Arung Jeram Sungai Elo, Wisata Alam Pemacu Andrenalin di Kabupaten Magelang Arung Jeram Sungai Elo, Wisata Alam Pemacu Andrenalin di Kabupaten Magelang
Arung Jeram Sungai Elo – Asyik, seru, sekaligus menegangkan! Begitulah arung jeram di Sungai Elo yang berada di Desa Pare, Blondo Magelang yang tidak... Arung Jeram Sungai Elo, Wisata Alam Pemacu Andrenalin di Kabupaten Magelang

Arung Jeram Sungai Elo – Asyik, seru, sekaligus menegangkan! Begitulah arung jeram di Sungai Elo yang berada di Desa Pare, Blondo Magelang yang tidak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut. Helm, jaket pelampung dan dayung sudah ada di tangan. Sebelum mengarungi Sungai Elo, pemandu memberikan pengarahan singkat mengenai olah raga arung jeram yang aman dan nyaman, seperti cara penggunaan pengaman tubuh/jaket pelampung, cara penggunaan dayung, cara menghadapi arus dan menolong teman ketika jatuh dari perahu.

Sehingga saat arung jeram di Sungai Elo peserta sudah berbekal pengetahuan mengenai arung jeram agar tidak membahayakan diri sendiri maupun teman dalam satu tim. Selanjutnya latihan mendayung dan sedikit pemanasan peregangan otot agar tidak ada cidera saat mengarungi sungai. Semuanya itu di lakukan di starting point yang di pandu oleh pemandu profesional yang akan menemani peserta sampi finishing point yang berada di dekat Candi Mendut.

arung jeram

Sejak di buka sebagai wisata arung jeram, Sungai Elo di sebut sebagai lokasi terbaik dan paling direkomendasikan di Indonesia untuk pegiat arung jeram  pemula dan masuk dalam salah satu tujuan destinasi wisata di Jawa Tengah dan sekitarnya. Sangat tepat di katakan bahwa tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk berolah raga sambil berekreasi.

Sungai Elo adalah sungai yang sangat ideal untuk wisata alam arung jeram. Sungai ini masuk dalam kategori grade 2 atau grade 3 untuk wisata dengan tingkat kesulitan jeramnya yang rendah dan bagi Anda yang belum bisa berenang atau pemula olah raga arung jeram, tempat ini sangat super duper aman dan recommended untuk rekreasi keluarga Anda.

Menyusuri Sungai Elo pada musim penghujan dengan debit yang agak lebih besar dari pada di musim kemarau sangatlah aman bagi Anda, karena sungai yang berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran ini  tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi.

Meskipun volume dan deras air sungai berkurang karena akibat musim kemarau, sensasi mengarungi jeram Sungai Elo Progo tidak berkurang. Bentukan batuan sungai yang berbeda – beda membuat jeram Sungai Elo bervariasi.

arung jeram

Rute arung jeram di Sungai Elo dari awal sampai akhir penyusuran memiliki nama tersendiri sesuai dengan keadaan fisik bebatuan sungai dan tingkat kesulitan arung jeram. Ada jeram welcome, jeram julia, jeram kedung celeng, jeram rollex, jeram sesek, jeram ciluba, jeram talang 1 dan 2, jeram zig zag 1 hingga jeram zig zag 3, jeram keriting, jeram panjang, jeram interval, jeram gilingan batu, jeram penyempitan, jeram mendut, dan finish (last jeram).

arung jeram

Sedangkan jarak arung jeram Sungai Elo dari strating point – finish berkisar antara 12,5 Km atau sekitar 2,5 – 3 jam jarak tempuh perjalanan sungai. Perbedaan waktu ini di pengaruhi oleh banyaknya debit air pada suatu waktu. Apabila debit air tinggi, kemungkinan waktu pengarungan akan lebih cepat dan lebih menantang, karena arus sungai semakin deras dan jeramnya semakin liar. Begitu juga sebaliknya.

Dengan jarak tempuh dan waktu yang dapat dikatakan panjang, selain Anda akan melewati berbagai macam arung jeram yang telah kami sebutkan tadi, Anda juga akan menikmati keindahan alam di sekitar perjalanan dan juga dapat melihat aktivitas warga setempat yang sedang memancing ikan atau berburu hewan liar di sekitaran Sungai Elo.

arung jeram

Daya tarik lain pada saat arung jeram di Sungai Elo ini adalah selain sungai yang bersih dan pemandangan alamnya yang indah. Jika beruntung Anda juga bisa melihat binatang liar di sekitarnya, biawak, burung dan ikan sebesar telapak tangan orang dewasa yang kadang melompat di permukaan air atau bisa masuk ke dalam perahu karet Anda.

Tempat melepas lelah sebelum mencapai akhir arung jeram di Sungai Elo adalah di pos 2. Pos ini adalah sebuah pemberhentian yang di penuhi dengan kedai tempat berjualan lengkap dengan makanan dan minuman. Penghilang dahaga yang khas tersedia di sini adalah kelapa muda segar yang dapat Anda nikmati langsung dari tempatnya.

arung jeram

Sedangkan untuk tarif arung jeram di Sungai Elo sampai tahun 2017 ini sebelum ada perubahan terbagi menjadi 4 macam paket, yakni:

  • Paket Wisatawan Asing: Rp. 1.000.000/perahu.
  • Paket VIP:                    Rp. 900.000/perahu.
  • Paket Reguler:              Rp. 750.000/perahu.
  • Paket Hemat:               Rp. 600.000/perahu, tanpa makan.

Fasilitas yang di dapatkan:

  • Asuransi.
  • P3K lengkap.
  • Perlengkapan rafting safety (lengkap & memadai).
  • Pemandu river (per boat).
  • Makan.
  • Snack.
  • Kelapa muda.
  • Kamar mandi.
  • Transportasi lokal dari start hingga finish dan kembali ke

Tiap paket arung jeram di Sungai Elo, untuk 1 perahu di isi 6 orang dan jika Anda mengambil paket VIP, Anda akan mendapatkan tambahan fasilitas berupa dokumentasi foto file dan sertifikat dari pihak pengelola.

Perlengkapan yang perlu dibawa:

  • Pakaian ganti dan pakaian siap basah.
  • Perlengkapan mandi.
  • Alas kaki & topi (bila perlu).

Cara Pembayaran:

  • Down Payment diberlakukan untuk arung jeram diluar hari H dan perusahaan/rombongan.
  • Tunai di saat sebelum pelaksanaan arung jeram.
  • Transfer ke rekening pihak pengelola (nomor rekening hanya diberikan jika Anda sudah menghubungi pihak pengelola dan melakukan pemesanan atau sudah dealing).

Arung Jeram Sungai Elo merupakan salah satu destinasi dari rangkaian perjalanan Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam “Telung Ndino Plesir Nang Jogja” yang kami peruntukkan bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan

arung jeram

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *