Ayam Ingkung Jawa, Masakan Spesial di Warung nDesso mBantoel Ayam Ingkung Jawa, Masakan Spesial di Warung nDesso mBantoel
Ayam Ingkung – Waroeng nDesso adalah salah satu pelopor terkenalnya makanan khas dari Jawa yang bahan utamanya berupa ayam dan kaya akan rempah –... Ayam Ingkung Jawa, Masakan Spesial di Warung nDesso mBantoel

Ayam Ingkung – Waroeng nDesso adalah salah satu pelopor terkenalnya makanan khas dari Jawa yang bahan utamanya berupa ayam dan kaya akan rempah – rempah yang dikenal sebagai ayam ingkung Jawa di kalangan masyarakat. Waroeng Ndesso berada di lahan yang cukup besar, yang bisa menampung sekitar 50-an orang dan di bangunan berbentuk gubuk dengan tempat duduk lesehan dan beberapa kursipun juga disediakan, sehingga pengunjung dapat memilih tempat duduk sesuai kenyamanan mereka untuk menyantap hidangan.

Rumah makan yang berdesian interior sederhana, bernuansa Jawa dan dibangun di atas kolam yang semakin menambah unik suasana menjadi teduh dan nyaman. Dan rumah makan ini sering di sebut dengan nama Waroeng nDesso, karena suasana yang ditawarkan benar – benar seperti pulang ke kampung sendiri.

ayam ingkung

Jauh dari bangunan beton seperti di perkotaan, melainkan berada di tengah – tengah bangunan yang terbuat dari bambu dan papan, disertai pancuran air pada kolam ikan, menambah suasana sejuk alami, menambah pengunjung betah, leluasa memandang lingkungan sekitar.

Selain suasanya yang membuat rindu dengan kampung halamannya, Waroeng nDesso ini juga memanjakan perut Anda. Semua menu yang disajikan Waroeng nDesso ini hanya menggunakan rempah – rempah dan tanpa menggunakan bahan pengawet atau MSG. Dan untuk pelengkap agar pengunjung berkesan dan ingin mampir ke sini lagi, tentunya dengan pelayanan yang ramah kepada para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Berbicara rumah makan, rumahwisata tak hanya mengupas  view  atau  suasananya saja, melainkan  kelebihan dan keunikan lain yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya di Waroeng nDesso ini sangat famous dengan ayam ingkung Jawanya. Mungkin beberapa diantara Anda sudah mengenal tentang seluk beluk tentang ayam ingkung ayam Jawa. Untuk sekedar mengingatkan, ingkung adalah sebutan olahan ayam yang cukup terkenal di kawasan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Olahan ayam kampung utuh, yang dimasak dan diberi bumbu opor, kelapa dan daun salam. Daging ayam ingkung yang lembut disajikan dengan berbagai macam sambal, biasanya sambal tomat dan sambal bawang. Dulunya ayam ingkung digunakan untuk persembahan acara syukuran atau kelengkapan untuk sesajen.

ayam ingkung

Ingkung dilambangkan sebagai bayi yang belum dilahirkan, dengan demikian belum mempunyai kesalahan atau masih dalam keadaan suci tanpa dosa. Selain itu ingkung juga diartikan sebagai sikap pasrah terhadap kekuasaan Tuhan. Orang Jawa mengartikan kata ingkung dengan pengertian di bondo atau dibelenggu.

Namun sering perkembangan jaman, kini ayam ingkung telah menjadi salah satu ikon kuliner di kawasan Bantul.  Bila Anda di kawasan ini akan banyak menemui penjual ayam ingkung. Anda hanya perlu memilih tempat sesuai selera, dan sejauh ini Waroeng nDesso masih menjadi tempat favorit kuliner ayam lingkung di kawasan Bantul.

Tidak lain tidak bukan karena Waroeng Ndesso memiliki keunikan tersendiri di bandingkan dengan warung atau rumah makan lain yang menjual ayam ingkung. Selain rasa yang khas, di warung ini Anda akan di perdengarkan tembang – tembang Jawa yang di nyanyikan oleh sinden dengan suara merdunya di tengah pemandangan yang serba hijau dan semilirnya angin sepoi – sepoi menemani Anda menikmati sajian yang Anda pesan.

Waroeng nDesso berada di Karangber RT. 01, Guwosari, Pajangan, Kecamatan Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya dipinggir desa dan mudah sekali dijangkau. Jarak dari pusat Kota Jogja berkisar antara 12 Km menuju arah selatan. Jika tertarik untuk mencoba ayam ingkung Jawa, langsung saja  menjelajah kota Bantul dan menuju ke  Waroeng nDesso mBantul.

Dari Kota Jogja menuju ke arah selatan melewati Jl. Raya Bantul. Setelah perempatan masuk kabupaten Bantul, tepatnya di mesjid Agung  Bantul, ambil arah kanan atau lurus ke barat. Kemudian ada tikungan belok ke kiri. Ketemu perempatan pertama ambil arah kanan, setelah jembatan belok kiri. Anda sudah memasuki Dusun Bathok Santan, Desa Guwusari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Dari sini Anda sudah dekat dengan Waroeng nDesso, Anda nanti akan menjumpai baliho Waroeng nDesso special mBantoel.

Untuk berkunjung ke Waroeng nDesso sebaiknya di jam 09.30 sampai jam 19.30 WIB. Di usahakan jangan terlalu mepet jam tutup, bisa jadi Anda kehabisan stok ayam ingkung Jawanya. Satu lagi hal menarik di warung ini, walaupun spesial dalam menyajikan ayam ingkung Jawa, di Waroeng nDesso  menyediakan menu lainnya yang masih khas Jogja, yaitu gudeg Manggar.

ayam ingkung

Harga yang di patok pun masih tebilang “aman”. Untuk harga ayam ingkung tergantung ukurannya, ada yang Jumbo, sedang, dan kecil. Harganya kisaran IDR 105.000 sampai IDR 130.000/satu ekor ayam ingkung. Sangatlah wajar dengan harga segitu, karena olahan ayamnya adalah ayam kampung dan ayam ingkung tersebut dapat dinikmati 5 sampai 8 orang tergantung dari besar kecilnya yang Anda pesan.

Menurut kami dan beberapa testimoni yang sudah pernah berkunjung dan merasakan menu masakan ayam ingkung Jawa, harga menu masakan yang ditawarkan Waroeng nDesso sesuai dengan kenikmatan yang di dapatkan. Dan Waroeng nDesso ini sudah sering menjadi sorotan media, sampai beberapa stasiun TV pun pernah menyiarkan tentang keunikan dari Waroeng nDesso ini.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *