7  Angkringan Di Jogja Ternama Yang Wajib Kamu Coba – 1 7  Angkringan Di Jogja Ternama Yang Wajib Kamu Coba – 1
Angkringan di Jogja – Jogja memiliki kuliner ikonik yang merakyat yang sudah di kenal khalayak ramai sejak lama. Salah satunya adalah “angkringan” atau biasa... 7  Angkringan Di Jogja Ternama Yang Wajib Kamu Coba – 1

Angkringan di Jogja – Jogja memiliki kuliner ikonik yang merakyat yang sudah di kenal khalayak ramai sejak lama. Salah satunya adalah “angkringan” atau biasa orang menyebutnya dengan Warung Sego Kucing. Menjadi salah satu andalan pariwisata di Jogja, angkringan ramai di datangi penggemarnya pada malam hari dengan menawarkan segenap kesederhanannya. Dari sederhana menunya, sederhana tempatnya, sederhana penyajiannya dan sederhana harganya.

Dari sekian banyaknya angkringan di Jogja, rumahwisata referensikan 7 angkringan di Jogja yang ternama dan wajib kamu kunjungi saat berada di Jogja. 

Mau tahu angkringan di Jogja itu guys?

Monggo silakan di simak, siapa tahu kamu belum pernah uji coba ke angkringan di Jogja ini (urutan berdasarkan abjad):

Angkringan JAC Pendopo nDalem

Angkringan di Jogja ini berada di dalam pendopo khas bangsawan Jogja. Dengan desain interior ornamen Jawa yang sangat kuat, Angkringan JAC Pendopo nDalem sedikit menunjukkan kelasnya di bandingkan dengan angkringan di Jogja lainnya.

Lihat saja, bentuk bangunan, warna coklat tua kayu jati, lampu antik, motif batik dan ornamen yang Jogja banget membuat pengangkring serasa berada di dalam keraton. Hingga akhirnya banyak kalangan menyebut bahwa angkringan di Jogja ini sebagai angkringan bangsawan.

angkringan di jogja

Angkringan yang di gagas dan diprakarsai oleh JAC (Jogja Automotive Community) ini selain menyajikan menu angkringan pada umumnya,  angkringan JAC menyediakan pula bermacam panganan tradisional Jawa/jajanan pasar yang jarang di temukan seperti lupis, semar mendem, kipo, puding tape ketan, jadah manten, moto kebo dan clorot.

angkringan di jogja

Selain nasi kucing, gorengan dan aneka sate khas angkringan, tersedia juga wedang tradisional Jawa lainnya seperti wedang uwuh, wedang kunir asem, wedang jahe, wedang temulawak, teh rempah, serta wedang yang dikatakan unik yang bernama wedang leser dan wedang gasu.

Unik karena di buat dari rempah-rempah yang tidak lazim digunakan sebagai minuman bagi masyarakat di luar Jogja. Wedang leser terbuat dari paduan jeruk nipis dan serai. Sedangkan wedang gasu diracik dari berbagai rempah alami, yaitu kayu manis, susu, serai,  jahe, bunga cengkeh, dan gula merah.

  • Nama : Angkringan Ndalem.
  • Alamat : Jalan Sompilan Ngasem No. 12, Patehan, Kraton Yogyakarta.
  • Nomor Telepon : +62 274 385777.
  • Jam Operasional : 18.00 – 23.30 WIB.

Angkringan KR Pak Jabrik

Angkringan di Jogja ini banyak di kenal oleh kalangan komunitas anak muda di Jogja yang mempunyai hobi yang sama. Karena Angkringan KR Pak Jabrik sebagai tempat ngumpul atau ketemuan atau istilah gaulnya sebagai tempat kopdar sesama komunitas yang ada di Jogja.

angkringan di jogja

Angkringan KR Pak Jabrik banyak di kunjungi oleh pengangkring karena menu yang ditawarkan paling beragam serta kekhasan rasa dan varian nasi kucingnya yang lebih lengkap, yakni nasi kucing mercon jamur, nasi kucing rasa sambal teri, nasi kucing oseng ati, sambal tomat, oseng tempe  dan oseng jamur.

angkringan di jogja

Belum lagi lauk pendamping yang di sertakan seperti sate keong, sate telur puyuh dan sate usus, sate usus ayam, dan sate kulit, serta aneka gorengan. Plus tempatnya yang luas dapat menampung lebih banyak orang karena berada di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat atau KR yang memang tempatnya tergolong luas.

angkringan di jogja

  • Nama : Angkringan Pak Jabrik.
  • Alamat : Jalan Pangeran Mangkubumi, Jetis, Kota Yogyakarta.
  • Nomor Telepon : +62 877-3955-0727.
  • Jam Operasional : 17.00-03.00 WIB.

Angkringan Lik Man

Angkringan di Jogja dengan nama Angkringan Lik Man ini adalah penerus Mbah Pairo, seorang pelopor angkringan di Jogja yang telah beken diantara para pengangkring dan sejarawan angkringan di Jogja. Sehingga memang layak di juluki sebagai angkringan di Jogja paling legendaris dan paling ternama di Jogja, karena diyakini Angkringan Lik Man adalah angkringan pertama di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1960-an

angkringan di jogja

Menu populer di Angkringan Lik Man ini adalah Kopi Joss, yaitu segelas minuman kopi yang diberi arang membara. Tambahan arang yang masih membara ini tidak sekedar sensasi jualan belaka, melainkan diyakini sebagai kunci kenikmatan kopi dan pembeda di tempat lain.

angkringan di jogja

Masakan tradisional yang tersaji di angkringan Lik Man antara lain nasi kucing, aneka sate seperti sate telur puyuh, sate usus ayam, dan sate kulit, serta beragam gorengan. Walaupun menunya sangat sederhana, namun rasanya enak dan ngangenin.

angkringan di jogja

Harganyapun murah dan menjadi tempat favorit palajar dan mahasiswa. Tak heran apabila angkringan di Jogja ini tidak pernah sepi dari pengunjung setiap malamnya.

  • Nama : Angkringan Lik Man.
  • Alamat : Jalan Jl. Wongsodirjan, Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta.
  • Jam Operasional : 16.00 – 05.00 WIB.

itu dia guys, 3 angkringan populer dan favorit yang ada di Jogja. 4 angkringan lainnya kami lanjutkan di bagian ke 2 dan silakan klik di sini

*foto diambil dari berbagai sumber

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *