR 15.000 – IDR 25.000 plus  satu gelas teh nasgitel gula batu. Tersedia juga es jeruk, jeruk hangat dan minuman mineral dengan harga rata – rata IDR 3.000 – IDR 4.000.

Bakmi Jawa Jogja Pak Rebo

Bakmi jawa Jogja yang berada di Jl Brigjen Katamso 167 ini ada sejak tahun 1940. Masuk dalam kategori senior juga bakmi jawa pak Rebo ini, 77 tahun sudah pak Rebo melayani pecinta bakmi jowonya sampai generasi ke tiga sampai saat ini. Penanda khusus yang unik dari Bakmi Jawa Jogja Pak Rebo ini adalah memakai paku untuk tusuk pembungkus bakmi jika di bawa pulang.

Menu yang disajikan lebih variatif, ada bakmi/bihun goreng, rebus dan nyemek yang seporsinya IDR  18.000. Juga menu spesial bakmi jawa Jogja dengan di tambahkan uritan telur, kepala, sayap, paha dan brutu IDR 25.000 seporsi.  Khas lain dari Pak Rebo adalah kentalnya kuah yang berasal dari paduan mie godhog dan telur bebek. Plusnya ada menu tongseng balung ayam IDR 20.000.

bakmi jawa jogja

Banyak diantara pelanggan yang menyatakan bahwa bakmi jawa Jogja Pak Rebo masih mempertahankan kualitas dan rasa yang tidak berubah dari dulu sampai saat ini. Ramainya pembeli yang datang silih berganti dari pukul 17.00 – 22.00 menggambarkan bahwa Bakmi Jawa Jogja Pak Rebo sangat banyak penggemarnya. Hingga ada beberapa pelanggan yang memesan dalam skala besar maupun kecil untuk acara keluarga, arisan, pernikahan dan acara – acara lainnya.

Menu minuman yang terdaftar ada wedang tape, wedang uwuh, teh dan jeruk. Khusus wedang tape dan wedang uwuh IDR 5.000, teh dan jeruk  panas/dingin seharga IDR 3.000 segelasnya.

Bakmi & Bajigur Kadin Mbah Hj. Karto Pak Rochadi

Bakmi jawa Jogja ini berlokasi berseberangan dengan kantor Kamar Dagang dan Industri Yogyakarta tepatnya Jl Bintaran Kulon 3 bakmi jawa Kadin berada. Warung bakmi jawa Jogja yang mulai buka pukul 17.00 – larut malam ini lahir sejak 1947 dan jadi maskot salah satu bakmi jawa Jogja  di Yogyakarta setelah bakmi jawa Pak Rebo. Kata bajigur yang menempel pada papan nama/baliho di depan warung adalah trademarknya, karena bakmi jawa Kadin merupakan satu-satunya  warung  bakmi  jawa Jogja di Yogyakarta yang menyajikan menu wedang bajigur. Bajigur sendiri merupakan minuman tradisional Sunda dengan bahan baku gula merah, gula pasir, santan kelapa, daun pandan dan kopi.

bakmi jawa jogja

Menu yang di sajikan berupa bakmi godhog, bakmi goreng, nasi goreng dan magelangan. Untuk menu istimewa  di tambahkan uritan telor, kulit, paha, hati, ampela dan sayap ayam sesuai selera. Khusus menu istimewa ini dikenakan harga lebih dengan menu bakmi biasa. Price list menu  biasa baik itu bakmi godhog, bakmi goreng, nasi goreng dan magelangan sebesar IDR 20.000 – IDR 22.000, menu spesial IDR 25.000 K – IDR 27.000 . Wedang bajigur satu gelas seharga IDR 6.000. Minuman standar seperti teh, jeruk dan air mineral seharga IDR 3.000 – IDR 4.000.

Susana semakin enjoy dengan dilantunkannya lagu – lagu keroncong yang di bawakan oleh pengamen yang  berada di depan pojok warung. Tidak hanya membawakan lagu keroncong asli, lagu – lagu hit barat dan Indonesiapun di aransemen ulang dengan irama keroncong kontemporer khas pengamen bakmi jawa Kadin.

Bakmi Jawa Pak Geno

Bakmi jawa Jogja yang lain adalah Bakmi Jawa Pak Geno, yang sering di kunjungi oleh mantan presiden RI ke dua bpk M Soeharto apabila sedang berkunjung ke Yogyakarta. Bakmi jawa Jogja yang mulai dirintis di tahun 1952 oleh Pak Geno ini selalu ramai pengunjung tiap harinya, bagaimana tidak? Racikan bumbu rempah tradisional dan rasa kaldunyalah yang membuat pengunjung selalu berdatangan silih berganti walaupun dengan jam kunjung dari 17.00 – larut malam.

bakmi jawa jogja

Pak Harjo Geno adalah putra pewarisi Bakmi Jawa Pak Geno sejak tahun 1988 setelah Pak Geno meninggal dunia. Pak Harjo tetap menjaga dengan kuat resep warisan leluhurnya hingga kini. Beda dengan bakmi jawa Jogja lainnya, Pak Harjo menyertakan bihun dan menggunakan mangkok dalam penyajiannya. Bakmi jawa Jogja yang berada di Pasar Prawirotaman ini menyediakan menu bakmi godhog, bakmi goreng, magelangan dan nasi goreng. Menurut Pak Harjo, untuk memenuhi kebutuhan pelanggannnya tiap hari beliau menghabiskan 12 kilo mi kuning basah, 2 kilo bihun dan 7 ekor ayam kampung.

Pun harga per porsi bakmi godhog, bakmi goreng, magelangan dan nasi gorengnya tergololong murah, dengan IDR 25.000 Anda sudah bisa menikmati salah satu menu bakmi plus wedang tape made in Pak Harjo yang gurih dan lezat.

Warung Makan & Lesehan Spesial Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele

Warung Makan dan Lesehan Pak Pele yang berada di SD Keputran Alun Alun Utara ini memang spesial bakmi jawa Jogja dan nasi goreng dengan varian bakmi godhog, bakmi goreng dan magelangan. Di usia 47 tahun sejak warung makan dan lesehan ini berdiri masih memelihara keaslian resep untuk menjaga kualitas citra dan rasa khas bakmi Pak Pele hingga kini. Terbukti, dari warung buka pukul 17.00 – tengah malam masih saja para pelanggan lama dan pelanggan baru yang rela antre untuk menikmati menu kesukaannya.

bakmi jawa jogja

Sama halnya dengan bakmi Pak Geno, Pak Pele juga menggunakan mie basah/kuning dan bihun dalam pembuatan bakmi spesialnya. Tak urung ada pelanggan yang order bihun goreng dan godhog tanpa menggunakan mie kuning bahkan ada juga yang mencampur keduanya. Begitu juga dengan menu magelangan, ada yang memakai bihun dan mie kuning atau mencampur keduanya. Dalam hal penggunaan mie ini, pemesanan sesuai dengan keinginan pelanggan.

Menu minuman spesial Pak Pele yang tidak di jumpai di warung bakmi jawa Jogja lainnya adalah wedang ronde. Wedang  yang berasa jahe hangat ini dapat menghangatkan badan bahkan ada yang mengatakan dapat meningkatkan stamina. Semangkok wedang ronde dengan harga IDR 5.000 dapat kamu nikmati pada saat sebelum atau sesudah menyantap bakmi kesukaanmu.

Dengan isi dompet IDR 50.000 saja kamu sudah dapat menikmati dua porsi bakmi Pak Pele dan dua minuman yang di daftar menu seperti wedang ronde, teh manis dan jeruk manis.

Bagi sahabat yang belum pernah mengunjungi bakmi jawa Jogja yang paling ramai dan populer di Yogyakarta, sahabat bisa mengajak teman, sanak saudara untuk mencoba sensasi rasa khas bakmi Jawa Yogyakarta.

 

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *