Yuk Guys Ke Wisata Air Terjun Baru Di Gunungkidul Yang Lagi Ngehits! Yuk Guys Ke Wisata Air Terjun Baru Di Gunungkidul Yang Lagi Ngehits!
Air Terjun Gedad – Tidak hanya wisata pantainya saja yang semakin bertambah, telah muncul lagi satu tempat wisata alam baru di Gunungkidul yang sekarang... Yuk Guys Ke Wisata Air Terjun Baru Di Gunungkidul Yang Lagi Ngehits!

Air Terjun Gedad – Tidak hanya wisata pantainya saja yang semakin bertambah, telah muncul lagi satu tempat wisata alam baru di Gunungkidul yang sekarang lagi banyak banyaknya di kunjungi oleh para wisatawan. Dengan adanya wisata alam yang baru ini membuktikan bahwa Gunungkidul memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

Wisata alam baru berupa air terjun yang berada di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul ini bernama Air Terjun Gedad, berada di sebelah selatan/tidak jauh dari wisata Air Terjun Srigethuk dan Goa Rancang Kencono. Masyarakat sekitar biasa menyebut dengan nama singkatan ATG. Bukan Automatic Tank Gauging lho guys .. tapi Air Terjun Gedad …hehehe..

air terjun gedad

Air Terjun Gedad mulai dibuka oleh Karang Taruna Dusun Gedad dan pemerintah Gunungkidul di bulan Desember 2016 yang lalu. Meski tergolong tempat wisata baru, pengunjung di air terjun ini semakin banyak berdatangan tiap harinya, bahkan di  hari liburpun penuh di sesaki oleh para pengunjung dari berbagai tempat.

Sejarah Singkat Air Terjun Gedad

Informasi dari warga yang tinggal tidak jauh dari tempat wisata ini, sebut saja bernama Pak Sahid, air terjun tersebut di temukan oleh Kiai Abu Dardak yang dulunya menggali tanah di sekitaran Gunung Nggrunggung. Dari aliran air bawah tanah gunung yang telah terbuka, lalu di alirkan ke Dusun Gegad melalui tebing – tebing, satu diantara beberapa aliran tersebut jadilah Air Terjun Gedad yang menawan ini.

Keindahan Air Terjun Gedad

Bagi yang demen dengan tempat nongki yang menyatu dengan alam, Air Terjun Gedad ini merupakan salah satu air terjun di Gunungkidul yang layak di kunjungi karena suasananya yang masih alami, indah dan memiliki spot – spot foto yang keren.

Tata letak Air Terjun Gedad hampir mirip dengan Taman Sungai Mudal yang ada di Kulon Progo. Meskipun demikian, air terjun ini memiliki ciri khas tersendiri. Kedalaman kolam yang dangkal dan ketinggiannya tidak lebih dari 20 meter dengan  dinding perbukitan kapur yang cukup luas dan berlekuk – lekuk permukaannya, sehingga derasnya aliran air terjun yang turun ke bawah terlihat eksotis dan sangat artistik.

Jalan setapak dan jembatan dari kayu dan bambu sebagai tempat berpijak menuju lokasi serta pohon kelapa yang tinggi menjulang membuat tempat air tejun ini menjadi lebih sejuk, alami dan sensasional.

air terjun gedad

Kolam yang berada di bawah air tejun bisa di gunakan untuk jeguran, ceblang ceblung, kungkum/berendam atau jump in the water. Sebab, selain tidak terlalu tinggi, kedalaman kolamnya tidak lebih dari setinggi pinggang orang dewasa, jadi anak – anak di atas usia lima tahun di perbolehkan bermain air atau lompat dari atas air tejun ke bawah kolam. Aman kok guys, asalkan selalu di awasi lho ya?

air terjun gedad

Ini nih yang menarik buat penggemar foto selfi…! Persis di depan air terjun telah dibuat tempat khusus oleh pengelola untuk spot foto. Suasana yang masih asri dan alami ini dapat menjadi angle menarik untuk photoshoot, baik untuk fotografer pemula maupun fotografer profesional.

air terjun gedad

Air Terjun Gedad di aliri oleh beberapa sumber mata air yang berada di wilayah Dusun Gegad yang terdiri dari mata air Clenguk, mata air Glunggung dan mata air Karang Kulon yang menyatu dan terfokus menjadi satu aliran menuju Air Terjun Gedad. So, tenang aja guys… meski musim kemarau, air terjun ini nggak akan bakalan kering kok.. muuehehehe..

Dalam pengembangannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul dan Karang Taruna Dusun Gegad selalu berupaya secara optimal untuk mempercantik dan menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang di perlukan untuk kenyamanan pengunjung dengan memberikan fasilitas tambahan berupa pelampung, ban dan perahu karet.

Fasilitas di Air Terjun Gedad

Fasilitas yang di sediakan oleh pengelola berupa tempat parkir,  bangku berbentuk persegi panjang, beberapa gazebo kecil untuk berteduh  dan untuk tempat duduk para pengunjung. Belum tersedia fasilitas seperti warung makan, namun ada sebagian pedagang kecil yang menawarkan makanan dan minuman kecil di sepanjang jalan pedesaan. Untuk jaga – jaga ya guys, alangkah baiknya kalau membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Harga Tiket Masuk di Air Terjun Gedad

Harga tiket masuk ke lokasi wisata alam Air Terjun Gedad untuk sementara ini masih gratis karena masih dari bagian dalam promosi, pengunjung hanya di kenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000  untuk sepeda motor dan mobil Rp. 5.000

Rute Menuju Air Terjun Gedad

Kota Jogja -> Ringroad Jalan Wonosari -> Traffic Light Perempatan Piyungan lurus naik ke Gunungkidul -> Kecamatan Patuk lurus -> Lapangan Terbang Gading lurus -> Traffic Light Pertigaan Gading belok kanan (arah Sri Gethuk) -> Pertigaan Kantor Kecamatan Playen (setelah Pasar Playen) belok kanan -> ikuti jalan kurang lebih 300 meter -> perempatan belok kanan (lihat papan petunjuk) -> lurus ikuti jalan ke Sri Gethuk -> Pertigaan Pos Jalan Sri Gethuk ambil kiri -> ikuti jalan kurang lebih 3 kilometer -> Perempatan Balai Desa Banyusoco belok kiri -> kurang lebih 1 kilometer -> ikuti papan petunjuk arah.

Nah sahabat rumahwisata, selamat berlibur dan pastikan Air Terjun Gedad ini sebagai salah satu tujuan wisatamu…

air terjun gedad

air terjun gedad

*foto diambil dari berbagai sumber

admin-lostatrans

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *