Angkringan Jogja Yang Telah Tobat Dengan Menu Istimewa Angkringan Jogja Yang Telah Tobat Dengan Menu Istimewa
Angkringan Jogja – ANGKRINGAN, sebuah kata lazim yang sering kita dengar. Ada yang menyebut berasal dari kata angkring, alat berjualan berbentuk gerobak dorong dengan... Angkringan Jogja Yang Telah Tobat Dengan Menu Istimewa

Angkringan Jogja – ANGKRINGAN, sebuah kata lazim yang sering kita dengar. Ada yang menyebut berasal dari kata angkring, alat berjualan berbentuk gerobak dorong dengan dua roda di sisi kanan kiri seukuran roda becak dan atapnya terbuat dari terpal. Ada yang menyebut berasal dari kata ngangkring, adalah posisi duduk dengan salah satu kaki di tekuk/terlipat. Namun, apapun definisinya semua orang akan sepakat bahwa angkringan adalah suatu tempat berjualan makanan minuman dengan harga di bawah normal dan sebagai tempat ngobrol/diskusi dari topik ringan atau topik serius sambil santai menikmati hidangan yang tersedia.

angkringan jogja

Penikmatnyapun terdiri dari berbagai usia dan kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai, karyawan, pensiunan, sopir and others. Tidak begitu jelas angkringan ini asal muasalnya dari mana, yang pasti di setiap daerah memiliki istilah yang berbeda walaupun ujung – ujungnya tetap bernama angkringan juga. Di Solo contohnya, istilah angkringan biasa di sebut dengan hik yang di plesetkan menjadi Hidangan Istimewa ala Kampung ada juga yang menyebutkan karena si penjual dalam menjajakannya selalu berteriak “hiiiik…iyeeeeek”.  Ada juga dari berbagai daerah yang memakai istilah wedangan. Sedangkan angkringan Jogja tetap dengan istilah yang melekat sampai sekarang, yaitu angkringan.

Seiring dengan lajunya perkembangan dan perubahan jaman, para pebisnis angkringan Jogja berani berinovasi sedikit lebih maju dari pendahulunya. Tidak hanya berinovasi dengan konsep menu baru tetapi juga memperluas area dengan membuat warung angkringan Jogja menjadi lebih modern. Salah satu angkringan Jogya yang melakukannya adalah “Angkringan Tobat” yang berdiri sejak mendapatkan hidayah. Angkringan Jogja yang satu ini benar – benar aneh dan unik dengan nama yang terpampang di depan angkringan Jogja tersebut, kemungkinan besar nama itu terkait dengan pemiliknya, KH Tobat Muchfirodin yang telah mendapatkan hidayah untuk membuka warung angkringan Jogja miliknya ini.

Ada faktor pembeda antara Angkringan Tobat yang akan rumahwisata bahas pada kesempatan kali ini dengan angkringan Jogja pada umumnya. Faktor tersebut adalah faktor menu yang tergolong baru berupa SOTO GLUGU, MANGUT ikan pari, MANGUT ikan layang dan MANGUT ikan hiu. Soto glugu hanyalah istilah saja karena mangkuk yang di gunakan sebagai wadah soto terbuat dari kayu pohon kelapa atau orang jawa biasa menyebutnya dengan glugu, tidak jauh beda dengan beberapa angkringan Jogja atau warung soto dengan label soto bathok yang mangkuknya terbuat dari batok kelapa. Jadi nama terakhir yang menyertai hanya bersifat sebagai wadah/tempat untuk menghidangkan soto. Walaupun demikian,  tetap saja menu soto glugu di Angkringan Tobat ini memiliki nilai lebih sebagai salah satu brand image di bandingkan dengan angkringan Jogja lainnya.

Mangut adalah jenis masakan kuah bersantan pedas berwarna kuning kecoklatan yang terbuat dari campuran rempah – rempah seperti santan kelapa, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kencur, gula merah, gula pasir, garam, cabai merah, daun salam, daun kemangi dan daun jeruk. Dari referensi yang kami peroleh ada dua macam jenis mangut yang populer yakni mangut ala Pantai Utara Jawa (area lintas Semarang sampai Tuban) dan mangut ala Pantai Selatan Jawa (area sekitar Jogjakarta ). Di angkringan Jogja, menu – menu tersebut dapat di katakan tidak ada atau sangat jarang di temui.

angkringan jogja

Mangut ala Pantai Utara Jawa biasanya menggunakan ikan asap dari jenis ikan pari/ikan pe dan ikan manyung. Sedangkan mangut ala Pantai Selatan Jawa sering memakai ikan lele asap atau ikan lele goreng. Hingga muncul mangut dengan penggunaan jenis ikan lain seperti ikan patin, ikan gabus, ikan tongkol, ikan hiu dan ikan terbang. Karena pebisnis angkringan Jogja belum menyediakan menu tersebut, maka pemilik Angkringan Tobat ini melihat peluang yang ada dengan simple dan sangat cerdik. Memindahkan mangut ala Pantai Utara Jawa ke angkringan Jogja agar dapat di nikmati tidak hanya oleh masyarakat yang ada di Jogjakarta dan sekitarnya, melainkan dapat di nikmati juga oleh turis lokal dan turis asing yang sedang singgah di Jogjakarta. Amazing!

Taraaaa!!! Serius banget bahasanya… Buat penikmat angkringan Jogja : senyum sik ben ora methentheng!!! Hahaha… take a breath guys!! Sruput dulu minumnya.. Kita lanjut ulasan angkringan Jogja yang udah tobat sejak mendapatkan hidayah. Intinya menu makanan istimewa Angkringan Tobat ya SOTO GLUGU dan MANGUT pesisir lor (utara)-nya. Mangut ikan pari/pe, mangut ikan layang dan mangut ikan hiu #udahgituaja..#cateeet!!! hihihi…

angkringan jogja

Selalu ingat dengan identitas angkringan Jogja, tidak akan di sebut angkringan Jogja tanpa adanya SEGO KUCING/nasi kucing, Angkringan Tobat menyediakan nasi kucing berupa nasi bakar ayam, nasi bakar teri, nasi goreng, nasi usus, nasi rica ayam, nasi kikil dan nasi bandeng sambel dalam porsi unyil (porsi anak – anak maksudnya guys..). Setidak tidaknya dua bungkus sego kucing untuk porsi dewasa sudah cukup untuk mengisi perut yang kosong. Monggo guys di kedapi

angkringan jogja

And then, kita lanjut dengan menu minuman hangat/dingin dan cemilan pendampingnya guys. Minuman yang biasa di sediain hampir sama dengan angkringan Jogja pada umumnya seperti teh, jeruk, susu dan jahe. Hanya saja ada beberapa tambahan berbagai minuman tradisional dan varian berbagai macam teh, kopi dan cokelat yang tidak akan di jumpai di angkringan Jogja lainnya. Seperti yang terlihat pada foto penampakan di bawah ini guys, silakan di cermati:

angkringan jogja

Angkringan Jogja, gorengan… mana gorengan!… ini dia macam gorengan yang tersedia di Angkringan Tobat : tempe goreng, tahu goreng, bakwan, pisang goreng, tape goreng dan resoles. Ooo ya guys, macam – macam sate sebagai makanan pendamping atau orang jawa bilang lawuh pun tersedia di sini. Ada sate usus, sate kerang, sate telur puyuh, sate sosis, sate hati ampela, sate telor ayam dan sate kepala ayam. Lumayan komplitkan guys salah satu angkringan Jogja ini? Hampir sama dengan angkringan Jogja lainnya, hanya saja  lawuh yang ada di Angkringan Tobat lebih lengkap. Yuuk guys meluncur ke Jl Sanggrahan Condong Catur klo memang dari sekian menu tadi merupakan salah satu menu favoritmu.

angkringan jogja

Waktu bukanya panjang kok guys dari pukul 10.00 sampai pukul 00.00. Beda dengan angkringan Jogja yang pada umumnya mulai buka pada sore hari. So, masih ada waktu panjang untuk me-manage waktumu buat nongkrong di sini. Sekalian bawa charger HP dan charger laptop, siapa tau baterai kamu ngedrop, karena Angkringan Tobat juga menyediakan wifi free internet access 10 Mbps untuk menemanimu bebas berselancar di dunia maya.

Bandrol harga untuk masing – masing menu baik minuman dan makanan yang tersedia di Angkringan Tobat tidak begitu mahal di banding dengan angkringan Jogja lainnya, bisa di katakan tergolong normal untuk kalangan mahasiswa. Mahalpun juga ngga nyampe seceng noceng dari pada angkringan Jogja lainnya. Info yang diperoleh dari kasir, daftar harga menu memang ngga di cantumin/di tempelin di dinding karena itu merupakan salah satu strategi bisnis. Apa maksudnya ya guys? Apa biar pengunjung tau sendiri dari kasir setelah pengunjung membayar makanan dan minumannya? Maybe yes, maybe nohehehe… Yang jelas, kami berdua dari tim rumahwisata yang pernah menyambangi Angkringan Tobat hanya menghabiskan kocek tidak lebih dari IDR 60.000 dengan menu mangut ikan pari dan mangut ikan hiu @satu porsi, teh tarik dan wedang uwuh @satu gelas, dua tusuk sate usus dan dua tusuk sate telor puyuh.

angkringan jogja

end.. klo mo di ulas sampai full history tentang angkringan Jogja  bisa sampe berlembar – lembar and sampe ribuan karakter guys. hahaha.. Klik aja www.rumahwisata.com, kita bisa sua dan kongkow bareng di Angkringan Tobat. Pilih menu favoritmu dan ku pilih menu favoritku. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi referensi bagi sobat semua tentang  angkringan Jogja … cia yo!!!

angkringan jogja

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *