Air Terjun Kedung Pedut Dengan Keunikan Warna Air yang Berbeda Air Terjun Kedung Pedut Dengan Keunikan Warna Air yang Berbeda
Air Terjun Kedung Pedut – Wisata alam Jogja tidak hanya di dominasi oleh wisata pantai saja, banyak pula obyek wisata alam yang tidak kalah... Air Terjun Kedung Pedut Dengan Keunikan Warna Air yang Berbeda

Air Terjun Kedung Pedut – Wisata alam Jogja tidak hanya di dominasi oleh wisata pantai saja, banyak pula obyek wisata alam yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut di daerah Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Jogja. Keunikan dari Air Terjun Kedung Pedut yang berada di dalam kawasan Pegunungan Menoreh ini ialah warna airnya yang berbeda di setiap kedungnya.

Uniknya Air Kedung yang Berbeda Warna

Kedung menurut bahasa jawa berarti sebuah kolam alami yang mampu menampung air dalam jumlah tertentu. Sedangkan pemberian nama obyek wisata Air Terjun Kedung Pedut karena memang di lokasi tersebut terdapat air terjun yang menyatu dengan beberapa kedung air di bagian bawahnya.

Air terjun tersebut yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 15 meter ini terbilang ukuran yang biasa bagi obyek wisata air terjun pada umumnya. Namun demikian, tingkat kemiringannya yang mencapai 90 derajatlah yang membuat Kedung Pedut menjadi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Penambahan berbagai ornamen pendukung seperti jembatan bambu serta gubug sederhana untuk bersantai yang juga terbuat dari bambu membuat Air Terjun Kedung Pedut ini masih terasa alami dan asri.

air terjun kedung pedut

Hal yang tidak kalah menarik tentu saja dengan adanya beberapa kedung di bagaian bawah air terjun yang dapat digunakan untuk Anda berenang sepuasnya. Dengan kedalaman berbeda yaitu antara 2 hingga 5 meter, beberapa kedung yang ada di Air Terjun Kedung Pedut antara lain Kedung Merang, Kedung Merak serta Kedung Lanang.

air terjun kedung pedut

Keistimewaan lain dari air terjun ini adalah air kedungnya yang berwarna biru toska menyala. Warna biru terang yang seolah hasil editan jika Anda hanya melihatnya di foto tersebut sebenarnya berasal dari pecahan bebatuan yang menyusun dasar kedung dan ditambah dengan efek paparan sinar matahari sehingga menimbulkan pantulan cahaya berwarna biru toska yang eksotis.

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut

Obyek wisata yang masih terbilang baru ini telah memiliki beberapa fasilitas dasar layaknya obyek wisata pada umumnya seperti toilet, kamar mandi, mushola, serta beberapa warung makan. Semua fasilitas tersebut dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat yang sadar betul akan potensi wisata dari air terjun tersebut.

air terjun kedung pedut

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi pun tidak perlu resah karena di kawasan Air Terjun Kedung Pedut juga telah tersedia area parkir yang cukup memadai baik untuk sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Namun lokasi parkir yang ada sengaja dibuat agak jauh dari air terjun yaitu Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak selama 15 menit, hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat menikmati pemandangan alam liar yang asri sebelum memasuki obyek wisata air terjun yang sesungguhnya.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut

Secara administatif, Air Terjun Kedung Pedut masuk dalam wilayah Dusun Kembang, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja dan berjarak kurang lebih 40 km dari titik 0 Kota Jogja. Nah untuk Anda yang hendak menuju Air Terjun Kedung Pedut karena penasaran dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan, dapat melalui jalur sebagai berikut :

  • Kota Jogja – Jalan Godean – Demak Ijo – Pasar Godean – Perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan arah Pegunungan Menoreh – pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri arah Pertigaan Grojogan – di Pertigaan Grojogan ambil kiri – setelah ini masih banyak pertigaan namun sudah banyak terpampang papan petunjuk arah Air Terjun Kedung Pedut yang dimaksud.
  • Dari arah Sentolo – Jalan Sentolo-Nanggulan – Jalan Kiskendo – Obyek Wisata Goa Kiskendo – setelah itu ada pertigaan ambil jalur kiri menuju Desa Jatimulyo – sesampai di Desa Jatimulyo sudah banyak papan petunjuk atau Tanya langsung kepada warga yang dengan senang hati akan menunjukkan dimana Air Terjun Kedung Pedut berada.
  • Dari Magelang – Jalan Magelang-Kalibawang – Jalan Kalibawang-nanggulan – ambil kanan arah jalan Kiskendo – Obyek Wisata Goa Kiskendo – Pertigaan ambil arah kiri ke Desa Jatimulyo – Obyek Wisata Air Kedung Pedut

Untuk harga tiket, pengunjung akan dikenai tarif cukup murah yaitu Rp. 3.000 untuk satu orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan sepeda motor ialah Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat Rp. 5.000. Sayangnya biaya retribusi tersebut belum ada jaminan asuransi keselamatan bagi para wisatawan karena obyek wisata Air Terjun Kedung Pedut ini terbilang baru dan masih dikelola secara swadaya oleh para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Jatimulyo.

air terjun kedung pedut

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir sebab para pemuda Desa Jatimulyo akan memantau para wisatawan dan tersebar di beberapa titik tertentu untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengunjung Air Terjun Kedung Pedut.

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *